Virus corona membuat seluruh dunia menerapkan social distancing. Hal ini membuat kamu harus beraktivitas di rumah dan menjaga jarak dengan orang lain. Dampak yang terjadi adalah banyak gerai atau perusahaan jasa yang menutup bisnis mereka hingga waktu yang belum ditentukan.Dan salah satunya adalah bisnis kecantikan seperti salon.

Di Indonesia sendiri, beberapa salon sudah memutuskan untuk tidak beroperasi karena berkurangnya jumlah pengunjung dan demi kepentingan kesehatan bersama. Dan hal ini membuat tatanan rambut kamu sudah tidak indah lagi. 

Mulai dari rambut yang mulai bercabang hingga poni sudah menutupi pengelihatan kamu. Tetapi, tidak perlu khawatir lagi nih, Bela. Kamu bisa menata kembali rambut kamu sendiri di rumah lho. Biar nggak gagal, yuk ikuti lima cara di bawah ini. Apa saja? Simak baik-baik ya! 

1. Persiapkan alat yang dibutuhkan

Begini 5 Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumahstylecaster.com

Jangan sesekali kamu berpikir untuk memotong rambut menggunakan gunting dapur. Pasalnya, gunting tersebut tidak cukup tajam, bisa menarik rambut ketika dipotong serta membuat potongan yang sulit diperbaiki. Gunting dengan kualitas rendah dapat membuat ujung rambut kamu semakin berantakan dan tidak rapi. Jadi pastikan kamu gunakan gunting khusus untuk memotong rambut agar hasil potongan menjadi lebih halus dan rapi. 

2. Pastikan rambut sudah bersih dan kering

Begini 5 Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumahpinterest.com

Ketika memotong rambut di salon, sebagain besar akan membasahi rambut kamu terlebih dahulu. Hal ini dilakukan berujuan agar hair stylist menjadi lebih mudah membuat potongan yang presisi. Tetapi, mereka juga dilatih untuk melakukan hal itu. 

Sehingga, ada baiknya jika ingin potong rambut sendiri di rumah, kamu bisa melakukannya dengan rambut kering. Pastikan juga dalam keadaan bersih, rambut berminyak dan kotor akan menempel dan membuat hasil potongan rambut menjadi tidak rata.

3. Mulai potong rambut sedikit demi sedikit

Begini 5 Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumahfreepik.com

Jelas saja, ini bukan waktu yang tepat untuk kamu mencoba bereksperimen dengan gaya baru yang dratis. Untuk mencegah potongan yang gagal, ada baiknya kamu memotong rambut sedikit demi sedikit. Selalu mulai dari bagian kecil, jika kurang bisa potong secara bertahap.

4. Perhatikan arah rambut dan gunting kamu

Begini 5 Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumahsommz.com

Sekarang sampai pada bagian di mana benar-benar memotong rambut, dan cara kamu memegang bagian rambut dan gunting dapat sangat memengaruhi potongan rambut. Untuk itu kamu harus menarik rambut lurus ke atas dengan jari-jari karena ini adalah cara termudah untuk memastikan panjang rambut secara keseluruhan. 

Kemudian, tempatkan gunting kamu sejajar dengan rambut yang mengintip melalui jari-jari Anda dan gunting rambut secara vertikal dan bukannya lurus. Jika kamu kesulitan membayangkannya, mungkin sebelumnya bisa mengintip tutorial yang ada di Youtube.

5. Hati-hati dengan potongan poni

Begini 5 Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumahstylecaster.com

Mencoba memotong poni dengan gaya baru adalah penyesalan yang akan kamu dapatkan dalam situasi seperti ini, tetapi memangkas yang sudah ada akan jauh lebih mudah. Ada baiknya kamu hanya merapikan bagian poni yang sudah menganggu pandangan. Dan pastikan  tangan kamu lebihsantai dan tidak tegang, sehingga potongan rambut akan jadi lebih rapi.

Dan itu dia lima langkah yang bisa kamu lakukan ketika memotong rambut kamu sendiri di rumah. Selamat mencoba, Bela! 

Baca Juga: 5 Tips Pilih Cat Rambut Sesuaikan Warna Kulitmu, Bela!

Baca Juga: Ini 5 Tips Memanjangkan Rambut Secara Cepat yang Bisa Dicoba