Selain memori, ada barang-barang yang pastinya tertinggal ketika kita putus dari pacar. Suka nggak suka pasti semua barang itu mengingatkan kamu tentang si dia. Membuangnya terdengar seperti ide yang baik. Tetapi tahan dulu, Bela! Mari kita bongkar kotak kenangan itu kembali dan lihat apa isinya satu per satu.

1. Barang yang perlu kamu buang

Dibuang atau Disimpan? Begini Cara Memperlakukan Barang Pemberian Mantanwww.pinterest.com

Semua hadiah yang mengingatkanmu tentangnya, terutama semua hal yang tidak lagi kamu inginkan. Beberapa tiket bioskop yang kamu simpan, kaus tidur yang kamu pinjam, semua peralatan mandi yang ia simpan di rumahmu dan segala sesuatu yang tidak berguna untukmu ataupun orang lain. Lagipula, tidak ada gunanya menyimpan sampah, bukan?

2. Barang yang bisa kamu berikan pada orang lain

Dibuang atau Disimpan? Begini Cara Memperlakukan Barang Pemberian Mantanwww.jojosrestaurant.co.uk

Tidak ada salahnya kamu memberikan barang-barangmu pada orang yang lebih membutuhkan seperti tiket konser yang sudah terbeli tetapi belum sempat kalian datangi. Mungkin voucher makan yang kamu lama simpan. Mungkin barang-barang hadiah darinya yang sebenarnya tidak begitu kamu sukai. Kamu bisa berikan pada orang terdekat jika kamu sudah kehabisan ide kado atau lebih baik, beramal.

3. Barang yang perlu kamu kembalikan padanya

Dibuang atau Disimpan? Begini Cara Memperlakukan Barang Pemberian Mantanwww.thepicta.com

Beberapa hal yang pernah ia pinjamkan padamu ketika masih berpacaran dan masih berharga sebaiknya dikembalikan, Bela. Misalnya seperti playstation, kunci apartemennya, bahkan mobil jika ia membiarkan kamu memakai kendaraannya. Jangan biarkan si dia meninggalkan investasi berupa benda dalam hidupmu. Perlu diperhatikan ketika kamu mengembalikan barangnya, atur pertemuan di tempat umum. Bukan memintanya datang ke tempatnmu atau sebaliknya. Public place is the best choice. Kecuali barang yang hendak kamu kembalikan sangat besar. Mungkin sebaiknya gunakan jasa kirim agar tidak perlu ada kontak yang tidak diinginkan dengan si mantan.

4. Barang yang perlu kamu simpan

Dibuang atau Disimpan? Begini Cara Memperlakukan Barang Pemberian Mantanwww.pinterest.com

Tiket bioskop? Buang saja. Tas yang dibelikannya di bazar kemarin? Berikan pada orang yang kurang mampu. Kunci apartemen? Jangan lupa dikembalikan. Cincin berlian? Tunggu dulu! Mungkin sekarang cincin itu akan membuatmu menangis karena teringat oleh si dia. Tetapi dalam satu atau dua tahun ke depan, harganya lebih menguntungkan untukmu. Tidak berarti mengajarkan kamu untuk menjadi materialistis. Hanya saja tidak ada salahnya untuk sedikit mengambil keuntungan dari hubungan yang gagal, bukan?

Luka lama tidak perlu dikorek-korek lagi. Tetapi bukan berarti kamu perlu menghapus seluruh memori si dia dalam sekejap. Pada akhirnya, masa lalumu adalah cerita yang penuh makna dan pelajaran. Ambil waktu sejenak untuk merenungkannya, Bela. Siapa tahu kamu menemukan ‘berlian’ di dalamnya.

BACA JUGA: Brokenships, Museum Unik Penuh Barang Pemberian Mantan​