Keberhasilan film Dilan 1990 yang rilis di tahun 2018 lalu membuat para pemainnya ikut meraih popularitas. Bukan hanya tokoh utamanya saja, melainkan para pemain pendamping, salah satunya ialah Yoriko Angeline. Dara berusia 16 tahun ini ditunjuk untuk memerankan sosok Wati yang merupakan saudara Dilan sekaligus sahabat dari Milea. Kepiawaiannya berakting membuat Yoriko semakin naik daun dan menjadi idola banyak orang. Tentu saja, banyak orang yang menunggu bagaimana aktingnya di film Dilan 1991 yang akan tayang pada 24 Februari 2019 mendatang.

Di awal tahun 2019, Yoriko kembali menguatkan eksistensinya di dunia akting dengan menjadi pemeran utama di film After Met You bersama Ari Irham. Melihat hal ini, Popbela merasa bahwa Yoriko akan semakin naik daun di tahun 2019. Tentu saja ini sangat pas dengan tema #IAMREAL bulan ini yang mengangkat tema tentang "New Kids on the Block" (NKOTB).

Menjadi seorang artis mungkin terlihat mudah, tapi sebenarnya ada sisi lain yang mungkin nggak kita ketahui dari mereka. Mulai dari pembagian waktu antara karier dan pendidikan, hingga kehidupan pribadi yang mulai disorot publik. Seperti itu pula yang dirasakan oleh Yoriko. Lalu seperti apa perjalanan karier yang mewarnai kehidupan seorang Yoriko Angeline? Dan bagaimana caranya ia menghadapi komentar buruk dari para warganet? Simak obrolan lengkapnya dalam artikel spesial #IAMREAL berikut ini.

Karier meroket, namun tak melupakan pendidikan

#IAMREAL: Yoriko Angeline, dari Beasiswa Hingga Jadi Artis TernamaPopbela.com/Raja Siregar

Mengimbangi antara pendidikan dan karier tentu bukanlah hal yang mudah. Jadwal syuting yang padat dan rasa lelah yang kian dirasakan menjadi tantangan tersendiri agar tak ketinggalan pelajaran. Namun, Yoriko justru membuktikan bahwa ia dapat menyelaraskan antara karier dan pendidikan.

Dara kelahiran 23 Agustus 2002 ini bahkan meraih beasiswa penuh dari sekolahnya di Global Sevilla International School sejak ia duduk di bangku kelas 6 SD hingga lulus SMA nanti. Dari beasiswa inilah akhirnya Yoriko hijrah ke Jakarta hingga mendapat tawaran dan berkarier di dunia hiburan.

Jika kebanyakan orang merasa bosan dengan belajar, nggak demikian dengan Yoriko. Artis yang memulai kariernya saat menjadi anggota girlband Teenebelle ini justru termasuk orang yang sangat suka belajar. Agar tak ketinggalan pelajaran, Yoriko memilih untuk bertanya langsung pada gurunya mengenai tugas yang terlewat karena ia harus menjalani syuting. Nggak hanya itu, pemeran Adiba dalam film Hijrah Cinta ini juga meminta sang ibunda untuk memanggil guru les agar ia tetap bisa belajar di rumah. 

“Pendidikan nomor satu jadi menurut aku nggak akan malas sekolah sih dan aku juga suka sekolah. Memang susah sih menjaga tetap dapat beasiswa itu, jadi aku yang memang harus belajarnya lebih giat, nilai harus bagus, dan harus 10 besar,” tutur Yoriko usai sesi pemotretan #IAMREAL.

Sempat dikira cinta lokasi dengan Ari Irham

#IAMREAL: Yoriko Angeline, dari Beasiswa Hingga Jadi Artis TernamaInstagram.com/yorikooangln_

Di awal tahun 2019, Yoriko kembali menorehkan karya di mana dirinya didapuk menjadi pemeran utama dalam film After Met You. Nggak hanya itu, perempuan asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini juga mengisi soundtrack dalam film garapan RA Pictures dan Mega Pilar Pictures tersebut. Film yang mengisahkan tentang kehidupan cinta masa SMA ini mempertemukan Yoriko dengan Ari Irham yang menjadi lawan mainnya.

Menariknya, keberhasilan Yoriko membangun chemistry dengan Ari membuat banyak orang sampai mengira bahwa keduanya terlibat cinta lokasi. Bahkan, beberapa pihak menyebut kalau keduanya sempat menjalin hubungan di masa lalu. Saat Popbela menanyakan kebenaran kabar ini, Yoriko pun membantah dan menyebut jika hal itu hanya rumor belaka.

