Chae Song Hwa adalah tokoh utama perempuan dalam drama Korea Hospital Playlist. Ia digambarkan sebagai sosok dokter yang cerdas dan berhati lembut. Nggak heran kalau ada banyak orang yang menaruh hormat dan suka padanya.

Seorang bawahannya, Ahn Chi Hong merupakan orang yang menyukai Song Hwa. Ia secara langsung menyatakan perasaannya tersebut. Namun, ternyata Song Hwa tidak bisa menerima cinta dari Chi Hong. Meski begitu, hubungan keduanya tetap baik-baik saja karena Song Hwa pun tidak mengisyaratkan dirinya menghindari Chi Hong. Ia berperilaku seperti biasa sehingga Chi Hong tetap merasa nyaman di sisinya.

Meski ini hanya di drama, tapi nyatanya memang banyak kasus seperti ini terjadi di kehidupan nyata. Apakah kamu salah satunya? Nah, ada beberapa cara yang dilakukan Song Hwa dalam menolak perasaan Chi Hong tanpa merusak hubungan pertemanan dan pekerjaan mereka. Bisa kamu contoh, nih!

1. Bilang padanya untuk jangan meneruskan rasa itu

5 Cara Menolak Teman yang Menyukaimu a la Song Hwa 'Hospital Playlist'Instagram.com/hospitalplaylist_official

Kamu bisa menolaknya dengan kalimat yang tersirat maupun tersurat, namun gunakan nada yang tetap membuat nyaman, ya. Jangan mengatakannya sambil mengekspresikan keengganan kepadanya, hal itu pasti akan membuatnya tersinggung. Katakan saja pelan-pelan, jika kamu belum punya alasan khusus mengapa menolak cintanya.

Seperti yang dilakukan Song Hwa. Saat Chi Hong menyatakan perasaannya, Song Hwa langsung menolak dengan mengatakan, "Jangan, jangan begitu...". Tapi, tetap dengarkan dia. Kamu sendiri juga harus tenang menghadapinya. Dengan begini, dia tak akan tersinggung olehmu.

2. Tetap berkomunikasi, tapi bahas hal-hal yang serius saja

5 Cara Menolak Teman yang Menyukaimu a la Song Hwa 'Hospital Playlist'Instagram.com/hospitalplaylist_official

Biasanya hubungan seseorang dengan orang lain akan terasa canggung saat terjadi penolakan. Namun, kamu tetap bisa menjaga hubunganmu dengannya seperti sediakala, kok. Caranya adalah tetap menjalin komunikasi dengannya, tapi pembahasannya hanya soal hal-hal yang serius. Misalnya, masalah pekerjaan.

Jika sudah menolak, kamu tetap berhak membangun batasan, kok. Maka, jagalah topik pembicaraan agar nggak terlalu terbawa perasaan.

Song Hwa pun demikian. Meski Chi Hong sudah menyampaikan perasaannya dengan jelas dan sudah ditolak, namun Song Hwa tetap profesional dalam menjalankan pekerjaannya. Saat bersama Chi Hong pun ia hanya membahas masalah pekerjaan, tidak lebih. Jangan membuatnya jadi merasa punya harapan jika kamu memang tak mau dengannya, ya.

3. Tak perlu menghindar, jika ia berbuat baik tetaplah berterima kasih

5 Cara Menolak Teman yang Menyukaimu a la Song Hwa 'Hospital Playlist'Dramabeans.com

Selain tetap menjaga komunikasi, kamu juga nggak perlu menghindar darinya. Justru dengan menghindar, hubunganmu dengannya nggak akan semenyenangkan dulu. Menyedihkan bukan kalau turut melepaskan hubungan pertemanan?

Kalau dia memberikanmu sesuatu atau mengatakan sesuatu yang baik tentangmu, terima dan dengarkanlah. Kemudian, jangan lupa ucapkan terima kasih. Dengan tetap bersikap baik, kamu pun nggak akan kehilangan dia sebagai teman. Ketika salah satunya memiliki perasaan, bukan perarti jalinan pertemanan turut hilang kan?

4. Beri dia sesuatu dan tulis surat yang isinya hanya membahas soal pekerjaan

5 Cara Menolak Teman yang Menyukaimu a la Song Hwa 'Hospital Playlist'Dok. TVN

Nggak salah kok kalau kamu ingin memberinya hadiah. Mungkin sebagai ucapan terima kasih atau perpisahan. Namun, agar dia juga tidak berekspektasi lebih, tuliskan juga surat di dalamnya. Tak perlu melulu membahas soal penolakan atau perasaanmu, kamu bisa menuliskan tentang hal-hal yang serius seperti saat ngobrol dengannya.

Song Hwa sendiri memberikan sandal untuk Chi Hong dalam rangka ucapan selamat untuknya yang sudah jadi Kepala Residen. Ia pun menuliskan surat, tapi isinya benar-benar seputar pekerjaan. Dengan begitu, semakin jelas batasan antara dirinya dengan Chi Hong. Intinya, berikan batasan bahwa hubungan kalian sebatas teman, tak lebih.

5. Kalau dia masih tetap menyimpan perasaan itu, arahkan dia pada hal yang harus jadi fokusnya

5 Cara Menolak Teman yang Menyukaimu a la Song Hwa 'Hospital Playlist'Dok. TVN

Saat mengetahui Song Hwa hendak pindah ke Sokcho, Chi Hong menyampaikan bahwa dirinya akan ikut ke sana. Hal ini langsung disangkal oleh Song Hwa. Ia mengatakan bahwa Chi Hong harus fokus pada kariernya yang saat itu masih menjadi dokter residen. Alasan yang diberikan Song Hwa begitu logis dan tanpa emosi.

Nah, kamu bisa mencontoh cara Song Hwa ini. Jika ia tetap ingin mengikutimu atau berada di sisimu, sampaikan dengan jelas bahwa dirimu tidak nyaman. Tapi, gunakan kasus lain agar alasannya jauh lebih logis dan bisa diterima olehnya. Sebisa mungkin jangan bahas dirimu, melainkan dirinya agar fokus pada apa yang sedang dijalaninya saat ini. Berikan alasan yang memang logis.

Nah, itulah 5 cara menolak cinta dari Song Hwa di drama Hospital Playlist. Nggak perlu sampai memutuskan hubungan pertemanan bukan?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Cara Menolak Cinta ala Chae Songhwa Hospital Playlist, Antigalau!"

Baca Juga: 15 Kata-Kata Menolak Cinta Secara Halus Tanpa Menyakiti

Baca Juga: Ini Pertimbangan Sebelum Menerima atau Menolak Ajakan Kencan

Baca Juga: 7 Cara Halus Menolak Teman Kerja yang Naksir Kamu