Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang lebih menarik. Salah satunya adalah dengan mewarnai rambut. Mulai dari yang natural seperti cokelat, blonde, brunette, hingga yang mencuri perhatian seperti pink atau rainbow hair, mewarnai rambut memang jadi cara mudah untuk membuat penampilan jadi lebih 'wah'.

Tapi, tahukah kamu, ketika mewarnai rambut, berarti kamu harus siap dengan perawatan yang 'ekstra'. Karena, jika tidak merawatnya dengan benar, maka warna cat rambut akan cepat memudar, rambut pun jadi terlihat kurang oke. Lalu, hal apa saja yang dapat membuat warna rambut cepat pudar? Simak di bawah ini yuk!

1. Salah memilih sampo

7 Hal yang Bikin Warna Cat Rambut Jadi Mudah Pudargetgoodhead.com/goodhousekeeping.com

Rambut yang diwarnai atau dicat tentunya membutuhkan sampo yang tepat. Jika tidak, maka dipastikan cat rambut akan mudah luntur dan warnanya pun cepat pudar. Karenanya, pilihlah sampo khusus untuk rambut yang diwarnai.

2. Keramas setiap hari

7 Hal yang Bikin Warna Cat Rambut Jadi Mudah Pudarbustle.com

Keramas setiap hari juga jadi penyebab pudarnya warna rambut. Nggak cuma itu, keramas setiap hari juga menyebabkan rambut menjadi kering. Untuk itu, cukup keramas dua hingga tiga hari sekali untuk menjaga warna cat rambut tetap bagus.

3. Tidak melakukan touch up

7 Hal yang Bikin Warna Cat Rambut Jadi Mudah Pudarscarves.com

Rambut yang diwarnai tentunya membutuhkan perawatan khusus. Salah satunya adalah dengan rajin melakukan touch up. Jika kamu tidak pernah melakukannya, jangan heran jika warna rambutmu cepat terlihat memudar. Lakukanlah touch up menggunakan cat yang sama setiap sebulan hingga dua bulan sekali.

4. Jarang menggunakan kondisioner

7 Hal yang Bikin Warna Cat Rambut Jadi Mudah Pudarhollywoodhairdesign.com

Rambut yang diwarnai biasanya lebih mudah kering dan rusak dibanding dengan rambut yang tidak diwarnai. Maka dari itu penting untuk selalu menggunakan kondisioner setiap sehabis keramas. Cukup aplikasikan dari tengah hingga ujung rambut agar rambutmu tetap halus dan lembut.

5. Mengacuhkan ujung rambut

7 Hal yang Bikin Warna Cat Rambut Jadi Mudah Pudardailymotion.com

Yang paling sering terjadi pada rambut yang diwarnai adalah ujung rambut menjadi mudah pecah dan kering. Selain, menggunakan kondisioner dan vitamin rambut, jika ujung rambutmu memang sudah terlihat sangat kering, tidak ada salahnya untuk melakukan trimming atau pemotongan ujung rambut. Selain membuang ujung rambut yang rusak, rambutmu pun akan jadi lebih sehat dann terasa lebih ringan.

6. Tidak pernah menggunakan masker rambut

7 Hal yang Bikin Warna Cat Rambut Jadi Mudah Pudaritsvitamins.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, saat rambut dicat atau diwarnai, maka rambut pun akan mudah kering dan kusam. Maka dari itu sangat penting merawatnya semaksimal mungkin. Langkah lain yang wajib kamu lakukan adalah dengan menggunakan masker rambut. Gunakan seminggu sekali agar rambutmu tetap halus.

7. Tidak menggunakan heat protector saat menata rambut

7 Hal yang Bikin Warna Cat Rambut Jadi Mudah Pudarwomentips.com

Kamu termasuk orang yang tak bisa hidup tanpa pengering rambut dan catokan? Ternyata, panas dari alat-alat penata rambut ini juga bisa warna rambut cepat memudar lho. Untuk itu, pastikan kamu selalu menggunakan heat protector sebelum menatanya.

Itu tadi tujuh hal yang dapat membuat warna rambutmu menjadi cepat pudar. Semoga artikelnya bermanfaat!

BACA JUGA: Nggak Perlu Ke Salon, Ikuti 5 Tips Mewarnai Rambut Di Rumah Ini​