Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Menghilangkan Ketombe Kering yang Mudah dan Alami

Ampuh untuk dicoba

Nafi' Khoiriyah

Masalah ketombe sering dihadapi oleh banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan. Ketombe adalah munculnya serpihan putih pada kulit kepala yang terasa gatal dan membuat tidak nyaman. 

Ada berbagai penyebab munculnya ketombe, di antaranya adalah adanya jamur, iritasi pada kulit kepala, atau kondisi kulit tertentu seperti psoriasis dan eksim. Jika kamu mengalaminya, ada 10 cara menghilangkan ketombe kering yang bisa kamu lakukan berikut ini. 

1. Gunakan sampo khusus ketombe kering

pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Cara pertama yang segera bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan sampo khusus ketombe kering. Ada beberapa sampo yang mengandung bahan-bahan yang efektif melawan jamur penyebab ketombe. 

Biasanya, sampo tersebut mengandung bahan seperti zinc pyrithione, ketoconazole, dan selenium sulfide yang mencegah ketombe di kulit kepala. Hal itu akan mengurangi peradangan, gatal, dan jumlah jamur yang sering menyebabkan ketombe. 

2. Gunakan kondisioner

pexels.com/Polina Tankilevitch

Kondisioner juga bisa menjadi cara menghilangkan ketombe kering yang lainnya. Sebab, salah satu penyebab munculnya ketombe adalah karena kurang terjaganya kelembapan rambut. 

Kondisioner akan menenangkan kulit kepala sensitif dan membuat rambut tidak kusut. Biasanya, kondisioner dilengkapi dengan salicylic acid yang aman digunakan untuk kulit kepala. 

3. Tambahkan serum yang menghidrasi

Unsplash.com/Tim Mossholder

Menghidrasi rambut dengan serum bukan hanya membersihkan rambut dari ketombe kering. Namun, serum itu juga bisa mencegah munculnya ketombe lagi, menghidrasi, dan membuat rambut kembali berkilau. 

Serum yang mengandung salisilat juga membantu eksfoliasi dan mengurangi kerak pada kulit kepala. Kulit kepala yang bersisik pun akan terkelupas dan menjadi bersih kembali. 

4. Jangan gunakan air yang terlalu panas

Pixabay.com/Social Butterfly

Beberapa orang suka mandi dan keramas dengan air panas. Namun, suhu yang terlalu panas itu bisa menyebabkan kulit kepala kering dan iritasi.

Maka, cara menghilangkan ketombe kering lainnya adalah dengan menghindari suhu air yang terlalu panas. Sebaiknya, gunakan air hangat atau justru air yang dingin saja agar kelembapan kulit kepala tetap terjaga. 

5. Hindari menggaruk kulit kepala

Pexels.com/Claudia Barbosa

Ketombe kering sering mengakibatkan rasa gatal. Hal itu akan membuatmu ingin menggaruk kepala.

Sayangnya menggaruk kepala hanya akan memperparah peradangan dan iritasi pada kepala. Jika kulit kepala terasa gatal dan tidak nyaman, hindari menggaruk kepala karena bisa menyebabkan luka. 

6. Hindari produk styling rambut berlebihan

freepik.com/volodymyr-t

Aneka produk styling rambut seperti gel, hairspray, atau wax jika digunakan secara berlebihan bisa menyumbat pori-pori kulit kepala. Hal itu juga akan memunculkan ketombe kering jika digunakan berlebihan.

Nah, cara menghilangkan ketombe kering adalah dengan menggunakan produk styling secukupnya dan dengan frekuensi yang tidak terlalu sering. Pastikan juga membersihkan rambut dengan baik setelah menggunakannya. 

7. Jangan terlalu sering keramas

freepik.com/gpointstudio

Kalau kamu ingin mencegah ketombe, sebaiknya justru jangan terlalu sering keramas. Sebab, keramas terutama menggunakan air yang terlalu panas dan menggunakan bahan yang keras bisa mengganggu pelindung di kulit kepala. Kamu bisa keramas dua hari sekali agar tidak membuat kulit kepala kering. 

8. Terapkan oil treatment

freepik.com/freepik

Kuli kepala yang kering perlu diatasi sama dengan kulit yang kering pada umumnya. Tujuannya adalah untuk mengisi kembali kelembapan, salah satunya dengan oil treatment. 

Oil treatment yang digunakan pada kulit kepala akan menutrisi tanpa bilas sehingga menambah hidrasi pada kulit. Kandungan oil treatment juga akan menenangkan kulit dan mencegah risiko infeksi. 

9. Kendalikan stres

pexels.com/andrea-piacquadio

Stres bukan hanya berpengaruh pada kesehatan fisik saja, tapi juga memengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala. Cara menghilangkan ketombe kering bisa dengan berbagai cara mengurangi stres, seperti meditasi, yoga, ataupun hobi yang lainnya. Stres juga bisa memperburuk gejala seperti kekeringan dan gatal. 

10. Konsumsi makanan sehat

freepik.com/pokpak05

Membatasi konsumsi makanan tertentu juga bisa membantu meredakan peradangan. Beberapa makanan yang bisa dibatasi seperti roti putih, daging merah, processed food, gorengan, hingga makanan dan minuman yang manis. 

Cara menghilangkan ketombe kering di atas bisa kamu lakukan satu persatu secara rutin sehingga masalah segera teratasi. Jika tidak juga mengalami perkembangan, kamu bisa berkonsultasi ke ahlinya, ya!

IDN Media Channels

Latest from Hair