Setiap orang punya cerita yang berkesan dalam hidup. Cerita itu nggak selalu indah untuk dikenang, tapi juga cerita yang penuh duka. Mungkin saat kita mengingatnya, sulit bagi kita untuk menahan emosi dan tangis. Tapi ketika cerita itu didengar oleh yang lain, ternyata kesedihan yang kita alami bisa menjadi pelajaran bagi orang lain.

Sebelum memulai sesi pemotretan POP Creator April, Yura Yunita bercerita tentang pengalaman pahit dalam hidupnya. Sama sekali nggak ada yang menyangka jika perempuan yang selalu tampil ceria ini sempat menyimpan kesedihan yang begitu dalam. But this too shall pass. Begini curahan hati Yura kepada Popbela tentang pengalaman hidupnya dan perjalanannya menemukan kebahagiaan.

1. Lagu Harus Bahagia ini liriknya 'kan tentang move on, inspirasinya dari mana/siapa?

"Inspirasinya dari diri aku sendiri sebenarnya. Aku sebenarnya sangat berterima kasih dengan kejadian yang aku alami di lagu Intuisi. Kalau nggak ada lagu Intuisi maka nggak akan terlahir lagu Harus Bahagia ini. Lagu ini aku ciptakan bareng Mas Yovie Widianto. Waktu itu Mas Yovie ngajakin aku ke studio untuk bikin lagu bareng. Tapi saat kita di studio, kita nggak bikin lagu. Kita curhat, sharing tentang pengalamanku dan Mas Yovie dengerin. Mas Yovie juga cerita dulu pengalaman masa mudanya seperti apa dan kita ketawa-ketawa.

Aku juga perdengarkan Mas Yovie tentang lagu-lagu yang sudah aku ciptakan untuk album ke-2 dan salah satunya adalah lagu Intuisi. Saat itu kita memang lagi ketawa-ketawa. Tiba-tiba setelah dengerin lagu itu, Mas Yovie nanya, ‘Yura, kamu kenapa?’ Aku bilang, ‘Kenapa, Mas? Aku nggak kenapa-kenapa’, karena menurut Mas Yovie aku orangnya ceria banget. ‘Kamu setiap hari kelihatan ceria tapi kalau bikin lagu bisa dalem dan sesedih begini’. Kata Mas Yovie, ‘Kamu pintar banget membawa kebahagiaan sampai sehari-hari nggak kelihatan kalau kamu sedih.’ Menurutku, sejujurnya saat kita menulis lagu, akan paling benar-benar terinspirasi kalau kita lagi sedih banget atau senang banget. Waktu itu Mas Yovie bilang kalau aku nggak boleh sedih, harus bahagia, dan aku bilang aku bahagia. Saat kita ketawa-ketawa itu, disitulah tercipta lagu Harus Bahagia. Bikinnya paling 2 menitan tapi curhatnya 7 jam."

Sudah Bahagia, Begini Cara Move On Ampuh a la Yura Yunita

2. Kalau boleh sharing, ada nggak pengalaman cinta Yura yang kurang bahagia/menyenangkan tapi justru dapat banyak pelajaran berharga dari itu?

"Pengalaman yang kurang membahagiakan mungkin yang ada di lagu Intuisi itu, ya. Memorable, banyak sekali perasaan sakitnya, bikin lagunya sakit, bikin video klipnya berdarah-darah dan nggak berhenti menangis. Sampai mau rekamannya pun aku pakai hipnoterapi dulu karena se-dalam dan se-emosional itu. Aku hipnoterapi untuk bisa memaafkan dia karena setiap aku nyanyi aku nangis. Kalau nangis terus ‘kan nyanyinya jadi nggak bener, ya? Ada kemarahan dan ada kesedihan, makanya aku hipnoterapi dulu di siang hari, baru  sorenya aku rekaman dan akhirnya lancar. Ada pelajaran baik yang aku dapatkan dari pengalaman tersebut. Dari lagu Intuisi itu aku dapat 2 penghargaan. Itu satu-satunya lagu yang aku rekam pakai hipnoterapi dulu."

3. Lagu Cinta dan Rahasia sampai sekarang dianggap lagu paling bikin baper buat mereka yang naksir sahabatnya sendiri. Yura punya saran nggak buat mereka yang masih memendam perasaan/terjebak friendzone?

"Keunikan di lagu ini adalah aku nggak pernah sama sekali merasakan gimana rasanya suka sama pacarnya sahabatku atau misal aku naksir seseorang tapi dia lebih milih sahabatku. Cuma aku pernah ada di posisi orang yang disukai. Sebenarnya menurut aku nggak ada saran untuk jangan baper. Saat ada waktu untuk baper, ya baperlah sepuasnya tapi dalam waktu sesingkat-singkatnya. Justru kalau ditahan-tahan malah waktu bapernya makin panjang dan nggak bisa move on. Jangan lama-lama, seminggu cukup. Aku pun begitu kalau lagi sedih, selama seminggu aku bisa sedih terus, puas-puasin nangis, tapi ya cukup di minggu itu aja sambil menulis lagu. Menulis lagu dan menyanyikannya kembali menjadi sebuah terapi untuk aku, apalagi ketika orang menyanyikannya bareng-bareng."

Sudah Bahagia, Begini Cara Move On Ampuh a la Yura Yunita

4. lagu cinta apa (dalam/luar negeri) yang paling sering Yura dengerin?

"Lagu Nina - Someday. Menurutku itu lagu paling jujur yang pernah aku dengerin dan saat dia rekaman lagu itu, benar-benar kayak lagi ngomong aja."

5. Bagi tips dong move on bahagia ala Yura Yunita?

"Dengerin lagu Harus Bahagia karena di situ banyak banget tips biar kamu nggak sedih lagi. Sama harus ubah perasaan kamu jadi dendam positif untuk diri kamu sendiri untuk bisa menggapai semua mimpi-mimpi yang ingin kamu capai sebagai pembuktian nggak hanya untuk diri kamu tapi untuk semua orang yang mungkin pernah memandang kamu sebelah mata."

Sudah Bahagia, Begini Cara Move On Ampuh a la Yura Yunita

BACA JUGA: Hanya di Popbela, Yura Yunita Cerita tentang Gebetan Masa Lalunya