Ada yang awalnya beranggapan bahwa istilah serum dan vitamin adalah dua hal yang sama? Kamu salah besar nih, Bela! Soalnya keduanya adalah dua hal yang berbeda meski sebenarnya sama-sama dapat menutrisi rambut. 

Oh ya, keduanya biasanya sama-sama bisa ditemukan pada produk perawatan rambut nih. Kira-kira apa ya bedanya? Daripada salah kaprah, yuk kita cek satu per satu poin berikut ini!

1. Kandungan

Ini 5 Perbedaan Serum dengan Vitamin, Jangan Terbalik!  Shutterstock/Noel Powell

Kandungan di dalam serum dan vitamin rambut tentunya berbeda, Bela. Serum rambut memiliki kandungan yang cenderung lebih lengkap dan kaya akan nutrisi untuk merawat rambut, serta memperbaiki rambut daripada vitamin rambut. Pada intinya, serum punya kandungan yang partikelnya lebih kecil sehingga lebih mudah untuk diserap oleh helai rambut dan kulit kepala. 

Sebab jika dibandingkan dengan vitamin, kerja serum jauh lebih cepat dalam memperbaiki dan menyehatkan dibanding vitamin.

2. Jenis rambut

Ini 5 Perbedaan Serum dengan Vitamin, Jangan Terbalik!  Freepik/freepik

Sebenarnya sama-sama menutrisi sih baik vitamin maupun serum, tapi ada yang bilang kalau serum ini bisa digunakan ketika rambutmu rusak. Eits, siapa bilang? Justru serum ini bisa dipakai daily kok, alias setiap hari. Jadi, kamu nggak perlu tunggu rambut rusak dulu baru ‘sadar’ betapa pentingnya serum ini. Aman dipakai setiap hari dan tentunya bisa bantu hilangkan masalah rambutmu.

3. Fungsi

Ini 5 Perbedaan Serum dengan Vitamin, Jangan Terbalik!  Freepik/freepic.diller

Dikutip dari Alodokter, serum rambut memiliki banyak fungsi, antara lain membantu melindungi rambut dari efek kerusakan akibat paparan sinar matahari dan produk rambut, menghaluskan rambut sehingga tidak mudah kusut, serta membuat rambut menjadi lebih berkilau. Sementara fungsi vitamin rambut rata-rata hanya untuk menstimulasi pertumbuhan dan memperindah rambut aja Bela.

4. Manfaat

Ini 5 Perbedaan Serum dengan Vitamin, Jangan Terbalik!  Freepik/freepik

Serum berfungsi untuk mengembalikan kelembapan rambut akibat proses styling, karena kandungan yang terdapat pada serum lebih bersifat memperbaiki. Sementara itu manfaat sesungguhnya pada vitamin hanya ‘memperindah’ bukan memperbaiki, contohnya seperti melembutkan atau membuat lebih berkilau.

Bela bisa banget nih mencoba rangkaian perawatan rambut seperti shampoo dan conditioner dari Serasoft. Karena setiap rangkaian dari Serasoft ini memiliki kandungan serumnya lho, jadi rambut dengan kondisi apapun bisa jadi ‘nurut’.

5. Cara kerjanya

Ini 5 Perbedaan Serum dengan Vitamin, Jangan Terbalik!  Freepik.com/freepik

Seperti yang Bela ketahui, serum lebih membantu proses ‘penyembuhan’ dengan mengembalikan kelembapan rambut yang dirasa hilang dan dapat menyebabkan kerontokan. Untuk cara penggunaannya pun nggak ribet, sebab serum bisa diaplikasikan di seluruh bagian rambut. Apalagi, serum bisa bekerja dengan cara menembus setiap bagian rambut. Sedangkan vitamin, hanya bekerja efektif pada tengah batang sampai ujung rambut saja. Berbeda ‘kan?

Nah gimana Bela, sudah jelas ‘kan perbedaan antara serum dan vitamin rambut? Kalau ada yang lebih efektif dan efisien dalam satu shampoo, kenapa harus pilih yang lain?