Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Melebatkan Bulu Mata, Aman & Nggak Ribet

Bikin mata semakin memikat

Shavira Annisa Putri

Bulu mata yang tebal, panjang, dan lentik akan membuat sorot mata kamu tampak semakin menawan. Jadi nggak heran kalau banyak perempuan yang memutuskan untuk gunakan eyelashes extension. Namun, jika digunakan secara terus menerus, tentu saja akan memicu kerontokan bulu mata dan berujung kebotakan.

Nah, biar nggak eyelashes extension terus, kamu bisa cobain tujuh cara melebatkan bulu mata a la Popbela ini, deh. Selain aman, cara-cara ini juga bisa dilakukan di rumah aja dan cukup terjangkau, lho. Apa aja sih caranya? Simak baik-baik artikel ini, ya! 

1. Selalu pastikan bulu mata dalam keadaan bersih

pillfreesm.life

Siapa sangka sisa maskara atau eyeliner bisa menjadi pemicu terjadinya kerontokan pada bulu mata. Untuk itu, kamu harus pastikan area mata selalu dalam keadaan bersih sebelum beristirahat. Karena area mata cukup sensitif, maka bersihkan dengan perlahan, ya. 

2. Hindari penggunaan produk sembarangan

maed.co

Kini memang banyak sekali produk kecantikan yang ditujukan untuk mata. Namun, salah pakai produk bisa bikin bulu mata kamu cepat rontok atau pun patah. Sebagai solusi, sebelum memilih produk, pastikan terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Jangan lupa untuk cek efek samping dari pengunaan tersebut. 

3. Kompres dengan teh hijau

healthline.com

Selain kaya akan antioksidan, ternyata teh hijau juga bisa melebatkan bulu mata. Yups, teh hijau kaya akan polifenol yang berfungsi untuk menguatkan akar rambut pada bulu mata agar tidak mudah rontok. Cara menggunakannya, seduh teh hijau lalu aplikasikan secara merata pada bulu mata. Diamkan semalaman, lalu bilas pada esok pagi. 

4. Rutin menggunakan daun sirih

economictimes.indiatimes.com

Minim iritasi dan efektif menebalkan rambut, daun sirih masih merupakan bahan alami yang digunakan hingga kini. Selain itu, rutin menggunakan daun sirih akan membuat bulu matamu jadi lebih lentik. Pengunaannya juga cukup mudah, haluskan dua lembar daun sirih dan oleskan pada bagian bulu mata. Diamkan selama 30-45 menit, lalu bilas secara perlahan.

5. Oleskan minyak kemiri di malam hari

inaexport.id

Cara melebatkan bulu mata selanjutnya adalah dengan mengoleskan minyak kemiri. Ya, minyak kemiri mengandung asam linolenic atau asam lemak omega-3 yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Untuk itu kamu bisa oleskan minyak kemiri pada bulu mata sebelum tidur, biarkan semalaman dan bilas keesokan harinya. 

6. Pakai serum bulu mata

hairfolli.com

Kalau menurut kamu pengunaan bahan-bahan alami terlalu merepotkan, berarti cara keenam ini bisa diaplikasikan. Kini, sudah banyak serum bulu mata yang bisa dengan mudah kamu dapatkan. Umumnya, serum bulu mata mengandung bahan-bahan yang menyehatkan bulu mata. Agar hasil maksimal, gunakan setiap hari. 

7. Jaga pola hidup sehat dan seimbang

health.com

Nggak cukup perawatan dari luar saja, agar bulu mata lebat, kamu juga harus menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari mengonsumsi makanan bergizi tinggi, seperti sayuran, buah-buahan, daging merah, atau kacang-kacangan. Vitamin A, B, D, dan E juga berperan aktif menumbuhkan rambut, termasuk bulu mata. 

So, itu dia tujuh cara melebatkan bulu mata yang aman dan simpel. Agar hasil maksimal, gunakan secara rutin dan lihat perubahan bulu mata kamu. Selamat mencoba! 

IDN Media Channels

Latest from Hair