Saat diajak untuk keluar siang hari, kayaknya nggak cuma cewek deh, semua orang pun bisa saja malas. Tapi entah datang dari mana, cewek kerap kali dikaitkan dengan sifat ‘manja’ hanya karena nggak bisa panas-panasan di bawah terik matahari. Padahal, cewek juga punya alasannya lho kenapa anti ke luar siang hari kalau memang nggak diperlukan!

1. Rentan alami kelelahan akibat panas dibandingkan cowok

Bukan Manja, Ini 5 Alasan Cewek Paling Anti Keluar Siang HariShutterstock/Nutlegal Photographer

Kalau ada cowok yang baca artikel ini, jangan buru-buru nge-judge kalau ini alasan semata ya. Alasan kenapa kita jadi cepat lelah di bawah terik matahari adalah karena tubuh kita secara otomatis menyesuaikan suhu agar tetap dingin, yaitu dengan cara berkeringat. Jangan salah, selama proses penyesuaian suhu ini, tubuh tetap menghabiskan energi lho.

Apalagi kalau selalu lama di bawah terik matahari tubuh kita jadi semakin kekurangan cairan yang menambah rasa lelah. “Ya tapi ‘kan kita panas-panasan bareng!” mungkin jadi argumen para cowok. Tunggu dulu, belum tentu kondisi kesehatan mereka sama dengan kita lho. Jadi, kalau memang kamu merasa lelah karena terlalu lama di bawah terik matahari, jujur saja ya Bela!

2. Kulit cepat mengalami penuaan akibat paparan sinar matahari

Bukan Manja, Ini 5 Alasan Cewek Paling Anti Keluar Siang HariShutterstock/Protock-studio

Paparan sinar UV yang terlalu lama memang kurang baik untuk kulit, bukan saja kulit cewek tapi juga kulit semua cowok. Soalnya, sinar UV ini mampu menembus dan merusak sel-sel kulit, terutama kolagen dan elastin yang berfungsi menjaga kulit tetap kenyal dan muda. Sekali lagi, ini bukan manja ya, tapi merupakan salah satu bentuk untuk mencintai diri sendiri. Nggak ada salahnya ‘kan kalau ingin memiliki kulit yang tetap muda?

3. Kondisi rambut berubah jadi kusam

Bukan Manja, Ini 5 Alasan Cewek Paling Anti Keluar Siang HariShutterstock/Denis Val

Rambut yang tak terlindungi dan terkena paparan sinar matahari secara terus menerus akan mengalami kerusakan sel melanin lho, Bela. Jika hal ini terus terjadi, lama kelamaan rambut kamu akan kehilangan warna hitam alaminya sehingga terlihat jadi lebih kusam. Nah, untuk mengembalikan warna hitam alami rambutmu, kamu bisa menggunakan Serasoft Serum Shampoo Shiny Black.

Sebab, Serasoft Serum Shampoo Shiny Black dilengkapi dengan serum dan bahan alami Black Sesame untuk menutrisi rambut jadi hitam berkilau. Kandungan serum ini juga mampu memperbaiki rambut yang kusam akibat styling lho! Lebih dari itu, Serasoft Serum Shampoo Shiny Black terbukti mampu bekerja 5x lebih cepat dalam menutrisi rambut dari akar, batang hingga ujung rambut dan menjadikan rambut hitam berkilau hari demi hari.

Jadi, buat kamu yang mengalami masalah rambut kusam, yuk gunakan Serasoft Serum Shampoo Shiny Black dan lengkapi juga perawatan rambutmu dengan menggunakan Conditioner-nya ya! Untuk informasi lebih lanjut, bisa kamu temukan di sini ya Bela!

4. Bisa menimbulkan melasma (bercak cokelat) pada wajah

Bukan Manja, Ini 5 Alasan Cewek Paling Anti Keluar Siang HariShutterstock/rukxstockphoto

Bercak coklat pada wajah ini juga merupakan salah satu akibat paparan sinar UV yang terlalu tinggi. JIka kamu terus menerus di bawah terik matahari, tubuhmu akan memproduksi melanin sebagai bentuk perlindungan diri. Terkadang, tubuh memproduksi terlalu banyak melanin yang dihasilkan oleh sel-sel melanosit, sehingga menimbulkan bercak cokelat pada bagian wajah. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa pakai tabir surya yang mengandung SPF 30 sebelum bepergian ke luar ya, Bela!

5. Butuh persiapan ekstra sebelum berangkat

Bukan Manja, Ini 5 Alasan Cewek Paling Anti Keluar Siang HariShutterstock/RossHelen

Dari keempat hal di atas bisa dilihat kalau paparan sinar matahari yang terlalu tinggi itu menimbulkan berbagai masalah kulit dan rambut. Sadar akan hal ini, cewek pasti akan menyiapkan perlindungan ekstra dong. Mulai dari pakai masker, jaket, kaos kaki, tabir surya, kacamata hitam, sarung tangan, dan lain sebagainya. Cowok sadar nggak sih kalau ini semua perlu effort? Sudah capek-capek persiapan, eh tiba-tiba cowok nyeletuk “kamu ribet banget deh”. Eits, ini semua dilakukan semata-mata karena cewek mencintai dirinya lho!

Ya itu dia lima alasan kenapa cewek paling anti ke luar di siang hari. Jadi, buat kamu Bela yang nggak mau keluar di siang hari nggak perlu merasa manja atau apa pun, karena yang loving yourself itu nggak salah sama sekali. 

Dear cowok, kalau kamu baca artikel ini, please take notes ya!