Kalau baru bangun tidur tapi rambut acak-acakan sih masih wajar, tapi apa jadinya kalau baru ditiup angin sekali saja eh sudah berantakan lagi? Pasti bete banget deh tuh. Jangan langsung badmood gitu dong, bad hair day bisa kamu siasati dengan cepat kok. Cukup enam langkah simpel berikut ini saja, rambutmu kembali indah. Keep scrolling!

1. Gunakan masker yang dibuat sendiri di rumah

Bye Bad Hair Day, Intip 6 Tips Buat Rambutmu Indah Sepanjang Hari Shutterstock/Pixel-Shot

Bela bisa memulai dengan menggunakan masker rambut. Usahakan untuk menggunakan masker rambut dengan bahan-bahan yang alami ya. Nggak perlu repot-repot, masih ada kok bahan-bahan yang mudah didapatkan dan bisa dijadikan masker rambut buatan sendiri (do it yourself).

Salah satu masker rambut alami yang bisa Bela coba adalah masker rambut dari lidah buaya. Lidah buaya ini bisa langsung dipakai, bisa juga dicampur dengan lemon atau vitamin rambut. Lalu tinggal dioleskan ke rambut, diamkan beberapa saat, kemudian dilanjutkan keramas deh!

2. Keramas menggunakan air dingin, hindari air panas

Bye Bad Hair Day, Intip 6 Tips Buat Rambutmu Indah Sepanjang Hari Shutterstock/VGstockstudio

Step selanjutnya, jangan sekali-kali keramas menggunakan air panas. Kenapa? Karena dengan menggunakan air panas atau hangat dapat membuat rambutmu menjadi kering, duh jadi kayak sapu deh. Lebih baik keramaslah menggunakan air dingin. Penggunaan air dingin dapat menjaga kelembaban rambut dan menjaga warna tetap awet jika rambutmu dicat.

3. Hindari hair styling yang terlalu sering

Bye Bad Hair Day, Intip 6 Tips Buat Rambutmu Indah Sepanjang Hari Shutterstock/George Rudy

Gemar menggunakan hair dryer? Atau mungkin mencatok rambut setiap hari? Memang sih rambut di-blow atau lurus teratur bisa terlihat lebih cantik, tapi jangan sering-sering Bela! Kenapa sih? Karena panas dari alat styling dapat merusak rambut secara cepat. Selain itu, rambut kamu juga akan rontok. Jadi, kurangi penggunaan alat styling atau kamu bisa mencoba menata rambut tanpa alat-alat panas tersebut ya.

4. Pilih sampo yang bisa melindungi rambutmu

Bye Bad Hair Day, Intip 6 Tips Buat Rambutmu Indah Sepanjang Hari Shutterstock/Ihor Bulyhin

Selanjutnya nih, sering dianggap sepele namun justru sangat penting. Bela harus pandai memilih sampo untuk digunakan. Usahakan mencari sampo dengan benar-benar yang bisa melindungi rambutmu sepanjang hari dan pastinya cocok untuk rambutmu Bela. Popbela rekomendasikan TRESemmé Deep Cleanse & Protect yang memiliki kandungan ginger & green tea yang dapat membersihkan rambut secara menyeluruh dan melindungi rambut dari kerusakan. TRESemmé Deep Cleanse & Protect juga dilengkapi dengan micellar technology, formulasi lebih ringan untuk digunakan setiap hari. Formula ini pas banget untuk kamu yang ingin rambut bersih, sehat, fresh, dan bebas lepek!

Bye Bad Hair Day, Intip 6 Tips Buat Rambutmu Indah Sepanjang Hari Popbela.com/TRESemme

Shampoo TRESemmé Deep Cleanse & Protect ini terbukti lebih unggul untuk membersihkan rambut secara menyeluruh dan melindungi rambut dari kerusakan. Aroma yang segar campuran ginger, citrus, dan summer blossoms menjadikan rambut tetap bersih, sehat, dan berkilau. Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa cek di sini ya!

5. Pijat kepala selama 1 menit saat keramas

Bye Bad Hair Day, Intip 6 Tips Buat Rambutmu Indah Sepanjang Hari Shutterstock/Samo Trebizan

Nah, biasanya step yang satu ini kerap terlewat oleh kamu Bela. Biasakan untuk memberikan pijatan lembut selama 1 menit saat keramas. Selain pijatan ini memberikan efek merilekskan tubuh, pijatan ini juga punya manfaat lain loh. Apa tuh? Memijat kepala saat keramas lebih dianjurkan dibanding menggaruk. Hal ini untuk mengurangi kerontokan pada rambutmu Bela. Apalagi saat rambut dalam keadaan basah, biasanya lebih rapuh dan mudah rontok. 

6. Jangan gosok rambut dengan handuk terlalu keras

Bye Bad Hair Day, Intip 6 Tips Buat Rambutmu Indah Sepanjang Hari Shutterstock/StoryTime Studio

Nah, kalau sudah selesai keramas, jangan sampai kelewatan step yang satu ini. Jangan sekali-kali menggosok rambut dengan handuk terlalu keras dan kasar. Pasti Bela pernah tak sengaja ‘kelepasan’ ya? Jangan diulangi ya, pasalnya rambut basah biasanya lebih rapuh dan mudah rontok. Cukup dilap dan dipijat lembut menggunakan handuk kering. Jangan lupa gunakan vitamin rambut andalanmu untuk hasil yang makin sempurna. 

Gimana Bela, siap merawat rambut indahmu?