Menggunakan catokan untuk menata rambut memang sudah menjadi salah satu kewajiban bagi sebagian perempuan. Rasanya tidak lengkap kalau rambut belum dicatok. Nah, saat ini banyak sekali jenis, ragam, dan bentuk catokan yang beredar di pasaran. Dari segi harga pun juga beragam, mulai dari yang terjangaku hingga yang cukup mahal pun tersedia di pasaran. Tetapi, kadang kita tidak tahu apa aja sih perbedaan catokan mahal dan murah? Penasaran kan? Yuk, simak di bawah ini!

1. Material catokan

Catokan Murah dan Mahal, Apa Saja Perbedaannya? productsyoucantrefuse.com

Untuk catokan dengan harga yang terjangkau, biasanya menggunakan material yang berkualitas rendah. Sehingga catokan tersebut lebih rentan rusak. Selain itu, lempengan catokan pun juga akan berbeda, catokan dengan harga lebih terjangkau biasanya akan lebih rentan merusak rambut. 

Berbeda dengan catokan yang memilki harga lebih tinggi. Catokan ini biasanya dilengkapi dengan berbagai lapisan oil atau ion yang akan melindungi rambut kalian ketika dicatok. Tetapi untuk kamu pengguna catokan harga terjangkau, kalian tidak usah khawatir. Sebelum menggunakan catokan, kamu bisa memakai heat protector atau hair oil untuk menjaga rambut kamu agar tidak langsung menyentuh panasnya catokan.

2. Hasil catokan

Catokan Murah dan Mahal, Apa Saja Perbedaannya? top10critic.com

Hasil catokan, juga sedikit berbeda. Untuk catokan harga terjangkau, biasanya tidak begitu smooth dan rapi. Sehingga setelah mencatok, pastikan kalian merapikan rambut dengan sisir, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk catokan dengan harga yang lebih tinggi, hasilnya akan lebih smooth dan natural ketika menggunakannya. 

3. Pengatur suhu

Catokan Murah dan Mahal, Apa Saja Perbedaannya? independent.co.u

Biasanya, di beberapa catokan terdapat pengatur suhu. Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan tipe rambut kamu. Di beberapa catokan dengan harga terjangkau, terdapat pengatur suhu, tetapi masih manual dan pilihan suhunya juga terbatas. Untuk catokan dengan harga yang lebih mahal, terdapat pengatur suhu digital dan pilihan suhu juga lebih banyak. Sehingga kamu bisa memilih suhu yang tepat untuk mencatok rambut kamu.

4. Lokasi pembelian

Catokan Murah dan Mahal, Apa Saja Perbedaannya? allure.com

Walau sudah tersedia di berbagai e-commerce, baik catokan dengan harga murah maupun catokan dengan harga mahal juga tersedia pada store offline. Catokan dengan harga yang terjangkau bisa juga kamu temukan di pasar tradisional. Macam dan jenis nya pun juga beragam, dan kamu bisa merasakan langsung penggunaan catokan tersebut, tentu saja dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Berbeda dengan catokan harga yang lebih mahal, kamu bisa temukan di pusat pembelanjaan atau di beauty store.

5. Harga

Catokan Murah dan Mahal, Apa Saja Perbedaannya? marieclaire.ro

Dari empat penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa ada harga ada kualitas. Dan hal itu juga berlaku pada catokan. Ketika kamu membeli dengan harga yang cukup mahal, kamu akan mendapatkan kualitas yang serupa. Tetapi, tidak menutup kemungkinan catokan dengan harga yang relatif lebih murah, memiliki kualitas yang sama bagusnya. Bahkan tidak jarang catokan dengan harga murah menjadi favorit lho, Bela.

Jadi, itu dia beberapa perbedaan catokan dengan harga murah dan catokan dengan harga mahal. Tetapi berapapun harga catokan yang kalian miliki, jangan lupa untuk tetap merawat rambut kalian dengan baik ya, Bela!