Ketika kamu memasuki usia 30-an, kamu akan mulai menyadari bahwa jumlah teman kamu mulai berkurang, tidak seperti ketika di usia 20-an. Jika sebelumnya kamu sering berkumpul dengan banyak orang dan dari berbagai kelompok pertemanan, namun kini, kamu hanya akan merasa nyaman dengan orang yang itu-itu saja.

Hal ini terjadi karena seiring bertambahnya usia, fokus kehidupan seseorang akan berubah. Apalagi di usia 30-an adalah usia di mana orang-orang sudah mulai berumah tangga, berbeda dengan usia 20-an yang diisi dengan kehidupan kampus dan pekerjaan.

Bila tahun ini kamu memasuki usia kepala 3, ini 8 tipe teman yang paling kamu butuhkan dan harus pertahankan.

1. Satu frekuensi

Memasuki Usia 30? Ini 8 Tipe Teman yang Kamu Butuhkanwww.unsplash.com/Chewy

Sama seperti jodoh, mencari teman atau sahabat pun juga harus yang satu frekuensi, lho. Pasalnya, di usia 30 tahun, kamu tidak lagi butuh teman untuk nongkrong-nongkrong atau bergosip ria, tetapi kamu butuh teman yang enak diajak berbagi pikiran. Kalau kamu dan dia satu frekuensi, maka pembicaraan kalian akan nyambung. Asyik, kan, curhat dengan teman yang seperti itu?

2. Yang paling mengenal dan mengerti kamu

Memasuki Usia 30? Ini 8 Tipe Teman yang Kamu Butuhkanwww.pexels.com/Roberto Nickson

Teman tipe ini memang sulit sekali ditemukan. Namun, biasanya kamu akan menemukannya pada teman yang sudah lama kenal dengan dirimu, bisa teman dari masa kecil atau teman dari masa sekolah. Hubungan pertemanan yang terus berlanjut sampai dewasa, membuat kalian satu sama lain udah saling paham dengan sifat masing-masing. Jadi ngga ada tuh baper-baperan karena masalah sepele.

3. Tidak suka menghakimi

Memasuki Usia 30? Ini 8 Tipe Teman yang Kamu Butuhkanwww.pexels.com/Andrea Piacquadio

Ini merupakan tipe teman yang wajib kamu miliki di usia 30 tahun. Permasalahan hidup kamu sudah lebih kompleks, seperti masalah suami, anak, hingga mertua. Ada kalanya mereka menghakimi kamu karena belum menjadi istri, ibu, dan menantu yang sempurna. Nah, teman yang tidak suka menghakimi dirimu, adalah yang kamu cari. Dengannya, kamu tidak dituntut menjadi teman yang sempurna dan bebas dari penilaian.

4. Bisa saling mendukung

Memasuki Usia 30? Ini 8 Tipe Teman yang Kamu Butuhkanwww.freepik.com/Karlyukav

Dalam hidup, kita membutuhkan dukungan-dukungan dari orang terdekat karena menjalani kehidupan itu tidaklah mudah. Kita akan selalu dihadapkan pada tantangan-tantangan yang tak mudah ke depannya. Untuk itu, teman yang bisa saling mendukung, tetapi tidak takut untuk memberitahu kamu jika salah, adalah tipe teman yang kamu butuhkan di usia 30 tahun.

5. Teman yang selalu ada

Memasuki Usia 30? Ini 8 Tipe Teman yang Kamu Butuhkanwww.pexels.com/Daria Shevtsova

Teman yang telah bersama dengan kamu ketika kamu melalui kesulitan demi kesulitan dan dia tidak pergi, itu adalah tipe teman yang harus kamu pertahankan hingga tua nanti. Tapi, kamu juga harus melakukan hal yang sama ketika dia sedang berada di titik terendahnya. Pertemanan sejati adalah yang bisa saling memberi dan menerima.

6. Teman yang positif

Memasuki Usia 30? Ini 8 Tipe Teman yang Kamu Butuhkanwww.unsplash.com/Priscilla du Preez

Duh, sudah bukan zamannya lagi, deh, kamu bergaul dengan kelompok pertemanan yang negatif. Sebagian dari kamu pasti udah berkeluarga, sudah bukan waktunya lagi senang-senang dengan hal yang negatif. Yuk, cari teman yang positif, yang bisa membawa kamu jadi pribadi yang lebih baik lagi.

7. Bisa menjaga rahasia

Memasuki Usia 30? Ini 8 Tipe Teman yang Kamu Butuhkanwww.freepik.com/lookstudio

Tipe teman yang bisa menjaga rahasia juga penting banget, lho. Siapa si di sini yang nggak punya rahasia? Pasti ada, ya. Kamu pastinya membutuhkan teman yang bisa membuat kamu dengan leluasa nyaman bercerita tanpa takut cerita kamu itu akan disebarluaskan. Ingat, ya, cari teman yang bisa saling menjaga rahasia masing-masing.

8. Selalu berpikir optimis

Memasuki Usia 30? Ini 8 Tipe Teman yang Kamu Butuhkanwww.freepik.com/Marymarkevich

Teman yang optimis adalah orang yang selalu menemukan hal positif dalam situasi apa pun yang kamu alami. Mereka tidak bisa berkata bahwa hidup kamu akan selalu bahagia, tetapi yang akan mereka katakan adalah kamu pasti bisa melewati apa pun tantangan kehidupan. Mereka juga akan selalu ada untuk mengingatkan kamu akan hal itu. Bisa jadi teman kamu tidak sempurna, tetapi sikat optimis mereka bisa menginspirasi kamu untuk menjadi lebih baik dan memiliki padangan hidup yang optimis seperti dirinya.

Itulah 8 tipe teman yang kamu butuhkan di usia 30 tahun. Adakah dari 8 tipe di atas yang masuk dalam lingkungan pertemanan kamu, Bela?

Baca Juga: 6 Karakteristik yang Ada dalam Diri Seorang Teman Sejati

Baca Juga: 10 Bukti Persahabatan Kim Bum & Lee Min Ho di Kehidupan Nyata, Gemas!

Baca Juga: Ini 15 Tweet Kocak yang Gambarkan Persahabatan di Saat Pandemi