Hidup di negara tropis seperti Indonesia menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai masalah rambut, mulai dari ketombe hingga lepek dan bau. Yups, lepek dan bau merupakan salah satu permasalahan rambut yang paling banyak dialami. Nggak hanya menganggu penampilan, rambut lepek dan bau juga mengurangi kepercayaan diri kamu.
 
Eits, tenang aja dan nggak perlu khawatir lagi. Lewat artikel ini, Popbela akan membagikan tujuh tips mengatasi rambut lepek dan bau, sehingga kepercayaan diri makin meningkat. Apa aja sih tipsnya? Yuk scrolling dan simak baik-baik, ya!

1. Pilih sampo yang berfungsi mengontrol minyak

7 Tips Mengatasi Rambut Lepek dan BauTips Mengatasi Rambut Lepek dan Bau, stylecraze.com

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut berminyak. Umumnya, sampo tersebut bekerja dengan membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dan meninggalkan sensasi dingin, teksturnya juga cenderung lebih ringan.

2. Jangan terlalu sering menyisir

7 Tips Mengatasi Rambut Lepek dan BauTips Mengatasi Rambut Lepek dan Bau, medicalnewstoday.com

Nah, demi tampil paripurna, biasanya kamu akan menyisir rambut secara berlebihan. Terlepas dari rapinya rambut, menyisir terlalu sering ternyata mendorong produksi minyak di kulit kepala. Hal inilah yang membuat rambut kamu jadi terasa lepek dan bau. Menyisir rambut seperlunya aja, ya.

3. Hindari keramas menggunakan air hangat

7 Tips Mengatasi Rambut Lepek dan BauTips Mengatasi Rambut Lepek dan Bau, stylecheer.com

Setelah menjalankan hari yang berat, memang paling nikmat melepas penat dengan mandi menggunakan air hangat. Namun sayangnya air hangat ini justru menstimulasi produksi sebum berlebih di kulit kepala. Nggak hanya itu aja, air hangat juga bisa melemahkan folikel rambut, sehingga memicu terjadinya rontok. Baiknya keramas menggunakan air biasa aja. 

4. Jangan keramas terlalu sering

7 Tips Mengatasi Rambut Lepek dan BauTips Mengatasi Rambut Lepek dan Bau, health.com

Keramas berfungsi mengangkat kotoran dan minyak di rambut. Namun, baiknya keramas tidak terlalu sering dilakukan karena bisa membuat kulit kepala menjadi kering dan memicu timbulnya ketombe. Ketika ketombe sudah terjadi, maka rambut lepek dan bau susah untuk dihindari. Sebaiknya keramas dilakukan dua kali sehari saja, ya

5. Aplikasikan conditioner secukupnya

7 Tips Mengatasi Rambut Lepek dan BauTips Mengatasi Rambut Lepek dan Bau, weau.com

Perlu diketahui kalau kulit kepala tidak membutuhkan conditioner. Jika digunakan, akan membuat rambutmu terasa lebih berminyak. Baiknya aplikasikan conditioner hanya di batang hingga ujung rambut saja, sehingga rambut jadi halus dan bebas lepek.

6. Keringkan rambut sebelum mengikat atau gunakan hijab

7 Tips Mengatasi Rambut Lepek dan BauTips Mengatasi Rambut Lepek dan Bau, allthingshair.com

Penting dilakukan, namun sering diabaikan, nih. Mengikat atau gunakan hijab ketika rambut basah akan menyebabkan, rontok, ketombe, hingga rambut lepek dan bau. Untuk mencegah berbagai masalah tersebut, kamu harus memastikan rambut sudah dalam keadaan kering sebelum mengikat atau menggunakan hijab. 

7. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

7 Tips Mengatasi Rambut Lepek dan BauTips Mengatasi Rambut Lepek dan Bau, goodfon.com

Bukan hanya kulit aja, ternyata rambut yang terpapar sinar matahari secara langsung bisa menimbulkan rasa lepek dan bau, karena mendorong produksi sebum berlebih. Jika terpaksa beraktivitas di luar ruangan, lindungi rambut kamu menggunakan topi atau payung.
 
Nah, itu dia tujuh tips mengatasi rambut lepek dan bau. Kira-kira kebiasaan mana yang harus kamu ubah nih, Bela?

Baca Juga: 5 Gaya Rambut yang Cocok untuk Pemilik Rambut Lepek

Baca Juga: 8 Kesalahan yang Membuat Rambut Berminyak

Baca Juga: 7 Rekomendasi Sampo yang Cocok untuk Rambut Lepek