Memiliki rambut keriting membuat penampilan menjadi lebih unik dan juga keren. Saat ini, sudah banyak perempuan yang percaya diri memamerkan rambut keriting alami yang dimilikinya. Bahkan, ada beberapa artis yang sengaja membuat rambutnya keriting agar terlihat lebih unik dan menawan.

Memiliki rambut keriting ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Perawatan rambut keriting pun harus dilakukan secara intensif untuk memastikan rambut tetap indah. Nah biar kamu nggak salah, kali ini Popbela akan mengajak kamu untuk mengetahui beberapa kesalahan dalam perawatan rambut keriting yang wajib dihindari. Biar rambut keriting tetap indah, yuk baca artikel ini sampai habis!

1. Intensitas Keramas yang Terlalu Sering

6 Kesalahan Merawat Rambut Keriting yang Wajib Dihindarinaturalcurly.com

Kalau kamu memiliki rambut keriting, intensitas keramas ternyata perlu diminimalisir. Terlalu sering keramas akan membuat rambut lebih kering dan akan membuat rambut keriting rentan pada kerusakan. Walaupun memang keramas adalah salah satu cara membersihkan rambut, lebih baik kamu melakukan keramas 2 kali seminggu saja apabila memiliki rambut keriting.

2. Menggunakan Produk Haircare Setelah Kering

6 Kesalahan Merawat Rambut Keriting yang Wajib Dihindarinaturalcurly.com

Untuk rambut keriting, disarankan untuk mengatur ikal rambut selagi rambut masih dalam keadaan lembap. Kalau kamu mengatur rambut dengan menggunakan produk haircare saat sudah kering ini ternyata dapat membuat kutikula rambut menjadi rusak dan ikal rambutmu malah tidak terdefinisi dengan baik.

3. Tidak Menggunakan Sampo Khusus

6 Kesalahan Merawat Rambut Keriting yang Wajib Dihindari100percentpure.com

Buat pemilik rambut keriting, kamu perlu memperhatikan produk haircare yang kamu gunakan terutama sampo. Salah menggunakan produk akan mengubah tekstur rambut atau membuat rambut lebih mudah rontok untuk pemilik rambut keriting. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk pemilik rambut keriting menggunakan sampo yang khusus untuk merawat rambut keriting ya!

4. Menggosok Rambut dengan Handuk

6 Kesalahan Merawat Rambut Keriting yang Wajib Dihindaricurlsandbeauty.com

Sering mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosokkan rambut dengan handuk? Ini ternyata adalah salah satu kesalahan yang masih sering dilakukan oleh pemilik rambut keriting. Kalau kamu perlu mengeringkan rambut dengan handuk, gunakanlah teknik plopping yaitu dengan cara menggulung rambut serta memerasnya ke satu arah. Ini akan membuat rambut kering dan juga membuatnya lebih mengembang. Teknik plopping ini ternyata dapat mempertahankan bentuk rambut keriting dan mengurangi kusut.

5. Menggunakan Hairdryer Terlalu Sering

6 Kesalahan Merawat Rambut Keriting yang Wajib Dihindarirightpictknow.com

Hairdryer adalah salah satu alat styling yang cukup membantu untuk mengeringkan rambut, tetapi tahukah penggunaan hairdryer untuk rambut keriting cukup membawa masalah? Ternyata penggunaan hairdryer yang terlalu sering pada rambut keriting akan membuatnya kering, mudah kusut dan juga mudah rontok. Oleh karena itu, ada baiknya untuk kamu pemilik rambut keriting mengeringkan rambut dengan teknik plopping atau menggunakan kipas/fan.

6. Salah Pakai Sisir

6 Kesalahan Merawat Rambut Keriting yang Wajib Dihindarithelist.com

FYI, ternyata rambut keriting juga mudah patah oleh karena itu kita wajib banget memperhatikannya. Salah penggunaan sisir juga ternyata dapat berakibat buruk untuk pemilik rambut keriting. Pilihlah sisir dengan gigi yang jarang atau detangling brush. Selain itu, pastikan untuk membuat rambut lebihh lembut setiap habis keramas menggunakan conditioner ya!

Itu tadi deretan kesalahan yang masih umum dilakukan para pemilik rambut keriting dalam merawat rambut. Karena sekarang sudah tahu, yuk mulai hilangkan kebiasaan-kebiasaan di atas biar rambut keritingmu tetap indah.