Rambut lepek adalah salah satu musuh terbesar perempuan. Kalau makeup sudah on point, tapi rambut terlihat zonk, rasa percaya diri pasti jadi menurun. Cuci rambut sudah, namun kok rambut masih saja lepek ya? Bisa jadi lima kebiasaan ini penyebabnya. Coba intip yuk!

1. Memegang rambut terus-menerus

Hindari 5 Kebiasaan Ini Jika Tidak ingin Rambut Terlihat Lepekhdwallpapers.com

Beberapa orang memiliki kebiasaan memegang atau memilin rambutnya, Jika kamu termasuk salah satunya, segera hentikan kebiasaan ini ya. Selain dapat membuat rambut menjadi mudah rapuh, tangan yang nggak selalu dalam keadaan bersih dapat membuat rambut jadi ikut kotor dan akhirnya terlihat lepek.

2. Terlalu sering menyisir rambut

Hindari 5 Kebiasaan Ini Jika Tidak ingin Rambut Terlihat Lepekrefinery29.com

Menyisir rambut memang penting agar rambut terlihat rapi dan tidak kusut. Namun, melakukannya terlalu sering hanya akan merangsang minyak alami rambut untuk keluar sehingga rambut terlihat lepek.

3. Menata rambut dengan suhu yang terlalu panas

Hindari 5 Kebiasaan Ini Jika Tidak ingin Rambut Terlihat Lepekrefinery29.com

Sering  mengeringkan rambut dengan hair dryer atau menata rambut dengan catokan suhu tinggi juga menjadi salah satu penyebeb rambut jadi tampak lepek lho. Ini karena panas dari alat tersebut akan membuat rambut kering, sehingga ia akan mengeluarkan minyak alaminya untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap lembap.

4. Menggunakan sampo dengan formula yang salah

Hindari 5 Kebiasaan Ini Jika Tidak ingin Rambut Terlihat Lepekcamillestyles.com

Beda jenis rambut beda pula jenis sampo yang harus dipakai. Jika kamu memiliki fine hair atau rambut yang sangat halus, sebaiknya hindari sampo berlabel moisturizing karena akan membuat rambut terkesan berat dan berminyak di bagian akar. Pilihlah sampo bertekstur ringan yang biasanya berwarna bening yang dapat membersihkan secara maksimal.

5. Menggunakan sisir yang kotor

Hindari 5 Kebiasaan Ini Jika Tidak ingin Rambut Terlihat Lepekpinterest.com

Sisir dan alat penata rambut yang kotor juga jadi penyebab rambut jadi mudah lepek lho. Cucilah sisirmu setiap satu minggu seklai dengan sampo dan bersihkan alat penata rambutmu dengan menggunakan lap kering yang  lembut agar kotoran tidak menempel.

Nah, agar rambutmu tidak mudah lepek, sebaiknya hindari lima hal di atas ya, Bela!

BACA JUGA: Ini 6 Kesalahan yang Wajib Kamu Hindari Saat Mencuci Rambut​