Merawat kesehatan rambut walaupun menggunakan hijab merupakan sebuah keharusan. Apalagi, jika rambut ditutup lebih dari delapan jam. Kerusakan rambut seperti rontok, ketombe dan lepek akan lebih mudah menghampiri rambut. Oleh karena itu, kamu membutuhkan perawatan ekstra agar mahkotamu senantiasa sehat dan indah. Tidak cukup hanya menggunakan sampo, kamu juga harus lakukan lima tips di bawah ini. Apa saja? Keep scrolling ya, Bela!

1. Sisir rambut sebelum dan setelah keramas

5 Cara Mudah Merawat Kesehatan Rambut untuk Pengguna Hijabhealthmania.org

Jangan lupa untuk selalu menyisir rambut sebelum dan setelah keramas. Karena, ini merupakan langkah awal agar rambut tidak mudah kusut dan mengurangi rontok. Kamu bisa menggunakan sisir yang berongga besar agar rontok dapat dikendalikan. Selain itu, menyisir rambut juga bermanfaat untuk memperlancar peredarah darah.

2. Keringkan rambut sebelum menggunakan hijab

5 Cara Mudah Merawat Kesehatan Rambut untuk Pengguna Hijabsnopes.com

Jangan pernah menggunakan hijab ketika rambut masih basah. Karena rambut yang basah adalah kondisi dimana rambut sangat rapuh. Sehingga, keringkan rambut secara seksama menggunakan hair dryer. Untuk perawatan ekstra, kamu bisa gunakan hair tonic pada area kulit kepala dan hair oil pada bagian batang rambut. Dengan melakukan hal ini, maka rambut kamu akan selalu sehat dan bercahaya.

3. Jangan ikat rambut terlalu ketat

5 Cara Mudah Merawat Kesehatan Rambut untuk Pengguna Hijabfreepik.com

Mengikat rambut sebelum menggunakan hijab dapat menghindari kamu dari rasa gerah. Namun, jika terlalu ketat, maka rambut akan lebih mudah patah dan rontok. Pastikan, ikatan kamu masih terasa longgar, sehingga rambut masih bisa bernafas.

4. Pilih bahan hijab yang nyaman

5 Cara Mudah Merawat Kesehatan Rambut untuk Pengguna Hijaben.vogue.me

Ketika menggunakan hijab, jangan terpaku hanya dengan motifnya yang bagus atau menggemaskan. Ada baiknya untuk mempertimbangkan kenyamanan bahan hijab tersebut. Jika salah pilh, maka rambut akan lebih rentan rusak. Gunakan hijab yang membuat rambut kamu tetap bernapas dan tidak terlalu kencang.

5. Menggunakan kain sutra ketika tidur

5 Cara Mudah Merawat Kesehatan Rambut untuk Pengguna Hijabprose.com

Nyatanya, tips ini sudah banyak di buktikan oleh para hijabers. Kain sutra dipercaya dapat membantu memertahankan kelembapan dan membantu mengendalikan sebum pada kulit kepala. Jadi, sebelum tidur kamu bisa lapiskan bantal dengan bahan sutra demi mendapatkan rambut yang indah.

Baca Juga: Anti Gatal, Ini 7 Rekomendasi Shampoo Untuk Para Hijabers 

Baca Juga: 5 Tips Mengaplikasikan Makeup untuk Pengguna Hijab

Baca Juga: Tips Memilih Perhiasan saat Berhijab