Jodoh adalah misteri Tuhan yang tak diketahui oleh manusia sebelumnya. Beberapa orang ada yang memilih menikah tanpa pacaran. Namun, ada juga yang pacaran lama dulu sebelum memutuskan melangkah ke pelaminan.

Akan tetapi, lamanya masa pacaran tak menjamin seseorang akan berjodoh dengan pasangannya, lho. Hal itu juga dialami oleh beberapa selebriti berikut ini. Sudah pacaran lama, nyatanya hubungan mereka justru kandas. Sedihnya, mereka juga harus melihat sang mantan menikah dengan orang lain. Bak jagain jodoh orang, ini dia 10 pasangan artis yang putus setelah lama pacaran.

1. Lesty Kejora dan Rizki D’Academy (5 tahun)

Jagain Jodoh Orang, 10 Artis Ini Putus Setelah Lama PacaranInstagram.com/lestykejora, da2_rizki123

Pertemuan pertama mereka terjadi saat Rizki mengikuti kompetisi D’Academy Musim 2, sedangkan Lesty sudah lebih dulu menjadi pemenang di D’Academy Musim Pertama. Pasangan muda itu akhirnya resmi berpacaran pada Februari 2015. Sudah mendapat dukungan dari para penggemar, sayangnya mereka dikabarkan putus di awal tahun 2020. Tak lama setelah putus, Rizki memutuskan ta’aruf dan menikahi Nadya Mustika Rahayu pada 17 Juli 2020.

2. Luna Maya dan Reino Barack (5 tahun)

Jagain Jodoh Orang, 10 Artis Ini Putus Setelah Lama PacaranInstagram.com/lunamaya, reinobarack

Kisah cinta Luna Maya dan Reino Barack terbilang cukup dramatis. Keduanya menjalin kasih sejak tahun 2013, tapi putus setelah 5 tahun pacaran. Dalam sebuah wawancara, Luna mengaku hubungannya kandas lantaran tak direstui oleh orangtua Reino. Enam bulan setelah putus, Reino mantap menikahi Syahrini yang tak lain adalah teman dari Luna Maya. Pernikahan Syahrini dan Reino yang digelar secara tertutup pada 27 Februari 2019 itu pun sempat menjadi pemberitaan hangat di media.

3. Laudya Cynthia Bella dan Chicco Jerikho (5 tahun)

Jagain Jodoh Orang, 10 Artis Ini Putus Setelah Lama PacaranInstagram.com/laudyacynthiabella, chicco.jerikho

Laudya Cynthia Bella dan Chicco Jerikho mengalami cinta lokasi usai beradu akting dalam sinetron Cinta Bunga. Kala itu, hubungan mereka menjadi sorotan masyarakat karena keduanya memiliki perbedaan keyakinan. Bella dan Chicco mulai pacaran pada 2009, tapi memutuskan berpisah pada 2014 setelah menjalin hubungan selama lima tahun. Setelah putus, Bella dan Chicco akhirnya menemukan pasangan yang seiman dan menikah. Bella menikah dengan Engku Emran pada 8 September 2017, sedangkan Chicco menikahi Putri Marino pada 3 Maret 2018.

4. Raisa dan Keenan Pearce (5 tahun)

Jagain Jodoh Orang, 10 Artis Ini Putus Setelah Lama PacaranInstagram.com/raisa6690, keenanpearce

Raisa dan Keenan Pearce sempat menjadi pasangan idola warganet, meski nyatanya tak berlabuh ke pelaminan. Keduanya menjalin hubungan asmara selama 5 tahun, tapi diwarnai dengan putus nyambung. Hingga akhirnya, jalinan cinta mereka benar-benar berakhir pada Juli 2016. Setelah putus dari kakak Pevita Pearce itu, Raisa memutuskan melepas lajangnya dengan Hamish Daud pada 3 September 2017.

5. Michella Putri dan Randy Pangalila (6 tahun)

Jagain Jodoh Orang, 10 Artis Ini Putus Setelah Lama PacaranInstagram.com/michellalemieux, randpunk

Randy Pangalila terlibat cinta lokasi dengan lawan mainnya, Michella Putri, dalam sinetron Nada Cinta. Keduanya berpacaran selama 6 tahun, bahkan sudah berencana menikah di Bali. Sayangnya, pada tahun 2017, Michella justru memutuskan untuk mengakhiri jalinan cintanya dengan Randy. Kabar putusnya pasangan seleb ini cukup membuat kaget karena keduanya terlihat mesra dan saling mendukung. Putus dari Michella, Randy akhirnya menikah dengan perempuan asal Kanada, Chelsey Frank, pada 19 Januari 2019.

