Trust Issue Adalah Sulit Percaya Orang Lain, Kenali Cirinya!

Jangan disepelekan

Trust Issue Adalah Sulit Percaya Orang Lain, Kenali Cirinya!

Perasaan takut dan sulit percaya kepada orang lain bisa berkembang menjadi masalah trust issue jika dibiarkan berlarut-larut. Trust issue adalah situasi saat seseorang merasa kesulitan mempercayai orang lain yang disebabkan oleh berbagai faktor. 

Hal itu biasanya terjadi karena pernah mengalami kekecewaan atau pengkhianatan yang mendalam. Ketidakpercayaan yang muncul bisa dalam bentuk kecurigaan, keraguan, sampai kecemburuan yang bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari. 

Untuk mengetahui gejala dan berbagai hal mengenai trust issue, simak selengkapnya berikut ini ya, Bela!

1. Apa itu trust issue?

Trust Issue Adalah Sulit Percaya Orang Lain, Kenali Cirinya!

Trust issue adalah krisis kepercayaan yang dialami seseorang sehingga membuatnya sulit mempercayai orang lain. Biasanya, kondisi ini dialami seseorang karena trauma dan kekecewaan di masa lalu. 

Akibatnya, orang tersebut menjadi lebih sering menaruh curiga dan sampai berpikir bahwa orang-orang di sekitarnya bisa melukai, mengkhianati, sampai mencelakainya. 

Padahal, perasaan kepercayaan sangat penting dalam menjalani kehidupan, misalnya saat akan menjalin hubungan dengan seseorang. Rasa percaya akan memberikan keamanan dan kenyamanan. Jika kepercayaan itu hilang, maka trust issue bisa memengaruhi orang-orang sekitarnya juga. 

2. Gejala trust issue

Memiliki masalah kepercayaan bisa terlihat dari perilaku sehari-hari. Beberapa tanda kamu mengalami trust issue adalah sebagai berikut. 

1. Fokus pada hal negatif

Orang yang mengalami trust issue dalam sebuah hubungan biasanya cenderung berfokus pada hal-hal negatif daripada sisi positifnya. Berbeda dengan hubungan sehat yang cenderung akan melihat sisi positif satu sama lain. 

2. Tidak percaya pada perkataan orang lain

Orang yang mengalami trust issue akan cenderung untuk memeriksa fakta dari perkataan orang lain kepada mereka. Bahkan, meskipun perkataan tersebut tidak berpengaruh pada kehidupan mereka, orang yang mengalami trust issue tidak menganggap perkataan orang lain benar kecuali mengonfirmasinya sendiri. 

3. harus melakukan semuanya

Trust issue bisa berujung pada perfeksionisme dan stres jika berada dalam lingkungan pekerjaan. Sebab, mereka akan kesulitan bekerja dengan tim karena merasa tidak nyaman dan tidak percaya dengan pekerjaan orang lain. 

4. Menghindari komitmen

Dengan sulitnya menaruh rasa percaya kepada orang lain, mereka juga akan kesulitan dalam berkomitmen. Sebab, komitmen membutuhkan kepercayaan dari orang yang terlibat.

5. Merasa takut ditinggalkan

Orang yang mengalami trust issue akan menganggap hal-hal disekitarnya tidak aman dan mengancamnya. Pikiran buruk pun tak jarang menghantui mereka. Misalnya, saat melihat foto teman bersenang-senang, orang tersebut akan merasa teman-temannya sengaja meninggalkannya. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here