Selain rontok dan ketombe, rambut bercabang merupakan salah satu masalah rambut yang sering dialami perempuan. Umumnya rambut bercabang disebabkan oleh pewarnaan, seringnya menggunakan styler rambut, dan menggunakan produk perawatan berbahan kimia.

Salah satu cara yang dianggap paling ampuh untuk mengatasi rambut adalah memotongnya. Hmm, tapi ternyata ada lima cara mengatasi rambut bercabang tanpa harus dipotong, lho. Wah, apa aja sih? Yuk simak baik-baik artikel ini!

1. Gunakan hair styler atau hair dryer dengan suhu rendah

5 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Harus DipotongCara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Harus Dipotong, crodapersonalcare.com

Seperti yang sudah disebutkan tadi, hair styler menjadi salah satu penyebab terjadinya rambut bercabang. Suhu panas yang dihasilkan hair styler akan menyerap kelembapan rambut, sehingga menjadikannya kering dan bercabang. Nah, jika terpaksa menggunakan hair straightener atau hair dryer, baiknya pilih suhu yang rendah aja, ya.

2. Jangan terlalu sering mewarnai rambut

5 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Harus DipotongCara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Harus Dipotong, southernliving.com

Bahan kimia yang ada di dalam cat warna akan menjadikan rambut lebih mudah rusak dan bercabang. Untuk itulah, jika tidak ingin memotong rambut, sebaiknya hindari pewarnaan. Mending pancarkan saja warna alami rambut indah kamu, Bela!

3. Aplikasikan conditioner setiap keramas

5 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Harus DipotongCara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Harus Dipotong, stylebook.de

Ternyata keramas nggak cukup gunakan sampo aja. Agar rambut lebih lembap, mudah diatur, dan tidak bercabang, aplikasikan conditioner dari batang hingga ujung rambut, hindari area kulit kepala agar rambut tidak lepek. Dengan begini, rambut bercabang tidak harus dipotong.

4. Gunakan hair oil

5 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Harus DipotongCara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Harus Dipotong, timesofindia.indiatimes.com

Cara keempat untuk mengatasi rambut bercabang tanpa harus dipotong adalah rutin menggunakan hair oil. ini. Hair oil berfungsi untuk menjaga kelembapan, melindungi rambut dari suhu panas hair styler atau hair dryer, dan dapat menutrisi rambut rusak. Cocok banget digunakan untuk kamu yang memiliki rambut kering.

5. Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah

5 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Harus DipotongCara Mengatasi Rambut Bercabang Tanpa Harus Dipotong, thelist.com

Rambut yang masih basah cenderung lebih rentan dan rapuh. Nah, tetapi kamu bisa menggunakan sela-sela jari atau sisir bergigi jarang untuk merapikan rambut. Jika rambut disisir menggunakan alat dan saat yang tepat, maka kerusakan rambut dapat teratasi.
 
Nah, itu dia lima cara mengatasi rambut bercabang tanpa harus dipotong. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Bela!

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Baca Juga: 8 Cara Mencegah dan Merawat Rambut Bercabang Supaya Tetap Indah

Baca Juga: 9 Hal yang Harus Dilakukan agar Rambut Nggak Bercabang