Ada sesuatu yang begitu istimewa tentang ikatan yang kamu miliki dengan sahabat. Dalam banyak hal, mereka mengenalmu lebih baik daripada orang lain. Secara leluasa, kamu juga dapat bercerita mengenai apa pun dan jadi diri sendiri ketika bersamanya. Baik saat kamu mengalami patah hati, berjuang dengan karier, atau sekadar berbagi kesenangan yang sehari-hari kamu dapat. 

Tetapi, kedekatan tersebut, khususnya bagi kamu yang bersahabat dengan lawan jenis, terkadang dapat memunculkan garis cinta yang secara tidak sadar kamu atau si dia buat seorang diri. Kamu pun mengalami kesulitan dalam mengenali tanda-tanda halus yang demikian.

Lantas, bagaimana kamu bisa tahu jika perasaan sahabatmu berubah dan berkembang menjadi cinta? Nggak perlu bingung atau justru menarik diri karenanya. Popbela telah merangkum beberapa tanda yang mudah untuk kamu kenali dari seorang sahabat yang menyimpan perasaan tertentu kepadamu. Simak selengkapnya, ya.

1. Si dia selalu ada untukmu

Selalu Ada dan Perhatian, Ini 7 Tanda Sahabat Punya 'Rasa' Padamuhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Keinginan untuk selalu dekat dengan seseorang yang begitu kamu sukai adalah hal yang wajar, kok. Bahkan, hal ini juga berlaku dalam hubungan persahabatan yang perlahan berubah karena campur tangan cinta. Amati dan perhatikan perilaku si dia, deh.

Apakah sahabat kamu selalu siap di kala kamu membutuhkannya? Apakah si dia bahkan bersedia membatalkan janji temunya bersama orang lain hanya untukmu? Jika kamu tahu jawabannya selalu iya, maka ada peluang bahwa ia ingin lebih dari seorang teman, Bela.

2. Menyebut kata "friendzone" sebagai kode halus

Selalu Ada dan Perhatian, Ini 7 Tanda Sahabat Punya 'Rasa' Padamuhttps://www.pexels.com/@madbyte

Mendorong garis batas persahabatan ketika cinta telah datang memang nggak mudah. Biasanya, seseorang akan menggunakan sinyal atau kode tertentu untuk mengungkapkan perasaannya. Sekali lagi, lakukan pengamatan terhadap sahabat terdekatmu, ya. 

Jika ia tampak canggung ketika menyebutmu sebagai seorang teman. Maka, besar kemungkinannya si dia berusaha memberimu petunjuk mengenai perasaannya yang sesungguhnya loh. So, tingkatkan kepekaanmu dari sekarang, deh.

3. Muncul bibit kecemburuan dalam diri si dia

Selalu Ada dan Perhatian, Ini 7 Tanda Sahabat Punya 'Rasa' PadamuPexels.com/Polina Zimmerman

Berbagi cerita tentang orang yang kamu sukai kepada sahabat adalah taraf persahabatan yang sebenarnya masuk dalam kategori standar. Semua orang melakukannya nggak terkecuali kamu, bukan? Tetapi, akan lain jadinya ketika si dia menunjukkan sikap nggak nyaman setiap kali kamu membicarakan ketertarikanmu pada orang lain. Kecemburuan merupakan tanda yang lebih kuat bahwa ia memang menyimpan perasaan terhadapmu.

4. Si dia memberimu banyak pujian

Selalu Ada dan Perhatian, Ini 7 Tanda Sahabat Punya 'Rasa' PadamuUnsplash.com/Etienne Boulanger

Saling memberi pujian dan kritik yang membangun bagi satu sama lain bukan hal yang aneh kok, dalam persahabatan. Namun, ketika cerita cintamu dengan orang lain nggak mendapatkan perhatian darinya. Tampaknya ini adalah salah satu pertanda kuat yang harusnya membuatmu lebih berpikir tentang persahabatan kamu dengan si dia.

5. Perlahan namun pasti, ia berusaha lebih kenal dekat dengan orang sekitarmu

Selalu Ada dan Perhatian, Ini 7 Tanda Sahabat Punya 'Rasa' Padamuhttps://www.pexels.com/@ketut-subiyanto

Jika sahabat kamu melancarkan upaya untuk lebih dekat dengan teman dan keluargamu yang lain. Ini bisa saja menunjukkan keinginannya untuk mendapatkan persetujuan dari orang-orang terdekatmu atas perasaannya/

6. They flirt with you, of course!

Selalu Ada dan Perhatian, Ini 7 Tanda Sahabat Punya 'Rasa' Padamuhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Memperhatikan bagaimana dinamika persahabatan kamu dan si dia berlangsung sesekali ternyata sangatlah penting, lho. Biasanya, kamu akan lebih mudah untuk mengetahui sesuatu yang nggak biasa dari hal tersebut. Apalagi, ketika ia menyimpan perasaan terhadapmu! Semua akan terlihat jelas di matamu, kok. Asal, nggak ada lagi tindakan penyangkalan yang kamu lakukan ketika melihat tanda bukti dari si dia.

7. Kencan yang berkedok hangout

Selalu Ada dan Perhatian, Ini 7 Tanda Sahabat Punya 'Rasa' Padamuhttps://www.pexels.com/@elletakesphotos

Ber-hangout ria dengan suasana kencan, bisa saja secara nggak sadar telah kamu lakukan dengannya. Mungkin, itu termasuk salah satu upaya untuk mengubah hubunganmu perlahan menjadi sesuatu yang romantis. Meski kecanggungan kerap kali datang meghampiri, usaha yang ia lakukan memang nggak pernah surut, ya? Pikirkan kembali, deh, apa yang akan kamu lakukan setelah tahu bukti-bukti yang kian jelas ini. 

Jika kamu sudah mengenali tanda-tandanya, sekarang tinggal ambil keputusan. Tetap berada di zona teman atau mau lebih, nih?

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Keluar dari Friendzone dan Buat Dia Jadi Milik Kamu

Baca Juga: 5 Cara Menolak Teman yang Menyukaimu a la Song Hwa 'Hospital Playlist'

Baca Juga: Waspada Jika Pacar Tak Punya Teman Laki-laki, Ini 5 Alasannya!