Pendidikan seks sangat dibutuhkan di era seperti sekarang ini. Pasalnya, berbagai macam bentuk informasi dapat diakses dengan mudah. Untuk memahami dan mengetahui informasi seksual bagi remaja, para sineas film pun mengemasnya dalam bentuk karya yang lebih mudah dipahami. Karya seni itu tentang masalah cinta di masa remaja dan seksualitas yang mengandung pesan moral di dalamnya. Berikut ini adalah 5 film yang mengangkat tema edukasi seks yang wajib kamu tonton.

1. Jenny, Juno (Korean movie 2005)

5 Film Bertema Edukasi Seks Ini Penuh Pesan Mendalam, Wajib Tonton!pinterest.com

Film ini bercerita tentang hubungan cinta masa remaja yang berumur 15 tahun, Jenny dan Juno. Mereka dekat menjadi teman, karena ada suatu kecocokan lalu berpacaran. Suatu ketika, Jenny menemukan bahwa dirinya hamil. Namun, Jenny dan Juno memutuskan nggak mau aborsi dan memilih untuk menjadi orangtua.

Pada awalnya, mereka mencoba untuk menyembunyikan kehamilan dari keluarga mereka, tetapi nggak ada yang bisa menyembunyikan kebohongan lebih lama. Akhirnya, kebenaran pun mulai terungkap. Salah satu dari orangtua mereka nggak setuju dengan kehamilan Jenny. Namun, Juno nggak menyerah. Ia pun berusaha mempertahankan Jenny dan bayinya. 

2. Juno (American movie 2007)

5 Film Bertema Edukasi Seks Ini Penuh Pesan Mendalam, Wajib Tonton!wikipedia.org

Film ini mengisahkan tentang seorang siswi sekolah menengah berusia 16 tahun dari Minnesota bernama Juno MacGuff alias Juno. Tanpa disangka, dirinya hamil karena hubungannya dengan Paulie, teman sekaligus pengagumnya sejak lama.

Awalnya, Juno menginginkan aborsi. Lalu, Juno bertemu dengan seorang teman sekolahnya bernama Valerie yang mengadakan demonstrasi sendirian untuk melakukan gerakan anti aborsi. Akhirnya, Juno pun memutuskan untuk nggak melakukan aborsi dan akan memberikan bayinya untuk diadopsi pada orang lain. 

3. 15+ IQ Krachoot (Thailand movie 2017)

5 Film Bertema Edukasi Seks Ini Penuh Pesan Mendalam, Wajib Tonton!handumay.blogspot.com

Berkisah tentang laki-laki remaja bernama Chalad yang patah hati pada Cherry karena lebih menyukai kakak kelasnya bernama Tap. Untuk melupakan rasa sakit hatinya, ia pun mengikuti lomba essay yang diadakan di sekolahnya bersama ketiga sahabat konyolnya bernama Xo dan Xobu. Tetapi, ternyata Cherry juga mengikuti essay tersebut dengan Suktala, murid teladan satu sekolah, sebagai partner.  

Mendengar hal itu, Chalad dan teman-temannya pun mencari cara agar dapat mencuri laporan essay tersebut. Nggak disangka ternyata Suktala menyukai Chalad. Ia pun memanfaatkan Suktala untuk dapat melancarkan tujuannya. Setelah itu, Suktala mulai mengajak Chalad untuk belajar bersama di rumahnya. Namun bukannya belajar, Chalad dan Suktala menjalin berhubungan intim di sana. Selain itu, Chalad berhasil mendapatkan essay tim Cherry. 

Keesokan harinya di sekolah, kedua teman Chalad menanyakan tentang peristiwa yang terjadi di rumah Suktala. Ternyata tanpa sengaja, Suktala mendengar percakapan itu dan akhirnya mengetahui kalau Chalad hanya memperalat dirinya. Suktala menjadi kecewa dan menjauh dari Chalad.

Chalad yang mulai ada perasaan dengan Suktala berusaha untuk meminta maaf dan mencoba untuk berbaikan. Tapi, Chalad malah dikejutkan dengan adanya fakta bahwa Suktala sedang hamil. 

4. Teenage Mom (Thailand series 2017)

5 Film Bertema Edukasi Seks Ini Penuh Pesan Mendalam, Wajib Tonton!mydramalist.com

Cerita ini diangkat dari webtoon asal Thailand  yang berjudul Young Mom. Berkisah tentang Lani, anak SMA yang berpacaran dengan teman sekelasnya bernama Awan. Lani dan Awan adalah pasangan yang sangat serasi. Lani anak yang pintar, cantik, serta patuh pada norma dan orangtuanya. Sedangkan, Awan adalah anak yang pintar, jago dalam segala bidang olahraga, tampan, sopan, dan baik hati. 

Setiap kali mereka bertemu rasanya semakin sangat membahagiakan. Mereka pun kian dekat dalam waktu yang cukup cepat, sampai bisa dibilang sudah telalu cepat untuk melewati batas. Lani dan Awan sendiri bukan anti akan hal itu. Sampai di mana Lani mengandung, ia nggak memberitahukan pada siapa pun lalu memutuskan untuk pergi kuliah ke Bangkok. Akan tetapi, di luar hal itu pantas atau nggak, Lani tetap mencintai Awan.  

5. Dua Garis Biru (Indonesian movie 2019)

5 Film Bertema Edukasi Seks Ini Penuh Pesan Mendalam, Wajib Tonton!Instagram.com/duagarisbirufilm

Setelah banyaknya negara yang mengusung film bertema edukasi seks untuk remaja, akhirnya Indonesia membuat film yang bertema serupa. Film yang dimainkan oleh Zara 'JKT 48' sebagai Dara dan Angga Aldi Yunanda sebagai Bima ini menceritakan sepasang kekasih yang masih duduk di bangku SMA. Di usia 17 tahun, mereka nekat berhubungan intim di luar nikah. Dara pun hamil. Keduanya kemudian dihadapkan pada kehidupan yang tak terbayangkan bagi anak seusianya, yakni kehidupan sebagai orangtua. 

Penasaran dengan kelanjutan kisah dari Dara dan Bima selanjutnya? Tetapi kalian harus bersabar dulu, nih karena film Dua Garis Biru baru akan tayang 11 Juli 2019 nanti. Tunggu saja tanggal mainnya segera di bioskop kesayangan kalian, ya!

Nah, Itu dia 5 film dengan tema edukasi seks remaja yang wajib kalian tonton. Melalui film ini, kita dapat menambah wawasan dan kewaspadaan sebagai generasi muda.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Film Bertema Seks Education Ini Penuh Pesan Mendalam, Wajib Tonton!"

Baca Juga: Bikin Bergairah, Ini 9 Film Netflix dengan Adegan Seks Paling Panas

Baca Juga: Totalitas Berakting, 5 Film Ini Tampilkan Adegan Intim Secara Nyata 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Korea Terbaik yang Ada Adegan ‘Panas’