6. Citra Kirana dan Ali Syakieb (6 tahun)

Jagain Jodoh Orang, 10 Artis Ini Putus Setelah Lama PacaranInstagram.com/citraciki, alisyakieb

Citra Kirana dan Ali Syakieb pertama kali berpacaran di tahun 2013. Sempat putus di tahun 2015, pasangan ini akhirnya balikan lagi. Saat pacaran, Citra dan Ali kerap disebut sebagai pasangan yang serasi dan didoakan agar segera menikah. Ali sendiri memang sudah berniat untuk menikahi Citra pada 2019. Namun, hubungan mereka justru kandas setelah 6 tahun bersama. Tak lama putus, Citra bertemu dengan Rezky Aditya dan menikah pada 1 Desember 2019. Ali juga kini sudah menikah dengan Margin Wieheerm.

7. Agni Pratistha dan Herjunot Ali (7 tahun)

Jagain Jodoh Orang, 10 Artis Ini Putus Setelah Lama PacaranInstagram.com/agnipratistha, herjunotali.studio

Herjunot Ali menambah deretan artis yang pernah merasakan pahitnya 'jagain jodoh orang'. Bintang film 5cm ini sempat lama pacaran dengan Puteri Indonesia 2006, Agni Pratishta. Nggak tanggung-tanggung, Junot dan Agni sempat pacaran selama 7 tahun! Namun sayang, hubungan mereka kandas pada 2012. Setahun kemudian, Agni menikah dengan Ryan Monoarfa pada 17 Juni 2013. Sedangkan Junot hingga kini masih betah melajang setelah sebelumnya sempat pacaran dengan Tatjana Saphira.

8. Rianti Cartwright dan Banyu Biru (7 tahun)

Jagain Jodoh Orang, 10 Artis Ini Putus Setelah Lama PacaranInstagram.com/riantic, banyuuubiru

Mantan CJ MTV ini pernah menjalin asmara dengan Banyu Biru pada tahun 2001, tapi harus berakhir karena perbedaan prinsip. Nggak main-main, hubungan yang telah berlangsung selama 7 tahun tersebut harus kandas. Padahal, Banyu sudah berencana untuk menikahi Rianti pada 8 Agustus 2008. Rianti akhirnya menikah dengan Cassanova Alfonso pada 17 September 2010 di Gereja St. Patrick's Old Cathedral, New York, Amerika Serikat. Bahkan, Rianti rela berpindah agama mengikuti keyakinan sang suami sebelum resmi menikah.

9. Desy Ratnasari dan Irwan Mussry (8 tahun)

Jagain Jodoh Orang, 10 Artis Ini Putus Setelah Lama PacaranInstagram.com/desyratnasariterdepan, irwanmussry

Setelah bercerai dari Sammy Hamzah pada 2003, Desy Ratnasari menjalin kasih dengan Irwan Mussry. Namun, hubungan yang terajut selama 8 tahun itu kandas karena tidak satu visi. Meski demikian, Desy dan Irwan dikabarkan tetap menjalin hubungan baik. Setelah putus dari Desy, Irwan menikah dengan Maia Estianty pada 29 Oktober 2018 di Jepang. Sedangkan, Desy hingga saat ini belum menikah lagi.

10. Christy Soebono dan Dimas Seto (9 tahun)

Jagain Jodoh Orang, 10 Artis Ini Putus Setelah Lama PacaranInstagram.com/christysubono, dimasseto_1

Sebelum menikah dengan Dhini Aminarti, Dimas Seto pernah berpacaran cukup lama dengan Christy Subono. Namun, hubungan mereka terhalang perbedaan agama. Pada akhirnya, Dimas dan Christy memutuskan untuk berpisah setelah pacaran selama 9 tahun. Setelah putus, Dimas menikah dengan Dhini Aminarti pada 12 Desember 2009. Meski ditinggal menikah oleh Dimas, nyatanya Christy tetap datang menghadiri pernikahan sang mantan dan memberikan ucapan selamat.

Baca Juga: Pacaran Lama, 10 Pasangan Artis Ini Akhirnya Bersanding di Pelaminan

Baca Juga: 7 Alasan Pernikahan Justru Nggak Awet Setelah Pacaran Lama

Baca Juga: Pacaran Lama, Randy Pangalila dan 5 Pasangan Artis Ini Harus Putus