Tubuh kita unik dan kita tahu itu. Sayangnya, kebanyakan dari kita tidak terlalu penasaran akan hal tersebut karena dirasa tidak penting. Sebagai contoh saja, kamu tahu nggak kenapa kamu memiliki alis? Mengapa alis itu penting bagi kita?

Yes, kebanyakan hal yang sering tidak kita pertanyakan berhubungan dengan rambut di tubuh kita. Tanpa banyak pertimbangan, entah itu baik atau buruk, kita sering mencukurnya tanpa memikirkan akibatnya. Berikut ini adalah daftar rambut-rambut tersebut beserta penjelasan fungsi sesungguhnya.

1. Rambut ketiak

Tidak ada yang mengetahui secara pasti apa tujuan rambut di tubuh bagian ini. Para ahli berteori bahwa rambut ketiak muncul sebagai pengurang gesekan kulit ketiak. Pergesekan kulit dinilai dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Selain itu, rambut ketiak juga dikatakan bertujuan untuk melindungi bagian tubuh kita yang memiliki arteri vital sekaligus memberikan sensasi seksual yang berbeda. Dalam kasus ini, sebagai penyebar feromon.

2. Alis mata

Kamu pasti tidak menyangka jika rambut bagian tersebut sangat penting. Para ahli mengatakan ada dua tujuan hadirnya alis mata di kehidupan kita, yaitu untuk menjaga kelembapan mata kita, sekaligus alat berkomunikasi.

Alis mata menjaga agar keringat tidak sampai turun ke mata dan mengganggu penglihatan. Selain itu, ia juga dapat mengurangi cahaya yang akan masuk ke pupil. Untuk komunikasi, alis mata dapat memperjelas bahasa tubuh kita. Sebagai contoh satu alis mata yang mengangkat bisa mengindikasikan skeptis.

Jangan Asal Cukur, 7 Bagian Tubuh Berambut Ini Punya Fungsi Penting!refinery29.com

3. Rambut kemaluan

Banyak orang yang merasa risih akan hal ini, namun sangat disarankan untuk tidak mencukurnya. Itu karena rambut kemaluan berfungsi untuk melindungi kamu sendiri saat melakukan hubungan seks ataupun saat buang air.

Karena rambut kemaluan lah kamu tidak mengalami iritasi akibat kehadiran bakteri dan patogen lainnya. Akan berbeda ceritanya ketika kamu tidak memiliki hal tersebut.

4. Bulu di jari kaki

Ketimbang yang lain, mungkin rambut di jari kaki adalah yang paling tak kamu sadari kehadirannya. Hampir selalu tertutup oleh sepatu, ternyata rambut di jari kaki bisa jadi penanda kemiripan genmu dengan orang tuamu.

Kalau orangtuamu memiliki rambut di jari kakinya, harusnya kamu juga memiliki kesempatan 50 persen untuk juga mendapatkannya. Perlu diketahui juga, kehadiran bulu di jari kaki juga bisa menjadi penanda kesehatanmu.

Jangan Asal Cukur, 7 Bagian Tubuh Berambut Ini Punya Fungsi Penting!redbrick.com

5. Bulu hidung

Sering pula orang merasa risih akan kehadiran bulu hidung yang lebat, namun sebenarnya rambut tersebut memiliki fungsi sebagai penyaring udara. Udara yang kita hirup itu tidak sepenuhnya bersih.

Banyak debu dan pasir yang terbawa saat kita menghirup udara. Dengan kehadiran bulu hidung, kotoran-kotoran tersebut disaring sedemikian rupa, hingga udara yang masuk ke dalam paru-parumu hanya udara yang bersih.

6. Rambut kaki dan lengan

Layaknya rambut di dada, rambut di bagian ini bertujuan untuk mengatur suhu tubuh kita. Hal ini sangat berguna kala di zaman purba yang saat itu belum mengenal adanya pakaian. Namun seiring berjalannya waktu, dengan kehadiran pakaian, fungsi bulu tersebut tergantikan. Untuk sekarang, rambut kaki dan lengan menjadi simbol kedewasaan.

Jangan Asal Cukur, 7 Bagian Tubuh Berambut Ini Punya Fungsi Penting!bustle.com

Itulah rambut di tubuhmu yang sering tak disadari fungsinya. Setelah kamu tahu ini, sebaiknya jangan asal cukur deh. Pertimbangkan lagi apakah mencukurnya memiliki dampak positif bagi kesehatanmu atau tidak.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Jangan Asal Cukur, 7 Bagian Tubuh Berambut Ini Punya Fungsi Penting!"