Ketombe bukan hanya mengganggu penampilanmu, tapi rasa gatal di kulit kepala kerap membuat rasa tidak nyaman. Jika dibiarkan, maka kulit kepalamu akan semakin rusak. Untuk mengatasinya, ada 7 mudah perawatan mengatasi ketombe yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, lho! Simak tipsnya di bawah ini ya!

1. Menggunakan Sampo Anti-Ketombe

7 Tips Mudah yang Bisa Bantu Mengatasi Ketombe, Ampuh Lho!.prevention.com

Cara awal untuk mengatasi ketombe, tentu dengan menggunakan produk sampo anti-ketombe. Produk tersebut akan membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dan kandungan khususnya akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih, sebum, bakteri serta jamur penyebab ketombe. Pastikan sampomu mengandung bahan-bahan seperti salicylic acid, zinc pyrithione, apple vinegar, willow bark, atau phenol.

2. Membuat Masker Rambut Alami

7 Tips Mudah yang Bisa Bantu Mengatasi Ketombe, Ampuh Lho!dok. internet

Rutin menggunakan masker rambut juga bisa mengurangi adanya ketombe. Kalian bisa membuat masker rambut sendiri dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah seperti baking soda, cuka apel, garam epson, lemon, dan lidah buaya.

3. Mengonsumsi Probiotik

7 Tips Mudah yang Bisa Bantu Mengatasi Ketombe, Ampuh Lho!healthiline.com

Probiotik adalah bakteri baik bagi tubuh. Mengutip dari Healthline, mengonsumsi probiotik selama 56 hari dapat mengurangi ketombe secara signifikan pada 60 orang. Kamu bisa mulai mengonsumsi probiotik yang ada dalam makanan seperti yogurt, kimchi, bahkan tempe.

4. Menjaga Pola Makan Sehat

7 Tips Mudah yang Bisa Bantu Mengatasi Ketombe, Ampuh Lho!unsplash.com

Munculnya ketombe juga dapat dipengaruhi oleh kesalahan kita dalam mengonsumsi jenis makanan tertentu. Dikutip dari Byrdie, mengurangi makanan yang mengandung glukosa tinggi akan berpotensi memunculkan jamur dan inflamasi. Sehingga, lebih baik mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3.

5. Mengelola Stres Dengan Baik

7 Tips Mudah yang Bisa Bantu Mengatasi Ketombe, Ampuh Lho!unsplash.com

Dikutip dari Healthline, tingkat stres tinggi berjangka panjang akan membuat imun tubuh melemah dan mengganggu kemampuan tubuh melawan beberapa infeksi jamur. Kondisi tersebut akan berpotensi menimbulkan ketombe. Salah satu cara untuk mengelola stres yakni dengan rutin berolahraga dan meditasi.

6. Mengurangi Penggunaan Produk Penata Rambut

7 Tips Mudah yang Bisa Bantu Mengatasi Ketombe, Ampuh Lho!bestproducts.com

Ketombe muncul karena adanya kondisi kulit kepala yang tidak sehat. Untuk mengurangi iritasi, maka sebisa mungkin kita juga perlu mengurangi penggunaan produk penata rambut, terutama produk yang mengandung aerosol. Selain itu, penting untuk menjaga agar alat-alat yang digunakan tetap bersih.

Semoga artikel ini bisa membantu mengatasi ketombe kalian, ya Bela. Namun, jika kondisi ketombe semakin parah, jangan ragu untuk pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik.