Kondisioner adalah salah satu produk perawatan rambut yang cukup penting. Manfaat dari hair conditioner sendiri adalah membuat rambut lebih lembut, berkilau dan mudah diatur. Selain untuk penampilan, kondisioner juga membantu untuk mengembalikan kelembapan rambut yang hilang setelah dibersihkan. 

Tapi sayangnya tidak semua orang suka menggunakan kondisioner. Beberapa alasan yang sering disebutkan adalah membuat rambut lebih mudah lengket. Selain itu, kondisioner merupakan salah satu produk yang cukup sulit untuk dibersihkan dengan air sehingga cukup makan waktu. Jadi solusinya apa nih kalau kita ingin punya rambut yang lembut? Tenang Bela, ternyata masih ada beberapa produk perawatan rambut yang bisa menggantikan fungsi kondisioner, lho!

1. Hair Mask

Deretan Produk Pengganti Kondisioner yang Bikin Rambut Jadi Lembutevalectric.com

Cara aplikasi hair mask memang mirip dengan menggunakan conditioner yaitu setelah keramas, tapi hair mask dapat menahan kelembapan rambut lebih lama. Selain itu, hair mask juga perlu didiamkan sekitar 5-10 menit. Produk perawatan rambut yang satu ini dapat membuat rambut lebih lembut di waktu yang cukup lama sehingga bisa hanya digunakan 1 minggu sekali. Selain menghemat waktu penggunaan hair mask juga bikin kamu lebih relaks lho!

2. Hair Oil

Deretan Produk Pengganti Kondisioner yang Bikin Rambut Jadi Lembutinstagram.com/@tumbuhlab

Rambut diaplikasikan minyak? Apa nggak terasa lepek? Tentu tidak dong, Bela! Cara penggunaan hair oil pun ternyata adalah di awal sebelum keramas. Kamu cukup mendiamkan hair oil 5-10 menit di kepala kemudian dibilas dan keramas seperti biasa. Tidak kalah dari performa conditioner, hair oil dapat membuat rambut lebih lembut, halus dan juga mudah diatur. Psst….ada juga beberapa hair oil yang memiliki kandungan untuk menumbuhkan rambut lebih cepat lho!

3. Leave-in-Conditioner

Deretan Produk Pengganti Kondisioner yang Bikin Rambut Jadi Lembutshape.com

Leave-in-conditioner sedikit berbeda cara pemakaiannya yaitu digunakan setelah selesai keramas dengan keadaan rambut setengah kering. Produk perawatan rambut ini juga cukup ampuh untuk membuat rambut lebih mudah diatur seperti menggunakan conditioner biasa. Tetapi untuk aplikasinya harus sedikit-sedikit ya, karena terlalu banyak juga akan membuat rambut lebih lepek.

4. 2-in-1 Shampoo and Conditioner

Deretan Produk Pengganti Kondisioner yang Bikin Rambut Jadi Lembutmedicalnewstoday.com

Nah, ini adalah produk perawatan rambut yang menarik nih! Di dalam sebuah shampoo juga ada kandungan yang melembapkan sehingga kamu bisa skip menggunakan conditioner. Tetapi apabila kamu memiliki kulit kepala yang sensitif produk 2-in-1 shampoo and conditioner mungkin bukan yang tepat untuk kamu, karena bisa membuat  kulit kepala lebih berminyak sehingga rambut terasa lepek walaupun sudah dibersihkan.

5. Hair Serum

Deretan Produk Pengganti Kondisioner yang Bikin Rambut Jadi Lembuthealthline.com

Terakhir ada hair serum yang juga yang bisa memberikan manfaat seperti conditioner. Saat ini sudah cukup banyak hair serum yang dijual bebas. Manfaatnya juga berbagai macam ada yang untuk melembapkan rambut, ada juga yang bisa menumbuhkan rambut bahkan sampai merawat rambut hingga ke akar agar lebih kuat.

Ternyata banyak juga nih produk yang bisa menggantikan posisi kondisioner dalam perawatan rambut. Dari jenis produk yang disebutkan kira-kira yang paling cocok untuk kamu yang mana nih, Bela?

Baca Juga: 7 Kondisioner Terbaik untuk Rambut Kering dan Mengembang

Baca Juga: Biar Rambut Lebih Lembut, Ini Cara Menggunakan Kondisioner yang Benar

Baca Juga: Tunjukkan Keindahan Rambutmu dengan Rekomendasi Kondisioner yang Bagus