Ada banyak metode pelurusan rambut permanen, salah satunya smoothing. Metode pelurusan rambut ini menggunakan bahan kimia untuk membuat tampilan rambut yang semula berombak atau keriting menjadi lebih lurus. Dengan melakukan smoothing, kita nggak perlu lagi repot menggunakan alat catok untuk meluruskan rambut. Pasalnya, rambut smoothing akan senantiasa terlihat lurus setiap saat.

Mengingat smoothing adalah metode styling rambut yang menggunakan bahan kimia, maka pelaku smoothing harus rajin memberikan perawatan intensif pada rambut agar terhindar dari kerusakan. Perawatan yang tepat juga membantu untuk menjaga kelurusan rambut.

Bagi kamu yang baru saja meluruskan rambut dengan metode smoothing, simak sejumlah tips perawatan rambut berikut ini supaya rambutmu nggak kering dan rusak.

1. Hindari keramas dan jaga rambut agar tidak terkena air

7 Tips Merawat Rambut Setelah Smoothing Agar Tidak Rusak goodto.com

Setelah melakukan smoothing, kamu wajib menjaga rambutmu agar tetap kering setidaknya 3 hari. Artinya, kamu juga nggak boleh keramas selama 3 hari setelah smoothing.

Cara ini dilakukan agar obat smoothing bisa meresap ke dalam rambut. Air atau sampo dapat melunturkan obat smoothing sehingga proses pelurusan rambut yang sudah dilakukan rentan mengalami kegalalan.

2. Kurangi frekuensi mengikat rambut

7 Tips Merawat Rambut Setelah Smoothing Agar Tidak Rusak allure.com

Mengikat rambut hanya akan meninggalkan bekas pada rambut lurusmu. Nggak lucu kan kalau di rambut lurusmu terdapat bekas cengkeraman ikat rambut yang kamu pakai. Nah, untuk menghindari hal ini sebaiknya kurangi frekuensi mengikat rambut yang sudah di-smoothing.

Apabila terpaksa harus mengikat rambut, gunakan scrunchie yang longgar supaya tidak meninggalkan bekas ikatan rambut.

3. Pakai kondisioner secara teratur

7 Tips Merawat Rambut Setelah Smoothing Agar Tidak Rusak crodapersonalcare.com

Rambut yang sudah terpapar bahan kimia seperti obat smoothing membutuhkan perawatan yang tepat agar terhindar dari kondisi yang kering dan rusak. Mulailah dengan memakai kondisioner setiap habis keramas.

Kondisioner sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan rambut sehingga kondisi rambut pasca smoothing tidak kering dan terasa halus.

4. Rawat rambut dengan vitamin dan serum

7 Tips Merawat Rambut Setelah Smoothing Agar Tidak Rusak timesofindia.indiatimes.com

Kondisioner saja nggak cukup untuk menghindari rambut dari kerusakan akibat smoothing. Gunakan juga beberapa produk perawatan rambut lainnya seperti vitamin dan serum. Kedua produk ini akan memberikan nutrisi yang lebih banyak pada rambut.

Gunakan vitamin dan serum rambut secara teratur sesuai dengan petunjuk pemakaian produk yang kamu pakai. Rambut yang di-smoothing membutuhkan nutrisi yang lebih banyak agar terhindar dari kerusakan.

5. Gunakan sisir bergigi jarang

7 Tips Merawat Rambut Setelah Smoothing Agar Tidak Rusak allure.com

Rambut yang di-smoothing atau di-styling dengan bahan kimia sangat berpotensi menjadi kusut. Jika kamu tetap menyisir rambutmu dengan sisir bergigi rapat, maka rambutmu yang kusut itu bisa mengalami kerontokan.

Solusi agar rambut smoothing tidak kusut dan mengalami kerontokan adalah menggunakan sisir bergigi jarang. Bila perlu pilih sisir berbahan kayu untuk mengurangi tarikan listrik statis yang bisa menyebabkan rambut rontok.

6. Berikan jeda waktu jika ingin menata rambut lagi

7 Tips Merawat Rambut Setelah Smoothing Agar Tidak Rusak thoughtco.com

Pasca melakukan smoothing, kamu wajib memberikan jeda waktu jika ingin melakukan styling lagi – entah itu mewarnai rambut atau mengubah rambut menjadi keriting. Berikan jeda setidaknya sebulan sebelum kamu melakukan styling rambut dengan bahan kimia lagi.

Frekuensi styling rambut yang terlalu sering bisa merusak kesehatan rambut. Alih-alih memiliki rambut yang indah, rambutmu bisa menjadi kering dan kusam jika di-styling dengan bahan kimia terus menerus.

7. Hindari penggunaan hot styling tools

7 Tips Merawat Rambut Setelah Smoothing Agar Tidak Rusak timesofindia.indiatimes.com

Rambut yang sudah di-smoothing seharusnya nggak perlu lagi ditata dengan alat catok atau jenis hot styling tools lainnya. Hindari penataan rambut menggunakan alat styling yang menghasilkan suhu panas agar kondisi rambut nggak semakin kering.

Kalau terpaksa menata rambut dengan hot styling tools, jangan lupa gunakan produk heat protector pada rambut untuk mengurangi risiko kerusakan rambut akibat paparan suhu panas.

Baca Juga: Sama-sama Bikin Rambut Lurus, Ini Perbedaan Smoothing & Rebonding

Baca Juga: Baru Coba Smoothing? Lakukan 5 Cara Ini Agar Rambut Tetap Terawat

Baca Juga: 7 Cara Merawat Rambut Smoothing yang Tepat dan Mudah