Putus cinta bukan hal yang bisa diterima dengan mudah. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatasi patah hatimu. Namun, yang lebih menyakitkan adalah kamu juga harus memberitahu orang-orang tentang hal ini. Mungkin kalau sama teman akan lebih gampang ya, Bela. Tapi kalau sama keluarga, ini akan menjadi hal yang sulit untuk dihadapi. Menurut beberapa ahli ada cara terbaik untuk menjelaskan ke keluargamu setelah putus cinta, terlebih jika seluruh anggota keluarga sudah menyetujui dan menyukai pasanganmu.

Menurut Trina Leckie, ahli perpisahan dan pembawa acara breakup BOOST, kamu nggak harus berutang kepada keluargamu untuk menjelaskan kejadian rumit tentang apa yang terjadi. Yang terbaik adalah hanya mengatakan bahwa kamu merasa seperti sedang menuju ke arah yang nggak sejalan.

Berbeda halnya apabila kamu hanya melalui masa sulit dan sedang break atau sudah putus, tapi kamu yakin akan bersatu kembali. Priscilla Martinez, CEO Regroop Online Life Coaching, menyarankan agar kamu tidak perlu memberi tahu keluargamu.

Putus dengan Pacar? Begini Cara Memberi Tahu Keluargamubustle.com

Menceritakan secara jujur kepada keluarga tentang perpisahan kamu bisa menjadi sangat sulit, apalagi kalau kamu memang sudah ingin mengakhirinya."Coba jelaskan alasan mengapa Anda tidak lagi tertarik berada dalam suatu hubungan atau mengapa hubungan itu tidak tepat untuk Anda? Selama kamu jelas, jujur ​​dan percaya diri dengan apa yang Anda katakan, lebih mudah untuk menerimanya. Namun, jika kamu tidak yakin dengan alasanmu, maka kecil kemungkinannya untuk mereka menerima," ujar Priscilla.

Kabar nggak baik tersebut bisa berdampak buruk juga terhadap keluargamu. Ada baiknya kamu menyiapkan skenario yang baik dan dipikirkan matang-matang. Penjelasan yang kamu sampaikan dengan yakin membantu mereka memahami bahwa perpisahan itu adalah hal terbaik untuk kamu dan pasangan dan itu bukan keputusan yang kamu anggap enteng. Kalau ada pertanyaan, kamu cukup menjelaskan secara singkat dan jangan berbicara secara detail. Kamu juga jangan gugup dan terburu-buru.

Putus dengan Pacar? Begini Cara Memberi Tahu Keluargamupexel.com/pixabay

Bicaralah dengan suasana dan kondisi yang tepat. Cobalah untuk memahami jika keluargamu tidak menerima perpisahanmu dengannya. Mungkin keluargamu masih ingin berhubungan dengannya dan yang pelru diingat kalau kamu hanya perlu melakukan apa yang benar untukmu dan apa yang terasa tepat untukmu. Priscilla juga menyarakan, kamu harus membiarkan semua orang melalui proses sedihnya mereka sendiri dan itu termasuk diri kamu sendiri. Setelah selesai memberi tahu anggota keluarga, biarkan diri kamu menerima perpisahan itu dan merasakan kehilangan. Kuatkan dirimu dan kemungkinannya, itu akan membantu kamu merasa lebih baik dalam jangka panjang. Semangat, Bela!