Oppa, kamu yang fans Kpop pasti nggak asing dengan kata ini, kan? Biasanya kebanyakan fans Kpop selalu memanggil idol Kpop atau bias mereka dengan sebutan oppa. Begitu pun dengan para perempuan Korea kepada pacarnya.

Alhasil banyak fans KPop yang menganggap oppa adalah kata ajaib dan memanggil semua laki-laki Korea yang mereka kenal dengan sebutan oppa. Padahal, kamu nggak harus begitu, lho! Kenapa? Berikut ini lima alasan kamu nggak boleh memanggil semua laki-laki Korea dengan sebutan oppa!

1. Oppa berarti kakak

5 Alasan Kamu Nggak Bisa Sembarangan Panggil Laki-Laki Korea 'Oppa'allkpop.com

Dalam bahasa Korea, oppa atau 오빠 artinya kakak. Panggilan oppa ini diberikan oleh perempuan yang lebih muda kepada laki-laki yang lebih tua. Jadi sebelum memanggil oppa ada baiknya kalau kamu mengetahui berapa umur mereka. Jika kamu baru bertemu dan dia terlihat seumuran denganmu, kamu bisa menambahkan partikel ssi dibelakang namanya. Contoh, Sehun-ssi atau Taehyung-ssi.

Atau kamu juga bisa lebih dulu menanyakan umurnya, jika dia ternyata lebih tua maka kamu wajib memanggilnya dengan panggilan oppa. Kamu nggak boleh memanggilnya dengan nama saja. Selain karena nggak sopan, umur menjadi hal yang penting bagi orang Korea dan mereka selalu menghormati orang yang lebih tua darinya. Sebaliknya jika dia lebih muda, maka dia akan memanggil kamu dengan panggilan nuna.

2. Nggak semua laki-laki Korea suka dipanggil oppa

5 Alasan Kamu Nggak Bisa Sembarangan Panggil Laki-Laki Korea 'Oppa'allkpop.com

Kalau kamu fans BTS, kamu pasti tahu kalau Jungkook sangat nggak suka dipanggil dengan sebutan oppa oleh penggemarnya. Selain karena posisinya sebagai maknae yang membuatnya selalu ingin jadi yang termuda, dia juga nggak tahu semua umur fans yang ditemuinya. Bukan hanya itu, sebagian dari mereka bahkan baru pertama kali melihatnya.

Hal yang sama juga berlaku bagi laki-laki Korea lainnya. Meski panggilan oppa membuat kita terlihat lebih sopan, tapi banyak laki-laki Korea yang merasa aneh ketika ada perempuan asing yang baru dikenal memanggilnya dengan sebutan oppa. Lagipula, bagaimana kamu bisa memanggil mereka oppa tiba-tiba tanpa tahu berapa usianya?

3. Beberapa dari mereka nggak menyukai perempuan non-Korea memanggil oppa

5 Alasan Kamu Nggak Bisa Sembarangan Panggil Laki-Laki Korea 'Oppa'ourdaniel.com

Para idol mungkin sudah terbiasa dipanggil oppa oleh penggemarnya, termasuk fans yang berasal dari luar Korea. Tapi nggak semua laki-laki Korea adalah idol, dan karena itulah nggak semuanya suka dipanggil oppa terutama oleh perempuan yang berasal dari negara lain.

Ketika ada perempuan Korea memanggilnya dengan sebutan oppa, mereka akan menganggap itu sebagai hal wajar. Tapi ketika ada perempuan asing yang bukan berasal dari Korea memanggil oppa, beberapa dari mereka akan menganggapnya aneh.

4. Panggilan oppa juga menunjukkan hubungan

5 Alasan Kamu Nggak Bisa Sembarangan Panggil Laki-Laki Korea 'Oppa'stapico.com

Seperti yang kamu tahu, oppa artinya adalah kakak laki-laki. Biasanya selain para idol, oppa juga menjadi panggilan sayang bagi perempuan Korea untuk pacarnya. Atau bisa juga panggilan adik perempuan bagi kakak laki-lakinya. Jika dia bukan idol KPop, bukan pacar atau kakak kamu, dan kamu nggak mengenalnya maka nggak ada alasan bagimu untuk memanggilnya oppa. Kalau pun dia terlihat jauh lebih tua, maka panggilan yang tepat adalah ahjussi atau paman. 

5. Oppa bukanlah kata ajaib

5 Alasan Kamu Nggak Bisa Sembarangan Panggil Laki-Laki Korea 'Oppa'onehallyu.com/Lined Magazine

Kamu mungkin berpikir kata oppa terdengar imut ketika diucapkan. Tapi di sisi lain, oppa juga bukanlah kata ajaib yang bisa membuat semua laki-laki Korea merasa senang terutama jika kamu menambahkan aegyo. Beberapa dari mereka akan berpikir kamu imut tapi akan lebih banyak lagi kamu aneh. Mulai sekarang, jangan sembarangan manggil oppa ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan pada laman IDN Times dengan judul "Bikin Risih, 5 Alasan Kamu Gak Boleh Manggil Semua Cowok Korea 'Oppa'"

Baca Juga: Curhat, Ternyata Begini Rasanya Pacaran dengan Cowok Korea