Tidak jarang seseorang bisa mengalami perasaan tidak pantas dicintai oleh siapa pun. Perasaan tersebut tentu akan membawa dampak buruk, salah satunya membinasakan kepercayaan diri yang kamu miliki. Hal demikian dapat muncul dengan tiba-tiba, bisa melalui hal kecil yang berhubungan dengan penolakan masa lalu.

Selama pola pikir kamu masih terus dihantui dengan bayang-bayang masa lalu, maka selama itu pula kamu merasa tak layak mendapatkan cinta. Pasalnya, pikiranmu cenderung terkunci pada masa itu, sehingga pandanganmu akan diri sendiri cenderung berisi dengan pengalaman buruk di masa lalu.

Untuk itu, mari tanamkan ke dalam pikiranmu mengenai hal-hal yang positif. Misalnya dengan menerapkan lima mantra berikut yang dijamin mampu menbantumu keluar dari perasaan tak layak dicintai.

1. Merasa tidak layak dicintai adalah bagian dari perjalanan hidup.

5 Mantra Saat Kamu Merasa Tak Layak DicintaiPexels.com/Zura Modebadze

Jika kamu merasa tidak berharga, maka tak perlu berlebihan dalam menyalahkan diri sendiri. Percayalah, hal demikian kerap menghampiri setiap orang. Sebab hal itu merupakan bagian dari proses hidup yang perlu dilewati. Justru dengan menerima keberadaannya, akan menjadi awal yang baik bagimu agar tidak terjebak dalam kesedihan yang berlebihan nantinya.

2. Mencintai dan dicintai tak memerlukan syarat.

5 Mantra Saat Kamu Merasa Tak Layak DicintaiPexels.com/Shamia Casiano

Bisa jadi penyebab kamu merasa tidak layak dicintai lantaran kesalahanmu dalam mengartikan cinta. Kamu kerap berpikir bahwa cinta memiliki berbagai kriteria dan syarat. Sehingga saat kamu tahu bahwa kamu tidak memenuhi hal itu, kamu merasa tak layak dicintai karena jauh dari kualitas yang ditetapkan. Namun, nyatanya, cinta adalah sebuah perasaan tulus tak bersyarat.

3. Bersiaplah untuk berdamai dengan diri sendiri

5 Mantra Saat Kamu Merasa Tak Layak DicintaiUnsplash.com/all_who_wander

Sulit menerima keadaan diri bisa menjadi salah satu penyebab kamu merasa tidak layak dicintai. Sehingga kamu tak melihat betapa istimewanya dirimu yang sebenarnya. Kuncinya, kamu hanya perlu berdamai dengan diri sendiri. Terimalah segala kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Kemudian, yakinkan dirimu bahwa kamu pantas mendapatkan cinta.

4. Bahagialah dengan cara sendiri

5 Mantra Saat Kamu Merasa Tak Layak DicintaiPexels.com/Andrea Piacquadio

Saat kamu merasa tidak layak dicintai, saat itulah kamu merasa tidak bahagia dengan diri sendiri. Ketidakbahagiaan tersebut biasanya muncul lantaran kamu sering membandingkannya dengan orang lain. Padahal setiap orang pasti memiliki standar kebahagiaan masing-masing yang tak dapat disamakan. Jadi, ciptakan bahagiamu sendiri dengan versi terbaik menurutmu.

5. Ayo, segera bangkit!

5 Mantra Saat Kamu Merasa Tak Layak Dicintaifreepik.com/ArthurHidden

Terus-menerus berada di dalam perasaan tidak berharga hanya akan menyiksa diri sendiri. Kamu tak akan merasa bahagia, tak akan mendapatkan cinta, tak akan bisa menikmati kehidupan, hingga kamu terbelenggu dalam pikiran negatif. Segeralah bangkit dari ketidaknyamanan itu. Jangan biarkan dirimu berada dalam kondisi tersebut. Semakin lama kamu berada di dalamnya, maka akan semakin sulit untuk mengubahnya.

Percayalah, setiap orang berhak memberi dan menerima cinta dari orang di sekitarnya. Jika selama ini kamu kerap meragukan hal itu, artinya pola pikirmu yang perlu dibenahi. Yuk, segera bangkit! Mari tinggalkan masa kelam, ciptakan bahagia yang kamu inginkan, serta tanamkan di pikiran bahwa kamu istimewa sehingga layak mendapat cinta. Semangat!

 

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Mantra yang Perlu Diucapkan saat Kamu Merasa Tidak Layak Dicintai"

Baca Juga: 30 Kata-Kata Inspiratif tentang Cinta yang Bikin Hati Meleleh

Baca Juga: Catat Nih! 5 Tindakan Nyata yang Bikin Pasangan Merasa Dicintai

Baca Juga: Pasangan Bahagia Nggak Akan Lakukan 5 Hal Ini di Media Sosial