30 Ucapan untuk Orang Meninggal, Tulus dan Penuh Doa Baik

Bisa menguatkan keluarga yang ditinggalkan

30 Ucapan untuk Orang Meninggal, Tulus dan Penuh Doa Baik

Mengalami kehilangan seseorang yang berharga dalam hidup tentu sangat berat dihadapi. Meskipun setiap orang nantinya akan meninggalkan dunia, tetapi perasaan sedih dan kehilangan tentu dirasakan oleh orang-orang terdekatnya. 

Sebagai orang lain di sekitarnya, kita juga turut berduka atas situasi yang terjadi. Ada berbagai bentuk ucapan belasungkawa yang bisa kita berikan, salah satunya adalah ucapan untuk orang meninggal

Ucapan tersebut bisa berupa doa maupun kata-kata yang menguatkan orang-orang yang ditinggalkannya. Berikut adalah 30 ucapan belasungkawa yang bisa kamu sampaikan ketika mendengar kabar duka. 

1. Ucapan untuk orang meninggal Islami

30 Ucapan untuk Orang Meninggal, Tulus dan Penuh Doa Baik

Ucapan untuk orang meninggal yang pertama ditujukan kepada kamu yang beragama Islam. Ucapan ini bisa kamu sampaikan sesaat setelah mendengar kabar duka maupun saat bertemu dengan keluarga yang ditinggalkan. 

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Semoga Allah menerima amal ibadah dan mengampuni segala dosa almarhum/almarhumah. 

Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu. Ya Allah, ampunilah dia, kasihanilah dia, sejahterakanlah dia, dan ampunilah segala dosa dan kesalahannya. Amin.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita atas meninggalnya (nama orang yang meninggal dunia). Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. 

 Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Semoga Allah SWT memperluas kuburnya dan menerima amal ibadahnya. Amin. 

 Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Semoga Allah memudahkan almarhum/almarhumah untuk melewati seluruh tahapan pada kehidupan di akhirat.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita sedalam-dalamnya untuk kamu dan sekeluarga. Semoga almarhum/almarhumah diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan ketabahan. 

2. Ucapan untuk orang meninggal Kristiani

Selanjutnya, bagi umat Kristiani, kamu bisa mengirimkan kata-kata penguat kepada orang yang ditinggalkan. Tak hanya itu saja, selipkan ayat dari kitab suci supaya menjadi doa baik untuk orang yang meninggal dunia. 

Kita memang mempunyai banyak rencana. Namun, Tuhan mempunyai rencana yang lebih baik daripada apa yang kita rencanakan. Turut berduka cita atas kepergiannya. Semoga ia tenang di surga Bapa.

Orang yang engkau kasihi adalah orang yang baik, Ia adalah hamba Tuhan yang selalu mendengarkan dan turut perintah Tuhan. Maka, yakinlah di Mazmur 116:15, 'Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya'.

Selamat jalan, Tuhan menyayangimu, maka Ia angkat segala deritamu. Semoga segala kebaikan dan iman akan menyertai jalanmu menuju Surga yang terang.

Setiap yang datang akan kembali. Tuhan memiliki rencana terbaik untuk semuanya. Semoga (nama orang yang meninggal dunia) damai dalam surga Bapa. Tuhan akan memelukmu dengan penuh kasih.

Tuhan memberi, Tuhan pula yang mengambil. Selamat jalan ke surga Bapa, saudaraku. Segala teladan iman Kristiani akan selalu kami wariskan ke anak-anak cucu kita kelak.

Kematian bukanlah akhir dari segalanya. Melainkan, awal dari sebuah kehidupan yang abadi. Turut berduka cita atas meninggalnya (nama orang yang meninggal dunia) Tuhan itu Baik dan semoga menempatkannya di tempat terbaik.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here