Awalnya, kamu mungkin akan mengira bahwa model rambut bowl cut laki-laki terlihat culun dan ketinggalan zaman. Padahal, gaya tersebut kini bergeser menjadi makin keren dan maskulin.

Bowl cut atau dikenal dengan mushroom cut pada dasarnya merupakan gaya rambut yang memiliki tampilan unik dan sederhana.

Bagian poni rambut dibiarkan memanjang ke depan, sementara bagian samping dan belakang rambut dipotong sama dengan poninya atau lebih panjang ke belakang. 

Untuk melihat variasi bowl cut yang kekinian, lihat ulasan berikut ini, ya!

1. Bowl Cut Fade

10 Model Rambut Bowl Cut Laki-Laki yang Stylish dan Kerenmenshaircuts.com

Model rambut bowl cut laki-laki yang pertama ini merupakan bowl cut fade yang sangat trendi dan maskulin. Potongan fade memiliki ciri khas cukuran yang tipis memudar di samping kepala. 

Sementara itu, bowl cut pada model ini dibuat pendek dengan transisi yang halus ke seluruh sisi kepala. Nah, supaya terlihat maskulin, kamu bisa menatanya ke atas alih-alih membuatnya lurus ke bawah.

2. Classic Bowl Cut

10 Model Rambut Bowl Cut Laki-Laki yang Stylish dan Kerenthetrendspotter.net

Selanjutnya, classic bowl cut bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin tampil lebih edgy. Caranya yakni memotong rambut dengan panjang setengah dahi sama panjang. 

Namun, berbeda dengan potongan bowl cut tahun 1980-an yang sedikit membosankan, gaya classic bowl cut yang satu ini diberi tekstur dan efek undercut di sisi-sisi kepalanya. 

3. Casual Mushroom Cut

10 Model Rambut Bowl Cut Laki-Laki yang Stylish dan Kerenmenshaircuts.com

Kalau kamu senang dengan gaya yang klasik, maka casual mushroom cut ini bisa dipilih. Gaya ini cukup simpel seperti bowl cut pada umumnya, yakni dengan memotong rambut sama rata. 

Kemudian, bagian samping kepala diberi fade sehingga membuat rambutmu bagian atas terlihat seperti bentuk jamur. Supaya terdapat sentuhan modern,  kamu bisa menambahkan tekstur pada poni. 

4. Uneven Locks

10 Model Rambut Bowl Cut Laki-Laki yang Stylish dan Kerenmachohairstyles.com

Model rambut bowl cut laki-laki kali ini dibuat dengan memangkas sisi-sisi rambut. Kemudian, bagian atas rambut ditata menjadi tampak menyatu terkunci di atas.

Rambut yang terkunci di atas tersebut kemudian diratakan ke bawah dan sisi-sisinya. Sementara bagian depan rambut, diberi tampilan poni yang terkesan membentuk tri poni yang keren.

5. Layered Bowl Cut

10 Model Rambut Bowl Cut Laki-Laki yang Stylish dan Kerenmenshaircuts.com

Kalau bowl cut yang klasik hanya memotong rambut menjadi satu layer saja, kamu bisa membuatnya lebih trendi dengan layered bowl cut. Layer tersebut bisa kamu buat sedikit berantakan, tetapi tajam dan runcing. 

Dengan begitu, rambutmu akan terlihat lebih bertekstur dan bervolume. Gaya ini bisa jadi opsi lain kalau kamu ingin memakai gaya bowl cut yang tampak maskulin. 

6. Bowl Front with Tapered Sides

10 Model Rambut Bowl Cut Laki-Laki yang Stylish dan Kerenmachohairstyles.com

Kalau kamu memiliki rambut yang panjang, gaya bowl front with tapered sides ini bisa menjadi pilihan yang aman. Alih-alih memotong seluruh bagian rambut sama rata, kamu bisa membuatnya memanjang ke belakang berbentuk shaggy. 

Dengan panjang yang bertahap tersebut, kamu tidak perlu kesulitan untuk menata gayanya. Model rambut ini juga akan lebih mudah dirawat karena tidak menuntut rambut yang rapi. 

7. Mushroom Nape

10 Model Rambut Bowl Cut Laki-Laki yang Stylish dan Kerenmenshaircuts.com

Mushroom nape merupakan model rambut bowl cut laki-laki yang tampak keren dan stylish. Gaya ini menunjukkan bahwa gaya bowl cut tidak selamanya terlihat culun. 

Kamu hanya perlu menatanya dengan benar, yakni memotong rambut sejajar dengan poni. Kemudian, buat rambut terlihat lebih bervolume dengan tekstur bawaan rambut. 

8. Short Undercut Bowl Cut

10 Model Rambut Bowl Cut Laki-Laki yang Stylish dan Kerenyouprobablyneedahaircut.com

Kalau biasanya bowl cut identik dengan potongan yang panjang sampai menutup sebagian area dahi, kamu bisa mebuatnya lebih pendek dengan short undercut bowl cut. 

Gaya ini memotong rambut sejajar sampai sepanjang area pelipis. Kemudian, rambut bagian bawahnya dicukur dan membuatnya tampak kontras seperti perpaduan antara bowl cut dan undercut. 

9. Curly Bold Cut

10 Model Rambut Bowl Cut Laki-Laki yang Stylish dan Kerenmenshaircuts.com

Berbeda dengan pemilik rambut lurus yang harus mencari berbagai cara agar bowl cut terlihat bagus, pemilik rambut ikal justru sangat cocok dengan gaya ini. 

Mereka hanya perlu memotong rambut sejajar dengan sisi yang meruncing dan rapi. Namun, jangan lupa menjaga rambut tetap lembap supaya tetap bagus dan tertata. 

10. Wavy Ear-Length Cut

10 Model Rambut Bowl Cut Laki-Laki yang Stylish dan Kerenyouprobablyneedahaircut.com

Terakhir, model rambut bowl cut laki-laki wavy ear-length cut akan cocok untuk semua jenis rambut. Gaya ini membuat rambut terlihat berdimensi dan bergelombang. 

Untuk panjangnya, kamu bisa memotong rambut sampai sejajar telinga. Kalau sudah, kamu bisa mengaturnya dengan mudah tanpa harus membutuhkan waktu yang lama. 

Itulah 10 model rambut bowl cut laki-laki yang trendi dan modern. Kira-kira, gaya mana yang paling cocok untukmu? 

Baca Juga: 12 Gaya Rambut Pendek Laki-Laki Sesuai Bentuk Wajah, Stylish!

Baca Juga: 10 Gaya Rambut Undercut Pendek Laki-Laki Terbaik, Maskulin!

Baca Juga: 17 Gaya Rambut Mullet untuk Laki-Laki yang Klasik dan Ikonik