Ini Alasan Mengapa Rambut Mudah Lepek 

Akibat cuaca panas hingga stres berlebihan

Ini Alasan Mengapa Rambut Mudah Lepek 

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Rambut lepek tak hanya bisa mengganggu penampilan, tetapi juga membuat kamu tidak nyaman dalam menjalani aktivitas. Pasalnya, rambut lepek ini berpotensi menimbulkan ketombe sehingga seringkali membuat pemiliknya ingin terus menggaruk rambutnya lantaran terasa gatal.

Namun, kamu tidak perlu khawatir sebab rambut lepek bisa dicegah dengan mudah salah satunya adalah dengan keramas dua kali dalam seminggu dan hindari melakukan aktivitas yang berpotensi mengeluarkan keringat berlebih. Di samping itu, kamu juga perlu tahu tentang alasan rambut mudah lepek agar bisa menghindarinya di kemudian hari.

1. Kerap berada di cuaca panas

Ini Alasan Mengapa Rambut Mudah Lepek 

Seperti yang kamu ketahui bahwa cuaca panas menjadi salah faktor yang membuat rambut mudah lepek. Pasalnya, ketika cuaca panas kulit kepala lebih mudah berkeringat. Di samping itu, produksi keringat berlebih juga membuat kotoran dan debu menempel ke kulit kepala.

Hal tersebut tentunya membuat rambut menjadi rentan lepek. Agar tidak semakin parah, saat rambut sudah mulai terasa lepek kamu bisa langsung membersihkannya saat mandi agar tidak mengganggu aktivitas.

2. Kerap melakukan styling rambut

Selain membuat rambut mudah kering lantaran rambut kerap terpapar panas dari alat-alat styling seperti pelurus dan pengeriting rambut, styling rambut juga bisa membuat rambut menjadi mudah lepek.

Hal ini hanya terjadi apabila kamu menggunakan produk styling yang berpotensi membuat rambut menjadi lepek, seperti pomade untuk membuat rambut terlihat lebih rapi misalnya.

3. Tidak keramas dengan benar

Ketika kamu menggunakan shampo atau produk perawatan rambut lainnya secara berlebihan, dan tidak membilasnya dengan benar maka rambut akan terasa gatal. Namun, tahukah kamu hal tersebut juga bisa membuat rambut mudah lepek?

Ya, hal ini bisa terjadi lantaran terdapat residu dari produk perawatan rambut yang lama kelamaan akan membuat rambut menjadi berminyak.

4. Pola makan yang tidak sehat

Bukan hanya faktor eksternal, rambut mudah lepek juga bisa diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat. Apabila kamu kerap mengonsumsi gorengan, maka jangan heran apabila rambutmu mudah lepek.

Semakin banyak kandungan minyak yang kamu konsumsi, semakin banyak minyak yang harus dikeluarkan oleh tubuh dengan berbagai cara, salah satunya melalui kulit kepala.

5. Stres berlebihan

Siapa bilang rambut lepek bisa terjadi hanya karena kamu banyak beraktivitas di bawah matahari serta tidak cocok dengan produk perawatan rambut yang kamu gunakan? Nyatanya, rambut lepek juga bisa disebabkan oleh stres berlebihan.

Ini terjadi lantaran ketika kamu stres berlebih tubuh akan mengeluarkan banyak hormon kortisol dan hal tersebut bisa memicu terjadinya produksi sebum berlebih.

  • Share Artikel

TOPIC

    trending

    Trending

    This week's horoscope

    horoscopes

    ... read more

    See more horoscopes here