Bela, sadarkah kamu kalau sebagian besar produk pewarna rambut mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan reaksi alergi?

Sebagian besar kasus alergi yang berasal dari paparan pewarna rambut disebabkan oleh bahan yang disebut para phenylenediamine atau PPD. Bahan tersebut adalah bahan kimia yang  bisa juga kita temukan juga dalam tinta tato temporer, tinta printer, dan bensin.

Mengenali gejala alergi cat rambut

Sebelum Diwarnai, Ketahui Dulu Soal Alergi Cat Rambut, Bahaya!Freepik

Pada sebagian orang, gejala alergi bisa langsung muncul sesaat setelah mengaplikasikan cat rambut di kepala. Namun pada sebagian orang lainnya, gejala alergi juga bisa terjadi dalam kurun dua hari setelah pengaplikasian cat lho.  

Tanda-tanda alergi cukup beragam. Mulai dari sensasi menyengat atau terbakar pada kulit kepala, lecet, gatal atau bengkak di kulit kepala, serta ruam merah di berbagai bagian tubuh. Terkadang bengkak dan gatal juga bisa terjadi pada bagian wajah. 

Meski jarang terjadi, reaksi alergi cat rambut juga bisa memicu gejala yang parah. Seperti  kesulitan bernafas,  mual, muntah hingga pingsan. Bila kamu mengalami reaksi alergi tersebut, segera bilas rambut dengan air hangat dan sabun lembut atau sampo ringan.

Cara mengatasi reaksi alergi cat rambut

Sebelum Diwarnai, Ketahui Dulu Soal Alergi Cat Rambut, Bahaya!Redbookmag

Saat reaksi alergi bekerja pada tubuhmu, cobalah lakukan beberapa hal ini. Pertama, pastikan kamu segera membilas kepala dengan air hangat dan gunakan juga sampo. Bila reaksi alergi timbul pada kulit tubuh, seperti gatal-gatal segeralah minum obat pereda alergi. Obat pereda alergi dapat membantu meredakan peradangan dan rasa gatal pada tubuhmu. 

Cara mencegah reaksi alergi

Sebelum Diwarnai, Ketahui Dulu Soal Alergi Cat Rambut, Bahaya!Freepik

Meski sudah pernah menggunakan produk cat rambut dengan merk yang sama, kamu tetap bisa mengalami reaksi alergi. Untuk menghindarinya, selalu lakukan tes produk di bagian yang tidak terlihat pada tubuh seperti belakang telinga atau siku bagian dalam. 

Bila kamu mengalami reaksi alergi pada satu produk cat, segera hentikan pemakaiannya ya Bela. Karena jika dipaksakan, kamu hanya akan membahayakan kesehatanmu. Sebagai alternatif, kamu juga bisa gunakan pewarna rambut yang lebih alami, seperti henna.