Setelah memasuki satu bulan pertama #dirumahaja, treatment apa saja sih yang sudah kamu coba di rumah, Bela? Kalau kamu sedang ingin mewarnai rambutmu, kamu perlu menyimak tips berikut ini. Nggak perlu takut untuk mewarnai sendiri rambutmu di rumah.

Selain mengisi waktu luang, tampilan yang fresh juga bisa menambah semangatmu lho. Nah, supaya warna rambut yang dihasilkan merata dan maksimal, ada beberapa hal yang nggak boleh kamu lewatkan saat mengecat rambut. Simak yuk!

1. Jangan cuci rambutmu dua hari sebelum mengecat rambut

Mau Coba Warnai Rambut Selama #DiRumahAja? Simak Dulu Tipsnya!healthline.com

Hal ini penting dilakukan agar minyak alami pada kulit kepalamu tidak hilang. Minyak pada kulit kepala berfungsi untuk menahan zat kimia dari cat rambut agar kamu terhindar dari iritasi. 

2. Rajin memberi vitamin pada rambut

Mau Coba Warnai Rambut Selama #DiRumahAja? Simak Dulu Tipsnya!http://ryanivithaa.gq

Sebelum memutuskan untuk mengecat rambutmu, kamu harus memastikan sudah memberinya banyak vitamin. Pasalnya, sebagian orang merasa rambutnya jauh lebih kering setelah diwarnai. Untuk mencegah rambut menjadi kering, kamu harus menutrisinya dengan vitamin ya, Bela. 

3. Siapkan alat untuk mengecat rambut

Mau Coba Warnai Rambut Selama #DiRumahAja? Simak Dulu Tipsnya!Freepik

Saat ingin mengecat rambut, sebaiknya kamu juga membeli alat-alat kelengkapan mengecat rambut. Seperti mangkuk, kuas, dan sisir. Alat-alat ini akan membantu proses pengecatan rambutmu jadi lebih mudah. 

4. Sebelum mulai mengecat, bagi rambut menjadi empat

Mau Coba Warnai Rambut Selama #DiRumahAja? Simak Dulu Tipsnya!Freepik

Tips yang satu ini wajib banget kamu terapkan karena membagi rambut akan membuat warna cat merata. Bagilah rambutmu dengan cara dua bagian di depan kuping dan dua bagian di belakang kuping. Kalau kamu langsung mengecat rambutmu tanpa membaginya terlebih dahulu, bisa-bisa warna rambutmu menjadi belang. 

5. Gunakan pelindung untuk bajumu

Mau Coba Warnai Rambut Selama #DiRumahAja? Simak Dulu Tipsnya!Freepik

Saat mengecat rambut, sangat disarankan untuk kamu membuat semacam pelindung untuk bajumu agar tidak terkena cat rambut. Kamu bisa gunakan plastik untuk melindungi bajumu atau gunakanlah baju yang sudah tidak terpakai. 

6. Jangan ragu untuk minta bantuan

Mau Coba Warnai Rambut Selama #DiRumahAja? Simak Dulu Tipsnya!Freepik

Kalau kamu berada di rumah bersama keluargamu, kamu bisa meminta bantuan salah satu anggota keluargamu. Biasanya bagian belakang rambut akan susah diwarnai. Mintalah bantuan untuk mengecat bagian belakang dari rambutmu kalau kamu kesulitan melakukannya sendiri. 

7. Gunakan kondisioner setelah selesai

Mau Coba Warnai Rambut Selama #DiRumahAja? Simak Dulu Tipsnya!Pexels.com/Bennie Lukas Bester

Kamu harus mengaplikasikan kondisioner setelah selesai mewarnai rambutmu. Hal ini berfungsi agar kutikulamu tertutup. Kalau kamu melewatkan tahap ini, kutikulamu akan terbuka sehingga warna yang dihasilkan akan menjadi lebih gelap. 

Baca Juga: Yuk, Cat Rambut Sendiri dengan 5 Produk Ini! 

Baca Juga: 5 Tips Pilih Cat Rambut Sesuaikan Warna Kulitmu, Bela!

Baca Juga: Ini Caranya agar Warna Cat Rambutmu Lebih Tahan Lama