Memiliki rambut keriting membuat penampilan kamu terlihat lebih gemas dan imut. Namun, rambut lurus masih menjadi tatanan rambut yang menjadi favorit banyak orang. Untuk itu, tak sedikit yang rela melakukan berbagai macam perawatan demi tampil dengan rambut lurus.

Ternyata, meluruskan rambut nggak perlu menghabiskan banyak waktu di salon, kok. Kamu cukup melakukan tujuh cara meluruskan rambut secara alami a la Popbela. Kira-kira apa saja caranya? Yuk langsung scrolling!

1. Mencuci rambut menggunakan sampo anti kusut

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Nggak Perlu Rebonding Lagi!Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, today.com

Nggak hanya sekedar membersihkan kotoran atau residu yang tertinggal, mencuci rambut juga merupakan salah satu cara meluruskan rambut secara alami. Ketika rambut dalam keadaan kotor, maka rambut akan lebih susah diatur dan cenderung bergelombang. Untuk itu, gunakan sampo yang diformulasikan khusus anti kusut dan melembapkan, ya.

2. Jangan lupa mengaplikasikan conditioner

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Nggak Perlu Rebonding Lagi!Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, johnfrieda.com

Nah, selain menggunakan sampo anti kusut, kamu juga bisa mengaplikasikan conditioner. Produk ini berfungsi melembapkan batang rambut, sehingga teksturnya jadi lebih halus dan lembut. Oiya, conditioner hanya digunakan di tengah hingga ujung rambut aja, jangan sampai mengenai kulit kepala agar tidak lepek.

3. Brush rambut menggunakan sisir bergigi jarang

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Nggak Perlu Rebonding Lagi!Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, freepik.com

Menggunakan sisir bergigi jarang dapat membuat rambut kamu menjadi lebih lurus dan mudah ditata. Selain itu, sisir bergigi jarang tak membuat rambut kamu terlalu tertarik, sehingga meminimalisir terjadinya rambut rontok. Oiya, sisir rambut dalam keadaan setengah kering atau kering, ya.

4. Hindari suhu hairdryer yang terlalu panas

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Nggak Perlu Rebonding Lagi!Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, glamour.com

Suhu panas yang dihasilkan hairdryer akan membuat rambut kamu mudah patah dan rusak. Untuk itu, pilih hairdryer yang dilengkapi dengan pilihan suhu panas hingga dingin. Nggak hanya itu aja, beri jarak hair dryer sekitar 15 cm dari rambut kamu.

5. Gunakan hair roller

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Nggak Perlu Rebonding Lagi!Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, i-d.vice.com

Ketika rambut sudah setengah kering, pakai hair roller di bagian ujung rambut agar terlihat lebih rapi dan lurus. Sesuaikan hair roller dengan kondisi rambut, jika tebal pilih roller dengan ukuran besar, begitu pula dengan rambut tipis gunakan roller yang kecil. Dengan begini, rambut lurus dan rapi bisa kamu dapatkan tanpa perawatan ke salon.

6. Rutin mengaplikasikan masker rambut

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Nggak Perlu Rebonding Lagi!Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, probeautycare.com

Selain sampo dan conditioner, rambut juga membutuhkan perawatan tambahan seperti masker. Kamu bisa membuat masker rambut menggunakan bahan-bahan alami atau hair mask yang sudah banyak dijual. Masker rambut berfungsi menutrisi serta mengembalikan protein pada rambut, sehingga menjadikan rambut keriting terasa lebih halus. Gunakan seminggu sekali untuk hasil maksimal.

7. Hair oil untuk rambut yang lebih halus

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Nggak Perlu Rebonding Lagi!Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, verywellhealth.com

Last but not least cara meluruskan rambut secara alami adalah dengan menggunakan hair oil. Hair oil berfungsi menjaga kelembapan, melindungi rambut dari suhu panas hair dryer dan dapat menutrisi rambut rusak. Jadi cocok banget digunakan untuk kamu yang memiliki rambut keriting.
 
So, itu dia tujuh cara meluruskan rambut secara alami. Caranya gampang banget dan bisa kamu lakukan di rumah aja, kan? 

Baca Juga: 7 Tips Merawat Rambut Setelah Smoothing Agar Tidak Rusak

Baca Juga: 6 Kesalahan Merawat Rambut Keriting yang Wajib Dihindari

Baca Juga: No Bad Hair Day, 12 Rekomendasi Sampo Pelurus Rambut