Nama putri sulung ustaz Yusuf Mansur, Wirda Mansur, kembali menjadi sorotan belakangan ini. Sebab, film The Santri yang ia bintangi menuai kecaman publik. Dalam film garapan sutradara Livi Zheng tersebut, para warganet menyinggung akting Wirda dengan lawan mainnya, Gus Azmi, yang terkesan seperti pacaran.  

Ceramah Bahaya Pacaran, Ustaz Yusuf Mansur Disindir Perilaku AnaknyaInstagram.com/wirda_mansur

Selama proses syuting, Wirda memang santer dikabarkan menjalin hubungan spesial dengan Gus Azmi. Pasalnya, perempuan berusia 17 tahun ini kerap membagikan momen kebersamaannya dengan vokalis grup selawat Syubbanul Muslimin tersebut ke Instagram. Kedekatan mereka pun menuai sorotan tajam karena sebelumnya Wirda dan Gus Azmi mengatakan mereka anti pacaran. 

Film The Santri yang mereka bintangi pun kini menuai kecaman. Bahkan, ustaz Yusuf Mansur ikut terseret karena akting Wirda dalam film tersebut. Banyak warganet yang menyindir bahwa ceramah yang sempat disampaikan sang ustaz tentang bahaya pacaran, justru kini bertentangan dengan perilaku putrinya.  

Ceramah Bahaya Pacaran, Ustaz Yusuf Mansur Disindir Perilaku AnaknyaInstagram.com/wirda_mansur

Salah satu warganet kemudian membuat video yang menghubungkan ceramah lawas ustaz Yusuf Mansur soal bahaya pacaran dengan perilaku yang ditunjukkan oleh Wirda. Video yang diunggah oleh akun Instagram @opposite6890 itu menayangkan ceramah ustaz Yusuf Mansur di tahun 2012. Saat itu, pemuka agama tersebut menentang keras soal perilaku anak-anak remaja yang menganggap enteng soal hubungan dengan lawan jenis. Ia juga sangat menentang pacaran, apalagi yang dibumbungi dengan tameng ‘pacaran Islami’.  

“Anak-anak sekarang kelakuannya Masya Allah. Abis contohnya TV sih. Pegangan tangan sudah nggak apa apa, cipika-cipiki sudah nggak apa-apa. Padahal itu bahayanya. Seram. Jangan main-main. Pacaran itu, nggak ada judulnya pacaran. Pacaran Islami itu nggak ada!” ucap ustaz Yusuf Mansur dalam video. 

Dalam cuplikan video tersebut, diselipkan juga momen kebersamaan Wirda dan Gus Azmi yang sempat menghebohkan publik beberapa waktu lalu. Publik menilai bahwa kedekatan dua remaja ini bertentangan dengan image baik-baik dan anti pacaran seperti yang mereka katakan sebelumnya.  

Melihat video yang menyindir dirinya dan Wirda, ustaz Yusuf Mansur pun buka suara. Alih-alih kesal, pendakwah berusia 42 tahun tersebut justru me-repost video tersebut dan membagikan lewat Instagramnya. Nggak hanya itu, ustaz Yusuf Mansur juga memberi pesan untuk Wirda dan para remaja lainnya untuk belajar dari kesalahan, serta tetap semangat untuk memperbaiki diri.  

“Saya berdoa untuk anak saya, Wirda. Dan anak-anak saya yang lain, saudara-saudaranya Wirda, dan anak-anak Indonesia semua. Teruslah belajar. Termasuk dari kesalahan. Banyakin istighfar, banyakin taubat. Dan termasuk belajar dari pengalaman berbuat kesalahan. Berdoa juga sama Allah. Minta bimbingan.

Untuk Wirda dan anak-anak Indonesia, semangat ya. Semangat terus memperbaiki diri dan berkarya. Semoga bila kalian berbuat salah, ayah ibu kalian memberi kalian pelukan dan cinta kasihnya. Memasakkan makanan kesukaan kalian. Dan memberikan ilmu dan doa buat kalian. Salam, Ayah Yusuf. Untuk semua anak Indonesia, yang pernah atau sedang berbuat salah."

Ceramah Bahaya Pacaran, Ustaz Yusuf Mansur Disindir Perilaku AnaknyaInstagram.com/wirda_mansur

Ustaz Yusuf Mansur juga meminta maaf lantaran telah mengeneralisasi anak-anak zaman sekarang yang menganggap enteng hubungan dengan lawan jenis. Ia mengatakan bahwa ceramah tersebut diucapkannya dalam keadaan emosi. 

“Maafin Ayah Yusuf juga yang sudah salah, nyebut ‘Anak-anak zaman sekarang’. Kesannya semua anak, pasti salah. Pasti nggak bener. Ayah juga sudah jadi generalis. Itu tayangan 2012. Dan Ayah memberi nasihatnya dalam keadaan emosi. Dan dulu belum zaman sosmed. Insya Allah semoga sekarang, jauh lebih banyak kebaikannya.” 

Lantas, bagaimana pendapatmu soal film The Santri, Bela?

Baca Juga: Kedekatan Wirda Mansur & Gus Azmi Viral, Ustaz Yusuf Mansur Buka Suara