Sudah berapa lama kamu menjalin kasih dengan pasangan? Setahun atau bahkan sudah bertahun-tahun hingga kamu merasa bahwa dialah belahan jiwamu? Eits, pacaran lama bukan berarti dia adalah pasangan sejati kamu, lho. Bukan berarti pula dia akan setia dengan kamu selamanya. Tak menutup kemungkinan dia akan berselingkuh di belakang kamu.

Diselingkuhi tentu sangat menyakitkan, apalagi jika kamu sudah bertahun-tahun dengannya. Namun, itu bukanlah akhir dari segalanya. Kamu harus bangkit dan berjalan maju ke depan, karena kamu patut bahagia. Berikut lima tips untuk membantu kamu agar dapat bergerak maju setelah diselingkuhi pasangan.

1. Jangan menyalahkan diri sendiri

5 Tips agar Kamu Bergerak Maju Setelah Diselingkuhi Pasanganpexels.com/Francesca Zama

Diselingkuhi oleh orang yang paling kamu percayai tentu menghancurkan harga dirimu. Otak kamu akan dipenuhi oleh pertanyaan-pertanyaan, “Apa yang salah dariku?”, “Memang apa yang perempuan itu miliki dan aku tak punya?”. 

Please, berhenti memikirkan hal tersebut. Kamu memang sedang terluka, tetapi kamu harus sadar bahwa bukan salah kamu jika pasangan berselingkuh. Dia saja yang tidak bisa menjaga hatinya.

2. Lakukan berbagai pertimbangan

5 Tips agar Kamu Bergerak Maju Setelah Diselingkuhi Pasanganunsplash.com/Anthony Tran

Ada solusi berbeda untuk kamu yang masih dalam fase awal hubungan dengan kamu yang sudah berhubungan dalam jangka waktu yang lama. Jika kamu baru saja mulai berpacaran dengan seseorang dan dia telah mengkhianati kamu, tindakan yang paling logis adalah melepaskannya dan jangan pernah melihat ke belakang.

Namun, jika kamu sudah bersama selama beberapa tahun atau bahkan sudah menikah, lalu perselingkuhan ini merupakan perbuatan pertama baginya, kamu bisa mempertimbangkan untuk memaafkannya. Tentunya dengan syarat dia menunjukkan penyesalan yang tulus dan berjanji tidak akan melakukan kesalahan yang sama.

Perlu diingat, pertimbangan ini dipilih jika perselingkuhan tersebut baru pertama kali ia lakukan, ya. Jika sudah lebih dari sekali, sebaiknya kamu pertanyakan ke diri sendiri, deh, masih maukah berhubungan dengan orang yang tidak setia?

3. Lupakan masa lalu yang menyakitkan

5 Tips agar Kamu Bergerak Maju Setelah Diselingkuhi Pasanganunsplash.com/Candice Picard

Kenangan sulit sekali dilupakan, apalagi jika itu merupakan kenangan buruk. Untuk kamu yang sudah pernah mengalami sakitnya diselingkuhi, kemungkinan besar kamu akan sulit melupakan memori menyakitkan tersebut. Jika kamu membiarkan hidupmu dihantui dengan luka masa lalu, maka hidupmu tidak akan pernah bisa maju. Yuk, bangkit kembali dan kubur dalam-dalam kenangan buruk tersebut.

4. Memaafkan agar hati tenang

5 Tips agar Kamu Bergerak Maju Setelah Diselingkuhi Pasanganpexels.com/ Jep Gambardella

Memaafkan bukanlah perkara mudah. Diperlukan hati yang ikhlas untuk bisa memaafkan seseorang apalagi pasangan yang telah menyakiti hatimu. Namun, jika kamu ingin bergerak maju, kamu harus bisa memaafkan dia. Tapi tindakan ini tidak mengabaikan fakta bahwa berselingkuh itu tidak baik, ya. Dengan kamu menunjukkan sifat dewasa memaafkan dia, justru itu membuatnya merasa menyesal karena telah melepaskan dirimu hanya untuk orang lain yang belum tentu lebih baik dari dirimu.

5. Menjadikannya pengalaman berharga, bukan sesuatu yang harus disesali

5 Tips agar Kamu Bergerak Maju Setelah Diselingkuhi Pasanganunsplash.com/Morgan Sessions

Setiap manusia memiliki perjalanan hidup yang berbeda-beda. Jika Tuhan membiarkan kamu melewati masa-masa sulit, bukan berarti Tuhan tak sayang padamu. Bisa jadi Tuhan ingin agar kamu justru semakin kuat. Jadikan pengalaman yang kamu anggap menyakitkan tersebut sebagai pengalaman berharga dan jangan sesali apapun. Dengan begitu, kamu akan percaya diri berjalan maju dan siapa tahu kamu akan menemukan lelaki lain yang lebih baik dari sebelumnya.

Itulah lima tips yang bisa kamu lakukan agar dapat bergerak maju setelah diselingkuhi. So, bangkit dari keterpurukannmu, berjalanlah ke depan, jangan sesali apa pun yang ada di belakang, dan jadilah perempuan yang lebih kuat dari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Mungkin Selingkuh dan Pintar Menyembunyikannya

Baca Juga: Coba Lebih Peka! Ini 5 Tanda Pacarmu Berniat untuk Selingkuh

Baca Juga: Ini 6 Kalimat Pembelaan yang Sering Dilontarkan oleh Peselingkuh