Maaf adalah ungkapan permintaan ampun atau penyesalan atas kesalahan yang telah dilakukan. Maaf juga bisa digunakan sebagai permintaan izin untuk melakukan sesuatu. Dalam budaya Korea, seseorang yang mengucapkan maaf biasanya dibarengi dengan membungkukkan badan, menandakan bahwa ia sangat menyesali perbuatannya.

Lantas, bagaimana dengan kata-kata untuk mengucapkan permintaan maaf? Seperti diketahui, bahasa Korea memiliki tingkatan kesopanan yang membedakan penggunaannya. Ketika meminta maaf pada teman sebaya, tentunya akan berbeda dibandingkan saat bicara kepada orangtua yang dihormati. Yuk, cari tahu ucapan maaf dalam bahasa Korea berikut ini!

Yuk, Ketahui 7 Macam Ucapan Maaf dalam Bahasa Korea

미안 (mian) adalah ucapan maaf dalam bentuk yang paling sederhana. Ucapan ini hanya boleh digunakan jika kamu meminta maaf kepada orang yang sudah benar-benar akrab denganmu ataupun orang yang lebih muda.

Yuk, Ketahui 7 Macam Ucapan Maaf dalam Bahasa Korea

미안해 (mianhae) adalah bentuk frasa informal dari “Saya minta maaf” dalam bahasa Korea yang paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bentuk permintaan maaf ini tidak sopan jika diucapkan pada orang yang lebih tua. 미안해 (mianhae) biasanya digunakan saat meminta maaf kepada orang yang lebih muda atau teman yang sudah akrab.

Yuk, Ketahui 7 Macam Ucapan Maaf dalam Bahasa Korea

Meski sama-sama tergolong dalam bahasa informal, tapi meminta maaf dengan 미안해요 (mianhaeyo) akan terdengar lebih sopan karena ada penambahan 요 (yo) di akhir. Gunakan 미안해요 (mianhaeyo) saat kamu meminta maaf kepada orang yang lebih tua, senior, atasan, atau orang yang dihormati.

Yuk, Ketahui 7 Macam Ucapan Maaf dalam Bahasa Korea

Termasuk dalam bahasa formal, 미안합니다 (mianhamnida) adalah ucapan maaf dalam bahasa Korea yang cukup sopan. Penggunaan frasa ini biasanya lebih ditujukan pada teman seumuran dan cenderung kurang akrab.

Yuk, Ketahui 7 Macam Ucapan Maaf dalam Bahasa Korea

Bagi pecinta drama Korea tentunya sudah nggak asing mendengar ucapan maaf yang satu ini. 죄송해요 (joesonghaeyo) adalah salah satu frasa paling umum dan cukup banyak digunakan saat meminta maaf. Meski ada penambahan 요 (yo) yang terkesan jadi lebih sopan, tapi frasa ini masih bisa digunakan untuk percakapan kasual. Biasanya 죄송해요 (joesonghaeyo) digunakan pada rekan kerja.

Yuk, Ketahui 7 Macam Ucapan Maaf dalam Bahasa Korea

Termasuk dalam bahasa formal, 죄송합니다 (joesonghamnida) merupakan ucapan maaf yang sangat sopan. Bahkan, bisa dibilang frasa ini merupakan bentuk kehormatan dalam bahasa Korea. Biasanya frasa ini memang digunakan kepada orang yang dihormati.

Yuk, Ketahui 7 Macam Ucapan Maaf dalam Bahasa Korea

Agak berbeda dari frasa-frasa permintaan maaf sebelumnya, 실례합니다 (sillyehamnida) lebih merujuk pada situasi ketika ingin menyela pembicaraan atau menginterupsi. Frasa ini tepat untuk digunakan saat ingin mengatakan, “maaf, permisi” kepada orang lain.

Itulah 7 ucapan maaf dalam bahasa Korea. Hati-hati jangan sampai salah menggunakan frasa, ya! Apalagi jika ditujukan kepada orang yang kamu hormati, Bela.

Baca Juga: Romantis, Ini 11 Cara untuk Melamar Pasangan dalam Bahasa Korea

Baca Juga: 7 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea, Sudah Tahu?

Baca Juga: Siap-siap Baper, Ini 5 Drama Korea Super Romantis