Setiap orang pastinya memiliki cerita masing-masing, mengenai perjalanan cinta mereka. Ada yang sangat mudah menemukan seseorang buat menemani, tapi ada pula yang rasanya sulit menemukan pasangan yang serius. Di awal selalu menggebu-gebu untuk PDKT, tapi kemudian ditinggal begitu saja.

Nah, hal ini yang kemudian menimbulkan pertanyaan, apa yang salah dari dalam dirimu? Sebetulnya bukan hanya masalah penampilan atau materi saja. Ternyata ada lima hal yang membuat dirimu susah menemukan pasangan yang serius. Apa saja? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Mencari pasangan hanya mengandalkan online dating

5 Penyebab Kamu Sulit Menemukan Pasangan yang SeriusUnsplash.com/Bruno Emmanuelle

Bukannya tidak mungkin kamu menemukan pasangan yang lewat di online dating. Namun, kebanyakan orang di online dating menjadikan foto sebagai alat kunci untuk menyukai seseorang. Ini artinya, fisik menjadi yang nomor satu. Kamu tidak akan match dan bisa memulai percakapan sama orang yang tidak swipe right kamu juga. 

Nah, ketika fisik sudah jadi yang nomor satu, kemudian ekspektasi akan tinggi. Nyatanya tidak semua orang bisa semenarik di fotonya. Hal ini yang kemudian membuat dia menjauh setelah mungkin bertemu satu kali, karena merasa dirimu bukan tipenya. 

2. Memandang gebetan dari hal yang tidak esensial

5 Penyebab Kamu Sulit Menemukan Pasangan yang SeriusUnsplash.com/Etienne Boulanger

Hal yang esensial dari sosok pasangan sebenarnya melingkupi sikap dan karakternya. Kalau sikap dan karakternya itu buruk, mau dia kaya, fisiknya menarik, dan sebagainya, hal itu tidak akan membuatmu bahagia.

Namun kebanyakan orang kebalik melihat sosok gebetan. Hal yang dilihat itu selalu fisik dan materinya saja. Sikap dan karakter diletakkan di nomor sekian. Sehingga walau sudah berhasil berhubungan dengan orang dari status sosial tinggi, rasa bahagia itu jadi sukar didapat dan kemudian rasanya ingin putus saja.

3. Memperlihatkan kalau kamu berharap banget sama dia

5 Penyebab Kamu Sulit Menemukan Pasangan yang SeriusUnsplash.com/Magnet Me

Jangan heran dulu. Bukannya seseorang itu bisa yakin kalau kamu mau sama dia harus dengan usaha? Memang benar demikian. Namun, bukan saat PDKT hal itu kamu tunjukkan. Perlihatkan rasa itu setelah merasa dia pun suka sama kamu dan ingin bersamamu. Saat masih gebetan, bersikap normal saja.

Usaha juga, tapi jangan terlalu berharap. Senormalnya saja ketika mendekatinya. Jangan langsung membalas chat, mengiyakan semua permintaannya. Hal ini hanya akan membuat dirimu terkesan lemah dan membosankan di mata dia. 

4. Lupa membangun value dalam diri

5 Penyebab Kamu Sulit Menemukan Pasangan yang SeriusUnsplash.com/Rodolfo Sanches Carvalho

Saking sibuknya mencari pasangan, tanya siapa jodohmu ke peramal dan sebagainya, akhirnya kamu lupa membangun value dalam diri. Misalnya, sekolah nggak selesai-selesai, pekerjaan seringnya ditinggal buat kencan sama gebetan online, sehingga itu membuat dirimu lupa membangun diri sendiri. 

Sedangkan realitanya orang akan sangat melihat siapa kamu dan apa yang dikerjakan. Ketika mereka melihatmu hanya sibuk mengejar orang sana-sini, ketertarikan mereka pasti langsung luntur. Oleh sebab itu, jangan lupa buat meningkatkan kualitas diri.

5. Keseringan melakukan one night stand

5 Penyebab Kamu Sulit Menemukan Pasangan yang SeriusUnsplash.com/Womanizer Toys

Inilah kenapa sebenarnya hubungan seks sebelum menikah jangan dilakukan. Sebab, ketika kamu seringnya melakukan one night stand, maka dirimu pun akan menarik perhatian orang-orang yang hanya menyukai kesenangan sesaat saja. Pernahkah kamu merasa dibohongi setelah melakukan hubungan ini?

Misalnya, saat di ranjang dia bilang sayang dan tak akan pergi darimu. Tapi, kemudian apa nyatanya saat sudah pulang ke rumah masing-masing? Bisa saja kamu langsung diblokir. Hal ini karena ketika kamu sedang nafsu, kata-kata itu keluar begitu saja tanpa dapat dipastikan kebenarannya. 

Memang perlu diakui, tidak semua orang mudah menemukan pasangan. Namun, setidaknya jika dirimu sudah tahu akan kesalahan yang sering dibuat dalam PDKT, ke depannya kamu bisa belajar jadi lebih baik. Tetap semangat jika ingin punya pasangan yang sepadan, ya.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Alasan Dirimu Merasa Sulit Menemukan Pasangan yang Serius"

Baca Juga: 8 Ciri-ciri Pasangan yang Sedang Ingin Dimanja, Suka Cari Masalah!

Baca Juga: 5 Keadaan Pasangan yang Bisa Jadi Ujian Bagi Kesetiaanmu

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang Main Tangan