Sudah hampir sebulan warga Indonesia melakukan social distancing atau isolasi mandiri di rumah. Pembatasan aktivitas di luar ruangan ini dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran virus corona yang tengah mewabah saat ini. Rasa bosan sudah pasti dirasakan ketika terlalu lama berada di dalam rumah, terlebih lagi jika kamu adalah sosok yang aktif dan punya banyak kegiatan di luar.

Eits, tapi sebenarnya banyak kegiatan positif yang bisa kamu lakukan selama social distancing ini lho, Bela. Salah satunya ialah dengan melakukan olahraga yoga di rumah. Selain pengobat rasa bosan, kegiatan ini juga memiliki sejumlah manfaat positif bagi tubuh dan pikiranmu, lho.

Seperti yang dibagikan oleh Ayu Utami, seorang Basic Ashtanga Yoga Teacher, dalam live streaming “Road to Beautyfest Asia #DiRumahAja” pada Sabtu (11/4) pagi ini. Dalam kesempatan ini, Ayu mengajak warganet yang ada di rumah untuk melakukan ashtanga yoga bersamanya selama 45 menit.

“Ashtanga yoga adalah semua tatanan gerakan yoga secara fisik. Jadi ini sangat mudah bagi pemula. Mari kita segarkan pikiran, segarkan dulu tubuh kita, strech the whole body and experience beautiful movement from yoga. Semoga bisa bikin lebih fresh hari ini untuk menjalani berbagai kegiatan!" kata Ayu Utami.

Lantas, apa saja sih manfaat yang dapat dirasakan setelah melakukan yoga? Simak, yuk!

1. Melepas stres dan bikin mood happy

Lepas Stres, Ini 5 Manfaat Rutin Melakukan Yoga Selama #DiRumahAjaInstagram.com/ayutami

Hampir semua jenis olahraga dapat membantu seseorang untuk melepas stres, begitu juga dengan yoga. Sebagian studi menunjukkan bahwa yoga bisa mengurangi rasa gelisah, stres, serta memperbaiki mood. Dengan yoga, tingkat stres dapat direduksi sehingga membuat jiwa jadi lebih tenang. Selain itu, yoga juga dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks.

2. Memperlancar peredaran darah

Lepas Stres, Ini 5 Manfaat Rutin Melakukan Yoga Selama #DiRumahAjaInstagram.com/ayutami

Selain melepas stres, yoga juga bisa membuat pernapasan lancar, otot makin lentur, serta sistem peredaran darah pun jadi lebih lancar. Hal ini tertu berdampak positif untuk kesehatan karena metabolisme tubuh jadi lebih baik dan terhindar dari penyakit. Menurut Ayu, yoga dapat memperlancar aliran darah tanpa memberatkan pekerjaan jantung.

3. Sebagai sarana relaksasi

Lepas Stres, Ini 5 Manfaat Rutin Melakukan Yoga Selama #DiRumahAjaInstagram.com/ayutami

Inti gerakan yoga adalah mengatur pernapasan dan kesimbangan tubuh. Saat melakukan yoga, pikiranmu akan lebih rileks dan tenang. Di samping itu, gerakan-gerakan yoga juga mampu meregangkan otot-otot yang kaku. Nah, kedua hal inilah yang akhirnya menjadi sarana untuk merelaksasi tubuh dan pikiran.

4. Lebih bugar dan awet muda

Lepas Stres, Ini 5 Manfaat Rutin Melakukan Yoga Selama #DiRumahAjaInstagram.com/ayutami

Ternyata, ada fakta menarik dari gerakan-gerakan yoga. Perpaduan olah tubuh dan meditasi dapat memengaruhi kondisi sel dalam tubuh, lho. Usia sel jadi lebih panjang dan beberapa sel yang butuh regenerasi jadi berjalan lebih cepat. Alhasil, orang yang rutin melakukan yoga akan lebih bugar dan tampak awet muda.

5. Mengatasi nyeri punggung

Lepas Stres, Ini 5 Manfaat Rutin Melakukan Yoga Selama #DiRumahAjaInstagram.com/ayutami

Bagi kamu yang terlalu lama duduk atau membungkuk karena bekerja di depan laptop, tentu kamu pernah merasakan nyeri pada punggung, bukan? Nah, rutin melakukan yoga membuat otot lebih lentur sehingga dapat mengatasi nyeri atau pegal di bagian punggung. Sebab, rata-rata gerakannya bertumpu pada otot tangan, kaki, perut, dan pungung.

Itu dia manfat yang dapat kamu rasakan jika rutin melakukan yoga. Menurut Ayu, yoga dapat dilakukan seminggu sekali dengan durasi 30 menit sampai 1 jam. Gimana Bela, seru juga kan mengisi waktu kosongmu selama di rumah saja dengan olahraga yoga?

Selain Ayu Utami, akan ada banyak sosok inspiratif lainnya yang akan berbagi cerita secara live di akun Instagram @beautyfest.asia dalam sesi “Road to Beautyfest Asia #DiRumahAja” dari tanggal 10-11 April 2020. Selama live, IDN Media akan membuka sesi charity yang ditujukan untuk membantu pemenuhan kebutuhan APD tim medis melawan wabah COVID-19. Semua donasi akan 100% disumbangkan melalui kitabisa.com/campaign/kitaidnlawancorona.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Inilah 5 Gerakan Yoga untuk Kamu yang Pemula

Baca Juga: Tampil Awet Muda dengan 6 Gerakan Yoga Wajah Ini

Baca Juga: 7 Trik yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Melakukan Yoga Di Rumah