Tanpa kita sadari, semakin hari umur kita semakin bertambah dan menjadi lebih dewasa. Namun begitu pula dengan orangtua kita yang semakin menua setiap harinya. Banyak hal-hal yang mungkin belum kita lakukan untuk membalas kebaikan mereka. Kasih sayang dan kerja keras yang tak ternilai.

Ada yang hubungan keluarganya harmonis, ada yang tidak, ada yang masih lengkap, ada yang sudah kehilangan. Dengan seiring berjalannya waktu jagalah hubungan keluargamu sebaik-baiknya kalau kamu masih ada kesempatan.

1. Berdamai dengan masa lalu

Semakin Menua, Lakukan 5 Hal Ini pada Orangtua Sebelum Kamu Menyesal

Nggak ada orangtua yang sempurna. Begitu pun dengan setiap insan manusia. Setidaknya mereka sudah berusaha sekuat tenaga memberikanmu kehidupan untuk berdiri sampai di titik ini. Konflik bisa terjadi apalagi dengan keluarga. Impian yang kita inginkan kadang nggak selalu sejalan dengan harapan mereka. Ada yang hubungan dengan keluarganya meninggalkan luka. Tapi yang bisa dilakukan saat ini adalah berdamai dengan masa lalu dan memaafkan mereka.

2. Mengabadikan momen bersama mereka

Semakin Menua, Lakukan 5 Hal Ini pada Orangtua Sebelum Kamu Menyesalbustle.com

Kalau dulu orangtuamu yang sering mengabadikan tumbuh kembangmu, sekarang saatnya kita mengabadikan kehadiran mereka di sisi kita. Habiskan waktu bersama mereka dan nikmati momen bersama. Buat kenangan-kenangan baru sebelum mereka pergi dari hidup kita selamanya. Setidaknya ketika sudah nggak di sisi kita, kita bisa mengenang mereka lewat foto atau video untuk mengobati rasa rindu.

3. Cari tahu di mana mereka akan tinggal

Semakin Menua, Lakukan 5 Hal Ini pada Orangtua Sebelum Kamu Menyesalbustle.com

Saat seseorang semakin menua, mereka sudah cukup lelah bekerja, pasti ada sebuah tempat beristirahat yang mereka dambakan. Ada orangtua yang masih ingin dekat dengan anaknya atau ada orangtua yang ingin kembali ke tempat masa kecil mereka. Kamu bisa menanyakan keinginan di mana mereka akan tinggal menghabiskan sisa hidupnya. Ajaklah mereka berbicara, berdisuksi. Biarkan mereka bercerita, mengungkapkan apa yang mereka inginkan nanti.

4. Ajak mereka untuk berolahraga

Semakin Menua, Lakukan 5 Hal Ini pada Orangtua Sebelum Kamu Menyesalpexels.com/@matthiaszomer

Semakin seseorang menginjak usia tua, kesehatan mereka pun akan juga menurun. Mereka nggak sesehat dulu saat masih bekerja dengan kita yang masih balita dan beranjak dewasa. Ajaklah mereka untuk sedikit berolahraga. Walaupun mungkin akan ada sedikit penolakan, kamu bisa meluangkan waktu dan menemaninya. Mereka sejak dulu selalu sigap menjaga kesehatanmu agar tumbuh menjadi anak yang sehat dan sekarang saat kita yang peduli akan kesehatan mereka.

5. Saatnya kamu mengurus mereka

Semakin Menua, Lakukan 5 Hal Ini pada Orangtua Sebelum Kamu Menyesalunsplash.com/@art_maltsev

Usaha mereka dalam mengasuh dan memberikan kasih sayang pada kita sebelum kita lahir ke dunia adalah hal yang nggak ternilai. Mereka yang bekerja keras menghidupi anak-anaknya. Mereka yang bekerja keras menjaga kesehatan anaknya. Mereka yang bekerja keras menyejahterakan kehidupan anaknya. Saat kita sudah berdiri seperti ini, saatnya kita yang membalas budi mereka. Membalas kasih sayang yang telah mereka berikan. Membalas semaksimal mungkin apa pun yang bisa kita lakukan pada mereka.

Bagaimanapun sosok orangtua adalah sosok yang penting bagi seseorang. Sosok mentor yang dibutuhkan untuk membangun karakter. Memberikan kasih sayang yang penuh secara tulus tanpa menghitung jumlah keringat yang menetes atas kerja keras demi keluarganya. Seberapa banyak pengorbanan hati yang mereka rasakan demi anak-anaknya. Jaga orangtuamu, balas kasih sayang mereka dengan kasih sayangmu.

Baca Juga: 8 Hal yang Patut Direnungi tentang Orangtua Sebelum Menginjak Usia 30an