Penampilan yang cantik tidak hanya dilihat dari riasan wajah saja, tetapi juga rambut. Rambut yang sehat, kuat, dan berkilau adalah dambaan banyak perempuan. Banyak faktor yang memengaruhi kondisi rambut, seperti makanan yang dikonsumsi, produk yang digunakan, dan perawatan-perawatan rambut yang dijalani. Tapi jangan khawatir, pada artikel ini kamu bisa mendapatkan tips untuk memiliki rambut yang halus dan berkilau lho. Disimak ya!

5 Cara Cepat dan Mudah Dapatkan Rambut Halus Berkilau

Ada kecenderungan untuk menggosok rambut terlalu kencang ketika keramas. Tidak hanya itu, tanpa sadar pada saat keramas, rambut disatukan dan ditumpuk di atas puncak kepala untuk memastikan agar setiap helai rambut tercuci dengan bersih. Sayangnya teknik ini membuat, rambut menjadi kusut dan tidak beraturan serta membuat ujung-ujung rambut menjadi kering, terlebih bagi pemilik rambut keriting. 

Jangan sampai juga melukai kulit kepala akibat terlalu kencang ketika menggosok kulit kepala. Pada rambut lurus alami, perpindahan minyak dari kulit kepala dari akar ke ujung bisa berjalan dengan cepat dengan karena adanya gaya gravitasi yang menariknya ke bawah.

 Sedangkan pada rambut keriting, perjalanannya lebih panjang karena harus melewati bentuk rambut yang melingkar sehingga waktu yang dibutuhkan juga lebih lama. Dengan kata lain, bagi pemilik rambut keriting berarti tidak perlu keramas terlalu sering agar rambut tidak kehilangan minyaknya dan tetap bisa terlihat berkilau

5 Cara Cepat dan Mudah Dapatkan Rambut Halus Berkilau

Gerakan menggosokan handuk pada rambut secara bolak-balik akan membuat rambut menjadi kusut. Tidak hanya itu, gesekan antara rambut dengan handuk ketika mengeringkan rambut, dapat membuat kutikula terangkat. Padahal kutikula berperan dalam membuat rambut menjadi halus dan lembut. 

Semakin kuat kutikula, akan membuat rambut semakin berkilau. Untuk itu, coba ganti handukmu dengan baju kaus ketika mengeringkan rambut. Ubah kebiasaan membungkus rambut dengan handuk menjadi memeras rambut dengan kaus hingga ke ujung.

5 Cara Cepat dan Mudah Dapatkan Rambut Halus Berkilau

Bahan sarung bantal yang terbuat dari katun menjadi salah satu penyebab rambut kusut di pagi hari. Sedangkan sarung bantal yang lembut juga akan membuat rambut menjadi lembut dan mudah diatur. Jika kamu masih menggunakan sarung bantal berbahan katun, coba ganti sarung bantalmu dengan yang berbahan dasar sutra dan rasakan sendiri perbedaannya.

5 Cara Cepat dan Mudah Dapatkan Rambut Halus Berkilau

Untuk mendapatkan rambut yang lembut dan berkilau, perlu adanya keseimbangan antara perawatan dari luar dengan makanan yang dikonsumsi. Akan sulit rasanya jika menginginkan rambut yang sehat dan berkilau namun ternyata tubuh sendiri kekurangan minyak untuk membuat rambut terlihat berkilau. 

Mengonsumsi lemak sehat seperti kacang, alpukat, dan salmon dapat menjaga kestabilan kadar lipid untuk menghasilkan minyak alami. Sebagai tambahan, bisa juga mengonsumsi suplemen yang mengandung Omega-3. Jangan lupa juga untuk menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup setiap hari.

5 Cara Cepat dan Mudah Dapatkan Rambut Halus Berkilau

Dalam memilih produk untuk perawatan rambut, perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Carilah yang mengandung hydrolyzed  keratin yang merupakan protein struktural yang diperlukan untuk memulihkan kekuatan pada rambut yang rusak dan dipercaya dapat membuat rambut lembut dan berkilau.‚Äč

Semoga dengan tips ini kamu bisa mendapatkan rambut berkilau impianmu, yah. Selamat mencoba!

 

Penulis: Filza Intan Mariezka