Menjadi mahkota bagi para kaum hawa, terkadang kita lalai untuk merawat rambut. Padahal, rambut sehat dan indah turut menunjang penampilan serta membuat kamu semakin percaya diri. Tak perlu perawatan mahal di salon, merawat rambut juga bisa dilakukan dari rumah menggunakan masker dari bahan-bahan alami. 

Selain mudah didapatkan dan terjangkau, masker yang terbuat dari bahan-bahan alami ini juga sudah terbukti mampu menutrisi rambut secara optimal. Tetapi, ada baiknya kamu menggunakan masker alami sesuai dengan kondisi rambut. Kira-kira bahan alami apa saja yang bisa dijadikan masker rambut? Langsung intip aja yuk!  

1. Masker alpukat

Rambut Indah dan Sehat Menggunakan 7 Masker Alamitimeslive.co.za

Alpukat merupkan salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi untuk tubuh, termasuk rambut. Kaya akan vitamin E dan protein, masker alpukat cocok untuk rambut kering dan kusam. Cara membuatnya juga sangat mudah. Pertama, siapkan alpukat yang telah di haluskan lalu campurkan dengan essential oil favorit kamu. Aduk secara perlahan dan aplikasikan di kulit kepala hingga batang rambut. Tunggu selama 20 menit lalu bilas hingga bersih. Kamu bisa menggunakan masker alpukat ini seminggu sekali.

2. Masker lidah buaya

Rambut Indah dan Sehat Menggunakan 7 Masker Alamihealthline.com

Jika rutin menggunakan masker lidah buaya, maka rambut akan terhindar dari ketombe dan nampak lebih hitam. Membuat masker lidah buaya juga gampang banget. Aplikasikan daging lidah buaya di rambut yang telah dibasahkan, lalu pijat peralahan dan diamkan selama 10 menit. 

Setelah menyerap sempurna, bilas rambut kamu menggunakan air hangat. Oiya, ketika membilas rambut pastikan seluruh residu sudah terangkat sempurna, jika ada yang tertinggal dapat menyebabkan rambut terasa gatal. Salah satu masker alami yang wajib kamu coba! 

3. Masker kuning telur

Rambut Indah dan Sehat Menggunakan 7 Masker Alami

Tak hanya nikmat ketika dijadikan santapan, telur juga menyimpan berbagai manfaat baik untuk rambut. Mengandung protein yang tinggi, telur membantu menutrisi kulit kepala. Selain itu, vitamin A dan B2 juga berfungsi merangsang pertumbuhan rambut baru. 

Cara membuatnya juga mudah banget, cukup kocok kuning telur dicampur minyak zaitun dan perasan lemon, lalu aplikasikan secara merata di seluruh bagian rambut. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

4. Masker pisang

Rambut Indah dan Sehat Menggunakan 7 Masker Alamiurbancompany.com

Masker alami selanjutnya yang bisa kamu coba adalah masker pisang. Yups, buah berwarna kuning ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, C, dan E, serta kalium yang berfungsi untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit kepala dan menyehatkan rambut. 

Cara membuatnya juga mudah banget, campurkan buah pisang yang telah dihaluskan, madu, dan minyak zaitun, lalu aplikasikan masker alami tersebut secara merata di seluruh bagian rambut. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas gunakan air dingin. Dijamin, rambut akan terasa lebih ringan dan bercahaya! 

5. Masker minyak kelapa

Rambut Indah dan Sehat Menggunakan 7 Masker Alamitasteofhome.com

Kemampuan minyak kelapa untuk menutrisi kulit sudah tak perlu diragukan lagi, termasuk untuk menyehatkan rambut. Minyak kelapa berfungsi memberikan kelembapan dan menghaluskan rambut tanpa rasa lengket. 

Untuk hasil maksimal, baurkan minyak kelapa di kulit kepala lalu pijat perlahan dan diamkan semalaman. Besok paginya, bilas rambut menggunakan air hangat hingga bersih. Rambut lembap dan halus bak perawatan salon bisa kamu dapatkan di rumah! 

6. Masker stroberi

Rambut Indah dan Sehat Menggunakan 7 Masker Alamiartofbeingfabulous.com

Buah stroberi ternyata memiliki segudang manfaat untuk memperindah rambut kamu. Mengandung banyak vitamin C, masker stroberi dapat menyeimbangkan kelebihan sebum dan membuat rambut lebih halus. Cara membuatnya, campurkan beberapa buah stroberi dengan minyak kelapa dan madu, lalu aplikasikan ke rambut. Biarkan meresap selama 10-15 menit, dan bilas hingga bersih.

7. Masker kemiri

Rambut Indah dan Sehat Menggunakan 7 Masker Alaminyonyacooking.com

Sejak dulu hingga sekarang, masker kemiri dipercaya menjadi salah satu rahasia rambut hitam dan berkilau. Cara membuatnya, gunakan kemiri secukupnya, lalu sangrai tanpa menggunakan minyak. Selanjutnya, haluskan kemiri dan aplikasikan di seluruh bagian rambut. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Masker kemiri ini bisa lho kamu gunakan setiap hari.

Jadi, itu dia tujuh masker alami untuk semua jenis rambut. Kini, nggak perlu lagi kan ke salon untuk dapatkan rambut sehat dan indah.

Baca Juga: Nggak Boleh Asal, Ini 7 Cara Merawat Rambut Rontok

Baca Juga: 7 Rekomendasi Minyak Alami untuk Rambut Sehat dan Berkilau

Baca Juga: Menurut Para Ahli, Ini Do’s & Don’ts dalam Merawat Rambut