Merenggangnya tali persahabatan karena bertengkar atau masalah serius lainnya mungkin masih wajar, Bela. Tapi kadang kita merasakan ketika teman kita mulai dekat dengan orang lain. Kedekatan mereka bahkan lebih dari kedekatan kamu dan temanmu. Bahkan, dia juga mulai bersikap jaga jarak. Sabar, jangan langsung berkecil hati, ya. Coba deh lakukan beberapa langkah ini untuk menjaga persahabatan kalian.

1. Berusahalah untuk tetap dekat dengan temanmu

Cemburu Temanmu Diambil Orang? Langkah Ini Bisa Balikin Persahabatan Kalianpitch-perfect.wikia.com

Memang bukan 100 persen salahmu ketika dia mulai menjauh. Mungkin di masa lalu ada hal yang membuat dia tersinggung atau ada sikapmu yang membuat dia segan untuk dekat-dekat. Demi pertemanan kalian, kamu perlu latihan menahan emosi dan tampil lebih ceria di depannya.

2. Jangan mudah cemburu dengan teman barunya

Cemburu Temanmu Diambil Orang? Langkah Ini Bisa Balikin Persahabatan Kalianplaybuzz.com

Mungkin teman baru dia nggak sadar bahwa dia telah ‘mengambil’ temanmu dari sisimu. Jangan biarkan emosi kamu terlihat ya, Bela. Pastikan kalau teman barunya bukanlah orang yang licik dan memang ingin menghasut temanmu untuk menjauhimu.

3. Bersikap bahwa dia bukanlah temanmu satu-satunya

Cemburu Temanmu Diambil Orang? Langkah Ini Bisa Balikin Persahabatan Kalianimdb.com

Setiap orang memiliki hak untuk berteman dengan siapa saja, termasuk dia. Menjaga tali pertemanan nggak berarti kamu harus menggantungkan hidup kepadanya dan selalu mengikutinya. Daripada hanya mengandalkannya, lebih baik kamu juga berkenalan dan berteman dengan orang lain.

4. Simpan perasaan tersebut dalam diri

Cemburu Temanmu Diambil Orang? Langkah Ini Bisa Balikin Persahabatan Kalianimdb.com

Kamu punya sahabat lain yang bisa kamu percaya selain dia? Kalau iya, sah-sah saja untuk curhat tentang masalah ini. Tapi kalau nggak, sebaiknya simpan baik-baik prasangka kamu. Menceritakan hal tersebut kepada orang lain justru membuatmu terlihat nggak dewasa.

5. Berteman dengan teman barunya

Cemburu Temanmu Diambil Orang? Langkah Ini Bisa Balikin Persahabatan Kalianimdb.com

Lupakan rasa kesal yang kamu punya dan dekatkan dirimu kepada si teman baru. Siapa tahu, dia memang memiliki sifat yang sangat menyenangkan. Memang sedih ketika mendengar dia dan temanmu bercanda tentang hal yang nggak kamu mengerti, tapi hal tersebut lebih baik ketimbang berjauhan dan temanmu.

6. Cari teman baru yang bisa memahamimu

Cemburu Temanmu Diambil Orang? Langkah Ini Bisa Balikin Persahabatan Kalianimdb.com

Adakalanya temanmu justru terlalu nyaman dengan barunya dan mulai ‘mengusir’ kamu dari kehidupannya. Kalau memang demikian, cepatlah move on, Bela. Cari dan mendekatlah dengan temanmu yang lain. Jangan sampai dia merasa kalau kamu berharap dan terlalu bergantung padanya. Nggak mau kan kalau nantinya kamu malah dimanfaatkan?

7. Berbicara secara terus terang kepadanya

Cemburu Temanmu Diambil Orang? Langkah Ini Bisa Balikin Persahabatan Kalianbustle.com

Meski hal ini sebaiknya nggak dilakukan, namun ini lebih baik ketimbang berdiam diri. Katakan kalau kamu sangat merindukannya dan kamu ingin persahabatan kalian kembali seperti dulu. Dalam banyak kasus, ternyata sang sahabat justru merasakan yang sama meski nggak diutarakan. Tapi jadikan cara ini sebagai pilihan terakhir, ya.

Setelah ini, yuk sapa lagi teman kamu. Ajak dia makan siang bersama, mungkin?

BACA JUGA: Best Friends Forever! Inilah 7 Pasang Artis Hollywood yang Bangga dengan Persahabatan Mereka