Pernah nggak sih ketika kamu jatuh cinta dengan seseorang yang kamu yakini kalau dia juga mencintai kamu, tapi saat kamu menyatakan cinta berulang kali, dia malah terus-menerus menolak kamu? Hal itu mungkin akan membuat kamu menjadi dilema. Bahkan kamu pun bertanya-tanya, “Sebenarnya dia cinta nggak sih sama aku?”

Bukannya dia nggak cinta sama kamu. Dia hanya nggak ingin berpacaran terlalu cepat. Dengan kata lain, dia masih ingin menjalin hubungan pertemanan dengan kamu, sebelum akhirnya dia memutuskan untuk menerima kamu sebagai pacarnya. Nah, jika kamu masih penasaran kenapa dia lebih memilih untuk berteman dulu, berikut telah Popbela rangkum 5 alasannya, seperti yang sudah dilansir dari Elite Daily.

1. Masih trauma

Kenapa Sih Ada Orang yang Nggak Ingin Pacaran Dulu? Simak 5 Alasannyaunsplash.com/Eli Defaria

Jika dirinya memang memiliki pengalaman buruk terkait kisah cintanya di masa lalu, dia akan lebih berhati-hati dalam mengencani seseorang. Lagipula, siapa sih yang ingin disakiti lagi?

2. Takut perasaan sesaat

Kenapa Sih Ada Orang yang Nggak Ingin Pacaran Dulu? Simak 5 Alasannyard.com/iStock-Martin DM

Bagi sebagian orang, mungkin akan senang jika mendengar seseorang menyatakan cintanya dengan cepat. Tapi, beda halnya bagi beberapa orang. Mereka akan merasa kalau seseorang yang menyatakan cinta terlalu cepat, itu karena perasaan sesaat. Sehingga dia takut kalau dirinya menjalin hubungan dengan seseorang yang nggak benar-benar mencintainya.

3. Nggak cinta sama kamu

Kenapa Sih Ada Orang yang Nggak Ingin Pacaran Dulu? Simak 5 Alasannyard.com/iStock-Mixmike

Yang lebih parahnya lagi, sebenarnya dia itu nggak cinta sama kamu. Mungkin dia memang perhatian dan peduli sama kamu, tapi kamu perlu peka. Apakah dia juga perhatian kepada semua orang atau hanya pada kamu saja? Bagaimanapun juga, perhatian bukanlah tanda kalau sebenarnya dia juga suka sama kamu.

4. Belum siap pacaran

Kenapa Sih Ada Orang yang Nggak Ingin Pacaran Dulu? Simak 5 Alasannyapexels.com/pixabay

Ini bisa jadi alasan utama kenapa seseorang ingin berteman dulu. Tentunya karena dia nggak siap untuk berpacaran. Jadi, kalau kamu memang benar-benar mencintainya, kamu perlu menunggu sampai dia benar-benar siap untuk menjalani hubungan yang serius dengan kamu, ya!

5. Perlu waktu untuk saling mengenal

Kenapa Sih Ada Orang yang Nggak Ingin Pacaran Dulu? Simak 5 Alasannyaunsplash.com/rawpixel

Seberapa dalam rasa cintanya untuk kamu, dia juga perlu waktu untuk mengenal kamu lebih jauh. Demikian dengan kamu. Kamu juga harus mengenalnya lebih dalam lagi. Supaya kalian berdua yakin untuk menjalin hubungan yang lebih jauh lagi.

Meskipun begitu, saling kenal bukan jaminan hubungan kalian akan langgeng, ya.

Baca Juga: Belum Pernah Pacaran karena Takut Sakit Hati? Ikuti 10 Tips Ini!