Bagaimana menurutmu tentang berdamai dengan diri sendiri? Terdengar sulit atau mudah? Berdamai dengan diri sendiri adalah tentang pembelajaran yang dilakukan secara konsisten. Biasanya kalau seseorang mendengar kata “konsisten” adalah pekerjaan yang nggak mudah, nih. Untuk bisa berdamai dengan diri sendiri, kamu harus belajar untuk mendengarkan, merasakan, dan menghargai diri sendiri. 

Hal ini membutuhkan waktu seumur hidup kamu dan untuk bisa mengetahui apa yang sebenarnya kamu butuhkan memakan waktu yang cukup lama. Mungkin kebanyakan orang nggak akan pernah merasa cukup dengan apa yang dia miliki, sekeras apa pun dia berusaha. Tapi pertanyaannya, apakah kamu sudah mulai mengenal dan berdamai dengan dirimu sendiri?

Lebih Tenang, Ini 5 Cara untuk Berdamai dengan Diri Sendiri!

Menerima dan ikhlas atas segala hal yang pernah kamu lakukan. Menerima apa yang telah terjadi padamu adalah kunci dari kedamaian diri. Coba kamu pikirkan seberapa sering kamu menerima dan memaafkan kesalahan yang dilakukan orang terdekatmu karena kamu menyayanginya? Tapi seberapa sulit kamu menerima dan memaafkan kesalahan diri kamu sendiri?

Nggak ada manusia yang sempurna kok, Bela. Menerima segala kelemahanmu, kekuranganmu, melepaskan keraguanmu, dan mencintai diri kamu sendiri dengan apa adanya adalah langkah utama untuk kamu mulai berdamai dengan diri kamu sendiri untuk menemukan kebahagiaan.

Lebih Tenang, Ini 5 Cara untuk Berdamai dengan Diri Sendiri!

Melakukan hal spiritual seperti beribadah atau meditasi akan sangat membantu menenangkan jiwa dan pikiran kamu. Setiap orang membutuhkan  waktu dengan dirinya sendiri untuk bercermin dan introspeksi. Apalagi kalau kamu mulai mendekatkan diri pada Tuhan, kamu akan menemukan ketenangan dan kedamaian jiwa. Menggantungkan hidup hanya pada-Nya dan menerima segala takdir yang diberikan-Nya membuat kamu akan lebih lapang dalam menjalani kehidupanmu, Bela.

Lebih Tenang, Ini 5 Cara untuk Berdamai dengan Diri Sendiri!

Seni adalah bagian dari kehidupan. Melakukan seni sebagai healing bisa kamu lakukan untuk membuat lebih merasa lepas. Kamu bisa menulis, menggambar, atau melakukan sesuatu yang produktif. Ketika kamu mengeluarkan sisi kreatifmu, kamu akan lebih bisa fokus dengan diri kamu sendiri. Kamu bisa lebih berkonsentrasi dengan apa yang ada dari dalam diri kamu. Saat itulah kamu juga mulai bisa mengenal potensi apa yang kamu miliki.

Lebih Tenang, Ini 5 Cara untuk Berdamai dengan Diri Sendiri!

Bergantung dengan orang lain akan membuat kamu jadi nggak tenang. Apalagi saat kamu bergantung dengan seseorang otomatis kamu akan memiliki ekspektasi yang lebih pada orang tersebut. Ketika ekspektasi yang kamu miliki terhadap seseorang nggak terpenuhi, kamu akan merasa kecewa.

Biarkan orang-orang yang ada di hidup kamu untuk memilih tinggal atau pergi. Jangan menahan seseorang untuk selalu ada di hidup kamu. Hargai apa yang sedang kamu miliki dan menikmatinya. Jangan sampai orang-orang yang pernah ada di masa lalu kamu memengaruhi masa depanmu ya, Bela.

Lebih Tenang, Ini 5 Cara untuk Berdamai dengan Diri Sendiri!

Setiap orang membutuhkan waktu untuk istirahat. Ketika kamu sudah merasakan terlalu lelah dan merasa penat dengan apa yang sedang kamu jalani, kamu berhak untuk beristirahat dari penatmu. Pergi jalan-jalan atau berlibur ke suatu tempat yang lebih mendekatkanmu dengan alam dan kamu akan merasa lebih tenang. Love yourself first adalah kunci membahagiakan diri kamu sendiri.

Baca Juga: 5 Langkah Sederhana untuk Mulai Mencintai Diri Sendiri