Memiliki rambut bermasalah memang tidak menyenangkan. Jika hal ini terjadi, itu pertanda kamu harus memberi perawatan ekstra untuk menjaga mahkota rambutmu tersebut. Kebanyakan perempuan mungkin berpikir untuk pergi ke salon demi merawat rambutnya. Namun sebetulnya, untuk membuat rambut tetap sehat ada cara lain yang bisa dilakukan yakni memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa jadi tersedia di kulkasmu. Apa sajakah itu?

7 Masker Alami untuk Rambut Bermasalah yang Bahannya Tinggal Ambil di Kulkas

Kesal dengan ketombe yang tidak kunjung hilang? Jika ya, maka bukalah kulkasmu dan manfaatkan persediaan yogurt, lemon, dan masker madu yang tersedia di sana. Menurut laman Tempo.co, ketiga bahan ini ampuh mengusir ketombe di kepala. Kamu hanya perlu mencampurkan ketiga bahan tersebut lalu mengaplikasikannya di rambut sambil dipijat lembut. Jika sudah selesai cuci rambut hingga bersih. Yogurt berguna sebagai anti bakteri sementara lemon bisa mengangkat lemak yang menyebabkan ketombe. Sementara madu berfungsi menjaga kelembapan kulit kepala sehingga rambut tetap sehat.

7 Masker Alami untuk Rambut Bermasalah yang Bahannya Tinggal Ambil di Kulkas

Jika biasanya telur hanya dimanfaatkan sebagai bahan untuk memasak, kini gunakan telur untuk merawat rambut. Bagian putih telur yang mengandung sulfur dipercaya ampuh mengurangi kerontokan. Pertama-tama kamu dapat membersihkan rambut terlebih dahulu, lalu gunakan masker putih telur. Diamkan selama kira-kira 30 menit baru setelahnya bersihkan kepala hingga bersih. Lakukan rutin kurang lebih dua minggu dan lihatlah perubahan yang terjadi pada rambut rontokmu.

7 Masker Alami untuk Rambut Bermasalah yang Bahannya Tinggal Ambil di Kulkas

Tentu mempunyai rambut kusam tidaklah membanggakan. Namun daripada sekadar mengeluh, segera cari cara menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu alternatif yang dapat kamu gunakan untuk membuat rambut kusam jadi berkilau adalah dengan memakai masker avokad. Dilansir dari website womantely.com, untuk membuat masker, kamu dapat mencampurkan satu buah avokad, ½ cangkir susu,dan 1 sdt minyak zaitun. Lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker, diamkan selama 15 menit, lalu kamu bisa membilasnya. Mudah kan?

7 Masker Alami untuk Rambut Bermasalah yang Bahannya Tinggal Ambil di Kulkas

Selain rambut kusam, gangguan lainnya yang kerap bikin kaum hawa tak percaya diri adalah rambut mengembang. Kebanyakan mungkin akan memilih mencatok rambut untuk keluar dari masalah tersebut. Tapi masalahnya hal ini tak baik dilakukan terus. Karenanya, coba deh pakai masker santan kelapa yang dicampur jeruk nipis. Oleskan masker ini pada rambut mengembang setelah dibersihkan. Lalu setelah 20 menit bersihkan sisa masker dengan membilas rambut memakai air hangat.

7 Masker Alami untuk Rambut Bermasalah yang Bahannya Tinggal Ambil di Kulkas

Kalau rambutmu susah panjang gunakan kuning telur untuk merangsang pertumbuhannya. Mengapa kuning telur? Alasannya adalah karena dalam kuning telur terdapat protein yang berguna merangsang tumbuhnya mahkota rambut. Oleskan kuning telur yang sudah dikocok pada rambut. Pijat secara lembut agar kandungan proteinnya menyerap sempurna lalu setelah didiamkan selama 15 menit bilas hingga bersih. Idealnya kamu melakukan masker rambut dari kuning telur ini 3-4 kali dalam seminggu.

7 Masker Alami untuk Rambut Bermasalah yang Bahannya Tinggal Ambil di Kulkas

Di dunia kesehatan, buah pisang memiliki banyak kelebihan yakni sebagai penambah energi, membuat relaks otot yang kaku, serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Tidak hanya itu, pisang ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk masker rambut rusak. Untuk membuatnya kamu dapat mencampurkan pisang yang telah dihaluskan, 1 butir telur, 3 sdm makan madu, dan 5 sdt minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan cuci setelah didiamkan selama 15 menit.

7 Masker Alami untuk Rambut Bermasalah yang Bahannya Tinggal Ambil di Kulkas

Masalah yang juga umum dialami adalah rambut kering. Nah untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan mayones sebagai masker. Pertama-tama ambil mayones dari kulkas dan diamkan sampai suhunya berubah mengikuti suhu ruangan. Setelah selesai, aplikasikan mayones mulai dari batang rambut hingga ke pangkalnya. Diamkan sebentar dan cuci hingga bersih.

Gimana? Cukup mudah kan menemukan masker alami dari kulkas? Tidak hanya bahan-bahan di atas, cara lain merawat rambut yang tidak boleh dilupakan adalah dengan memakai kondisioner. Sebagian orang kerap menggunakan sampo saja untuk merawat rambut, padahal peran kondisioner juga tak kalah penting untuk peratawan rambutmu untuk menjaga tetap sehat, kuat, dan bebas kaku.

Menggunakan kondisioner penting dilakukan untuk menjaga rambut tetap sehat, kuat, dan berkilau. Pakailah kondisioner seperti Dove Conditioner yang menyediakan berbagai varian sesuai jenis rambut.

Selain itu penting diketahui kalau idealnya penggunaan kondisioner dilakukan mulai dari bagian tengah sampai ujung rambut dan hindari pemakaian yang mengenai kulit kepala. Hal ini ditujukan agar rambut tidak lepek setelah memakai kondisioner. Untuk mengetahui jenis Dove Conditioner yang tepat untukmu langsung saja kunjungi website-nya di sini. Di website tersebut pengunjung bisa melihat berbagai varian produk Dove Conditioner sehingga bisa menentukan kondisioner yang tepat untuknya.

7 Masker Alami untuk Rambut Bermasalah yang Bahannya Tinggal Ambil di Kulkas