Kata orang, sekarang masanya anak muda untuk berkarya. Generasi milenial dengan segala keunikannya dianggap bisa membawa perubahan untuk masa depan yang lebih baik, nggak terkecuali kita sebagai perempuan. Sebagai bagian dari generasi milenial, Maudy punya pandangan tersendiri tentang perempuan kuat. Yuk, baca penuturannya!

1. Apa makna perempuan kuat bagi Maudy?

Pesan Inspiratif Maudy Ayunda Buat Kamu yang Galau tentang CowokInstagram @maudyayunda

“Makna perempuan kuat buatku adalah perempuan yang berani mengejar mimpinya dan nggak terbatasi oleh hal-hal yang mungkin membuat dia merasa cukup. Ada yang berpikir ‘Aduh udah lah nggak usah ngoyo.’ Menurutku nanti ada masanya kita nggak usah ngoyo, tapi kita kan masih muda. Ada yang santai-santai dan punya prinsip YOLO (you only live once -red) tapi ya nanti aja YOLO-nya. Selain itu, perempuan kuat adalah mereka yang melihat dirinya lebih dari sekadar menjadi pasangan lelaki. Itu juga penting, tapi jangan hanya itu karena nanti kalau diputusin dikit galau dan fokusnya buyar. Ya menurutku sebaiknya kita nggak boleh terganggu dengan kegalauan yang seperti itu.”

2. Bicara tentang galau, apa tanggapan kamu tentang milenial yang hobi galau dengan status single mereka?

Pesan Inspiratif Maudy Ayunda Buat Kamu yang Galau tentang CowokInstagram @maudyayunda

"Sebenarnya aku juga bisa galau dan aku paham kenapa orang merasa galau. Tapi menurutku ada masanya dan kita harus tahu kapan harus berhenti. Aku percaya banget kalau kita sedih akan sesuatu, ya keluarkan kesedihan itu, kalau bisa menangis pun nggak apa-apa. Namun kita juga harus tahu waktu di mana kita harus bernapas kembali dan move on. Jadi menurutku galau itu sah-sah aja namun ada fasenya, setelah itu kita juga harus punya rencana ke depan dan move on. Sebenarnya menunjukkan rasa galau itu nggak apa-apa, cuma perlu kita ingat aja bahwa saat menggunakan media sosial, apa yang sudah kita tulis nggak bisa kita tarik lagi. Zaman sekarang aja kalau orang mau melamar pekerjaan, di formulir aplikasi juga ada akun media sosialnya dan itu terkait dengan personal branding dan menumbuhkan persepsi. Jadi harus selalu hati-hati aja. Kalau terlalu sering nge-post hal yang galau, ya branding-nya adalah kamu orang galau. Nggak mau kan? Harus diingat aja kalau media sosial itu permanen dan personal branding kita."

3. Punya tips atau pesan buat milenial untuk mencapai mimpi mereka?

Pesan Inspiratif Maudy Ayunda Buat Kamu yang Galau tentang CowokInstagram @maudyayunda

"Jadi sebenarnya aku kemarin sempat galau banget karena aku melihat diriku nggak fokus. Nyanyi, main film, lanjut S2, dan banyak lagi. Aku sempat sadar bahwa sebaiknya aku nggak seperti itu. Tapi di waktu yang sama, menurutku penting banget bagi milenial untuk belajar kemampuan-kemampuan yang fleksibel yang bisa berguna dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Banyak pekerjaan-pekerjaan di masa sekarang yang mungkin pada 5 atau 10 tahun lalu pekerjaan itu belum ada. Ada banyak banget pekerjaan baru, ditambah lagi dengan adanya startup atau berwirausaha, jadi milenial harus fokus dan juga punya kemampuan yang bisa digunakan di banyak bidang sehingga kita bisa beradaptasi terhadap perubahan dunia yang cepat banget."

Pesan Inspiratif Maudy Ayunda Buat Kamu yang Galau tentang Cowok

BACA JUGA: Begini Pendapat Maudy Ayunda Soal Millennials yang Dianggap Sebagai Generasi Serba Instan