Beberapa jenis minyak alami telah banyak digunakan untuk merawat rambut. Sebut saja minyak jojoba, castor hingga argan. Namun, tahukah kamu? Minyak alpukat juga bagus untuk kesehatan rambut, lho. Berikut 7 alasannya!

1. Meresap dengan cepat

7 Alasan Mengapa Minyak Alpukat Bagus Untuk Kesehatan Rambutamormagazine.com

Setelah disapukan, minyak alpukat dapat meresap dengan cepat ke rambut dan kulit kepala. Meskipun sudah berbentuk minyak, tapi ia masih menyimpan semua nutrisi dan vitamin seperti pada buahnya. Minyak alpukat diketahui kaya akan vitamin A, D, dan E, serta kalium dan lesitin. Oleh sebab itu, minyak alpukat bagus untuk kesehatan rambut.

2. Menjaga kelembapan rambut

7 Alasan Mengapa Minyak Alpukat Bagus Untuk Kesehatan Rambutfreepik.com/racool-studio

Secara alami, minyak memiliki sifat oklusif yang dapat menjaga kelembapan. Dengan begitu, air tidak menguap dari batang rambut. Rambut kamu pun tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi.

3. Menutrisi rambut dengan asam lemak

7 Alasan Mengapa Minyak Alpukat Bagus Untuk Kesehatan Rambutfreepik.com/freepic.dlllr

Yang membuat minyak alpukat unggul adalah kandungan emolien dari asam lemak. Diketahui bahwa minyak alpukat kaya akan asam oleat dan lemak tak jenuh tunggal. Ini membuatnya menjadi salah satu minyak yang benar-benar dapat menembus batang rambut. Dengan begitu, rambut menjadi lebih lembap dan tidak mudah patah.

4. Cocok untuk berbagai jenis rambut

7 Alasan Mengapa Minyak Alpukat Bagus Untuk Kesehatan Rambutfreepik.com/cookie_studio

Beberapa jenis minyak alami terkadang membuat rambut menjadi lepek. Namun, ini tidak berlaku bagi minyak alpukat. Karena tidak terlalu kental dan mudah menyerap, ia dapat digunakan untuk tipe rambut apa pun. Minyak alpukat cocok untuk rambut kering dan rapuh, tapi juga bermanfaat bagi rambut keriting.

5. Melindungi rambut dengan antioksidan

7 Alasan Mengapa Minyak Alpukat Bagus Untuk Kesehatan Rambutfreepik.com/user18526052

Sebagai sumber antioksidan yang sangat baik, minyak alpukat dapat membantu menangani radikal bebas seperti sinar ultraviolet dan polusi udara. Ia melindungi rambut kita dari bahaya-bahaya yang mengancam.

6. Mengatasi peradangan pada kulit kepala

7 Alasan Mengapa Minyak Alpukat Bagus Untuk Kesehatan Rambuteverydayhealth.com

Peradangan kulit kepala merupakan masalah besar. Itu biasanya dipicu oleh stres, ikatan rambut yang terlalu kencang, dan ketombe. Ketika kulit kepala mengalami inflamasi, dapat terjadi masalah serius seperti kerontokan. Nah, nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam minyak alpukat membantu mengatasi peradangan tersebut. Bahkan, bisa mengurangi ketombe, lho!

7. Bagus untuk memijat kulit kepala

7 Alasan Mengapa Minyak Alpukat Bagus Untuk Kesehatan Rambutfreepik.com/valuavitaly

Memijat kulit kepala bukan hanya untuk memanjakan diri, tetapi juga memiliki manfaat nyata untuk rambut. Pijatan dapat mendorong sirkulasi darah serta membawa banyak nutrisi, seperti asam amino dan vitamin. Kegiatan ini bahkan terbukti mendorong pertumbuhan rambut. Gunakan minyak alpukat untuk memijat kepala agar rambut kamu selalu kuat dan lembap!

Wah, ternyata banyak sekali manfaat minyak alpukat untuk rambut ya, Bela! Apakah kamu tertarik menggunakannya untuk menjaga rambut tetap sehat?