7 Cara Menghilangkan Rasa Sedih agar Tak Berlarut-larut

Jangan dipendam atau diabaikan

7 Cara Menghilangkan Rasa Sedih agar Tak Berlarut-larut

Kesedihan merupakan emosi yang wajar dari setiap orang. Mengutip dari Everyday Health, kesedihan adalah emosi yang ditandai dengan ketidakbahagiaan yang biasanya dipicu oleh hilangnya sesuatu yang penting. 

Kehilangan seseorang atau barang yang berharga bisa membuat orang merasa sedih. Kesedihan mungkin juga bisa dirasakan ketika disakiti atau dikhianati oleh orang yang dipercaya. Kesedihan ringan yang bersifat sementara baik untuk kesehatan dan kesejahteraan. 

Penelitian menunjukkan bahwa kesedihan memiliki manfaat yang berkaitan dengan pemikiran, komunikasi, hubungan sosial, dan penanggulangan. Namun, jika kesedihan bersifat kronis atau terlalu intens, hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatanmu.

Sebelum kesedihan membuatmu berlarut dalam emosi yang lebih negatif dan menyebabkan gangguan untuk kehidupan sehari-hari dan kesehatan, berikut ada beberapa cara menghilangkan rasa sedih. 

1. Akui bahwa kamu sedang sedih

7 Cara Menghilangkan Rasa Sedih agar Tak Berlarut-larut

Daripada menahan atau mengabaikan emosimu, lebih baik untuk menerima dengan lapang dada bahwa dirimu tidak baik-baik saja. Terima bahwa saat ini kamu sedang merasa sedih.

Faktanya, sebuah penelitian pada tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menyimpulkan bahwa seseorag yang menerima daripada menghakimi pengalaman mentalnya mungkin memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik. Penerimaan ini membantu kamu mengalami lebih sedikit emosi negatif sebagai respons terhadap pemicu stres.

Mengakui dan menerima rasa sedihmu sebenarnya adalah langkah pertama untuk merasa lebih baik. Daripada menyalahkan diri sendiri karena merasa sedih, cobalah menganggap ini sebagai kesempatan untuk belajar, tumbuh, dan menemukan penyembuhan yang sejati.

2. Lepaskan atau luapkan rasa sedihmu dengan tangisan

Tak apa untuk menangis saat merasa sedih. Tetesan air mata mengandung endorfin bernama leucine-enkephalin, yang dikenal dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan suasana hati. 

Ditambah lagi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Psychology, menangis adalah salah satu penyebabnya terkait dengan aktivasi sistem saraf parasimpatis―yang merangsang respons relaksasi―yang berarti hal ini mungkin memiliki efek menenangkan diri.

Studi yang sama menemukan juga bahwa orang yang suka menangis kemungkinan besar akan meningkat suasana hatinya jika mereka menerima kenyamanan dari orang lain. Jadi, mungkin kamu bisa bercerita atau menangis di depan teman dekat atau anggota keluarga untuk bisa membuatmu merasa lebih baik.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here