“Ah kata siapa tuh, biasalah gosip itu. Aku emang kenal sih udah dari lama sama Ari,” ungkap Yoriko. “Kalau bangun chemistry-nya mungkin lebih ke sharing gitu-gitu. Karena aku sama Ari juga umurnya nggak beda jauh. Jadi maksudnya nggak terlalu susah, kita ngobrol juga nyambung banget. Pas syuting itu, pas reading, ada spesial treatment untuk aku sama Ari biar chemistry-nya kebangun,” lanjutnya.

Menyukai laki-laki yang pintar

#IAMREAL: Yoriko Angeline, dari Beasiswa Hingga Jadi Artis TernamaPopbela.com/Raja Siregar

Muda, memesona, dan penuh prestasi. Inilah yang membuat banyak orang mudah jatuh hati pada sosok Yoriko Angeline. Namun, rupanya ia memiliki kriteria sendiri mengenai tipe laki-laki idamannya, lho. Artis yang mengaku masih single ini ternyata suka dengan laki-laki yang pintar dan sopan pada orangtuanya.

“Hmm... yang pintar, baik, setia, terus juga sopan sama orangtua aku. Kalau misalnya bisa main musik juga ya nilai plus, yang penting itu tadi. Satu, pinter dan kalau misalnya ganteng juga ya Alhamdulillah kan bonus,” kata Yoriko sambil tertawa.

#IAMREAL: Yoriko Angeline, dari Beasiswa Hingga Jadi Artis TernamaInstagram.com/yorikooangln_

Menjadi seorang artis tentu membuat kehidupan Yoriko nggak pernah sepi dari sorotan. Bukan hanya mengenai kariernya, tapi juga kehidupan pribadinya. Meski demikian, perempuan berzodiak Virgo ini nggak terlalu memusingkan karena itulah risikonya sebagai seorang figur publik.  

“Menurut aku sih memang risikonya public figure kayak gitu, maksudnya kehidupannya akan disorot dan segala macam. Yang penting nggak sampai berlebihan banget sih aku fine-fine saja sama itu,” ungkapnya. 

Cara Yoriko menghadapi haters dan pelaku body shaming

#IAMREAL: Yoriko Angeline, dari Beasiswa Hingga Jadi Artis TernamaPopbela.com/Raja Siregar

Yoriko termasuk pribadi yang cuek dan nggak mau ambil pusing dengan komentar-komentar dari para warganet. Baginya, selama ia nggak merugikan orang lain, maka dia nggak perlu menanggapi komentar pedas dari orang-orang yang nggak bertanggung jawab. Apalagi, jika itu menyangkut dengan penampilan fisik hingga sampai ke ranah body shaming. Melihat banyaknya orang yang menjadi korban body shaming, Yoriko pun memberi pesan kepada mereka. 

“Setiap orang pasti punya kebaikan dan kecantikannya masing-masing. Apalagi perempuan dan semua perempuan tuh cantik, nggak ada yang jelek. Mereka juga pasti punya bagian dari diri mereka yang memang beneran cantik, baik wajah atau personality atau apa pun pasti ada the part of them yang cantik," ujar Yoriko.

#IAMREAL: Yoriko Angeline, dari Beasiswa Hingga Jadi Artis TernamaInstagram.com/yorikooangln_

"Menurut aku orang-orang yang ngata-ngatain ‘Kamu gendut’ dan segala macam tuh nggak usah didengerin. I mean, orang lihat kamu gendut ya sudah cuma physical appearance saja, kamu nggak bakal tahu orang itu kayak gimana aslinya. Jadi, I feel like you gotta love yourself dan nggak usah dengerin any of them karena you’re beautiful in your own way,” sambungnya.

Pemain film After School Horror 2 ini mengungkapkan para pelaku body shaming sebenarnya adalah orang yang belum mencintai dirinya sendiri. Oleh sebab itu, Yoriko berpesan sebaiknya kita lebih dulu mencintai diri kita sendiri daripada sibuk menilai penampilan fisik orang lainnya. Setuju banget deh dengan Yoriko!

Photo credit: 

Photographer: Raja Siregar

Makeup & Hair: Vany Sagita, Maria Robert, Linda Kusuma Dewi 

Stylist: Erlangga S Negoro

Fashion Editor: Michael Richards

Wardrobe: atasan plaid HATTACO, atasan hitam dan rok H&M

Location: Melv Studio

Baca Juga: #IAMREAL: Masa Lalu Ajarkan Julian Jacob Lebih Mencintai Diri Sendiri